Evaluasi Program Sekolah Sehat (Studi Komperatif Di Smp Negeri 6 Unggul Sekayu Dan Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Palembang)

Authors

  • Rr. Mini Sariwulan Pascasarjana Prodi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Nyayu Khodijah Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, South Sumatra, Indonesia
  • Mardiah Astuti Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, South Sumatra, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.3744

Keywords:

Evaluation, Healthy Schools, CIPP, SMPN, MTsN.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menanalisis ketercapaian dan keberhasilan indikator Program Sekolah Sehat di SMP Negeri 6 Unggul Sekayu dan MTs Negeri 2 Palembang. Serta menganalisis indikator Program Sekolah Sehat yang perlu dikembangkan bagi dunia pendidikan dalam menghadapi era globalisasi bidang pendidikan. Design penelitian yang digunakan metode deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian survey. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menemukan bahwa pelaksanaan program sekolah sehat di SMPN 6 Unggul Sekayu dan MTSN 2 Palembang setelah dianalisis menggunakan model evaluasi CIPP telah berjalan secara sistematis dan komprehensif. Dimensi konteks memiliki tujuan yang jelas, pendirian sesuai aspek kelayakan dan kebutuhan masyarakat, sasarannya terbuka bagi peserta didik ditinjau dari latar belakang. Dimensi input memiliki siswa, guru dan tenaga kependidikan yang cukup sesuai kriteria, struktur organisasi yang lengkap, sarana prasarana yang cukup memadai, pembiayaan yang dikelola sebagaimana mestinya, dan kurikulum. Dimensi proses meliputi proses pembelajaran yang sesuai dengan TRIAS UKS, telah menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, memanfaatkan sarana/media, dan penilaian hasil belajar telah sesuai prosedur. Dimensi produk memiliki kualitas dan prestasi yang diperoleh baik taraf nasional maupun internasional. 

References

Annas, M. (2011). Hubungan kesegaran jasmani, hemoglobin, status gizi, dan makan pagi terhadap prestasi belajar. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 1(2).

Bonell, C., Parry, W., Wells, H., Jamal, F., Fletcher, A., Harden, A., Thomas, J., Campbell, R., Petticrew, M., & Murphy, S. (2013). The effects of the school environment on student health: a systematic review of multi-level studies. Health & Place, 21, 180–191.

Candrawati, E., & Widiani, E. (2015). Pelaksanaan program uks dengan perilaku hidup bersih dan sehat (phbs) siswa sekolah dasar di kecamatan kedung kandang kota malang. Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 3(1), 15–23.

Dikdas, K. D. (2012). Pedoman pelaksanaan UKS di sekolah. Jakarta.

Dwi, L. N. (2018). Hubungan Kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jurnal Medika: Karya Ilmiah Kesehatan, 3(1), 40–46.

Gabur, M. G. J., Yudiernawati, A., & Dewi, N. (2017). Hubungan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Terhadap Personal Hygiene Anak usia Sekolah di SDN Tlogomas 2 Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(1).

Hermiyanty, H., Salmawati, L., & Oktavian, F. (2016). Evaluasi Implementasi Program Sekolah Dasar Bersih dan Sehat Di Kota Palu. Preventif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1).

Hulukati, W., & Hulukati, W. (2015). Peran lingkungan keluarga terhadap perkembangan anak. Jurnal Musawa IAIN Palu, 7(2), 265–282.

Idris, R. (2013). Pendidikan Sebagai Agen Perubahan Menuju Masyarakat Indonesia Seutuhnya. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 16(1), 62–72.

Julianti, R., Nasirun, M., & Wembrayarli, W. (2018). Pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 76–82.

Kepala Madrasah. (2021). Wawncara. Kepala MTs Negeri 2 tahun 2012.

Khadijah, N. (2009). Psikologi Pendidikan, Palembang. Grafika Telindo Press, Sumatera Selatan.

Kutsyuruba, B., Klinger, D. A., & Hussain, A. (2015). Relationships among school climate, school safety, and student achievement and wellâ€being: a review of the literature. Review of Education, 3(2), 103–135.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

No, U.-U. (36 C.E.). tahun 2009 tentang Kesehatan.

Prihasmoro, H., & Efendi, S. (2007). Ringkasan kitab hadist shahih imam bukhari. Jakarta.

Rahmat, A., Smith, M. Bin, & Rahim, M. (2015). Perilaku hidup sehat dan prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 113–122.

Sugiyono, P. D. (2010). Metode penelitian pendidikan. Pendekatan Kuantitatif.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan karakter dan pembangunan sumber daya manusia keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1).

Taryatman, T. (2016). Budaya hidup bersih dan sehat di sekolah dasar untuk membangun genersi muda yang berkarakter. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(1).

Utter, J., Schaaf, D., Mhurchu, C. N., & Scragg, R. (2007). Food choices among students using the school food service in New Zealand. The New Zealand Medical Journal (Online), 120(1248).

Published

28-02-2023

Citation Check