KONSEP PENDIDIKAN KEMANDIRIAN EKONOMI DI PONDOK PESANTREN MUKMIN MANDIRI SIDOARJO - JAWA TIMUR

Authors

  • Misjaya Misjaya Departemen Pendidikan Pesantren Hidayatullah Gowa - Makassar, Indonesia
  • Didin Saefuddin Bukhori Pascasarjana Doktoral Pendidikan Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Adian Husaini Pascasarjana Doktoral Pendidikan Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Ulil Amri Syafri Pascasarjana Doktoral Pendidikan Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v8i01.371

Abstract

Abstrak Dalam sejarah pendidikan Islam, pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang paling perhatian terhadap kemandirian, termasuk di antaranya adalah kemandirian ekonomi. Kuatnya arus modernisasi menjadikan pendidikan pondok pesantren kehilangan orisinalitasnya sebagai lembaga pendidikan Islam yang mengajarkan kemandirian. Pondok pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo didirikan dalam rangka mengembalikan orisinalitas tersebut, yaitu sebagai lembaga pendidikan yang mandiri dan memandirikan segenap warga pondok dan masyarakat sekitar pondok. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui konsep pendidikan kemandirian ekonomi di pondok pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo, demikian juga dengan implementasinya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Walaupun penelitian ini memakai pendekatan studi kasus, dalam penerapannya peneliti juga memakai studi pustaka. Dengan demikian, penelitian ini menggabungkan antara penelitian pustaka (library research) dan penelitian lapangan (field research). Konsep pendidikan kemandirian ekonomi di pondok pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo, merupakan konsep pendidikan yang memadukan antara pendidikan entrepreneurship dengan pendidikan keagamaan (diniyyah). Dalam prakteknya, pendidikan entrepreneurship mendapat porsi waktu yang lebih banyak dari pendidikan keagamaan, dengan harapan output santri segera mampu mandiri dalam dunia usaha. Keywords: Pendidikan, kemandirian, ekonomo, pesantren

References

Aziz, Muh. Ali, dkk. (2005). Dakwah Pemberdayaan Masyarakat: Paradigma Aksi Metodologi. Surabaya: Pustaka Pesantren.

Didin, H. (2000). Membangun Kemandirian Ummat di Pedesaan: Ikhtiar dan Peran Pesantren Pertanian Darul Fallah 1960-2000. Bogor: Pesantren Darul Fallah.

Halim, A. dkk. (2005). Manajemen Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.

Jazim, H. dan Mustafa Lutfi, M. (2010). Entrepreneurship Kaum Sarungan. Jakarta: Khalifah.

Koran Seputar Indonesia, edisi Minggu 17 Juni 2012.

Majalah Mukmin Mandiri, Edisi Perdana (Februari-April 2014).

Masyahari. (2012). Jurus Kaya Orang Muslim. Jakarta: RMBOOKS.

Maulida, A. (2017). DINAMIKA DAN PERAN PONDOK PESANTREN DALAM PENDIDIKAN ISLAM SEJAK ERA KOLONIALISME HINGGA MASA KINI. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09), 16.

Mastuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian Tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: INIS.

Maya, R. (2012). Pemikiran Pendidikan Islam Mâjid Irsân Al-Kîlânî. Jurnal Edukasi Islami, 01(01).

Maya, R. (2015). Perspektif Islam tentang Konsep Life Skill Education. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 04(07).

Melani, L. (2015). Studi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Akhlak Al-Karimah. Bogor: Disertasi UIKA.

Moesa, Ali Maschan. (2007). Nasionalisme Kiai: Kontruksi Sosial Berbasis Agama. Yogyakarta: PT LKiS Pelangi Aksara.

Nurcholis, M. (t.t.). Bilik-Bilik Pesantren, Jakarta: Dian Rakyat.

Nurhadi, dkk. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.

Radar Surabaya edisi Senin, 22 Juli 2013.

Syafaruddin. (2012). Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Medan: Perdana Publishing.

Tobroni. (2008). Pendidikan Islam Paradigma teologis, Filosofis, dan Spiritualitas. Malang: UMM Press.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: Pusat Bahasa.

Tim Penulis Rumah Kitab. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren. Jakarta: Rumah Kitab.

Tim Pegembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. (2009). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: PT Imperial Bhakti Utama.

Webe, A. (2009). 7 Langkah Sederhana untuk Mengubah Hidup Menjadi Lebih Bermakna. PT Elex Media Komputendo.

http://nahdlatululama.id/blog/2017/11/13/pesantren-mukmin-mandiri-sidoarjo/ diakses pada tanggal 7 Nopember 2018.

https://radarsurabaya.jawapos.com/read/2018/05/18/74 493/diajari-enterpreneur- santri-harus-siap-bersaing diakses tanggal 7 Nopember 2018.

http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/91.

Published

26-02-2019

Issue

Section

Articles

Citation Check