Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Anak Terlantar

Authors

  • Nurkholis Nurkholis IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
  • Dedi Djubaedi IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
  • Ahmad Asmuni IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
  • Eti Nurhayati IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4622

Abstract

Pendidikan di Indonesia belum mampu menjangkau kehidupan anak-anak terlantar. Karenanya, diperlukan tindakan internalisasi dari masyarakat sebagai bentuk kepedulian terhadap kebutuhan pendidikan bagi anak-anak terlantar. Tindakan internalisasi pendidikan ini diselenggarakan melalui jalur nonformal dengan tujuan memberikan bekal pendidikan kepada anak-anak terlantar dalam pendidikan Islam.  Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan penelitian analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, LKSA YAROBI berperan aktif sebagai lembaga yang berkomitmen membantu menangani permasalahan social anak di Kab. Brebes.  Kedua, Karakteristik anak terlantar di Kab. Brebes terdiri dari komunitas anak punk, komunitas vespa gembel, kelompok mafia sholawat dan anak-anak yang hidup di jalanan seperti anak pengamen, anak peminta-minta, dan anak pekerja parkir. Ketiga, Bentuk internalisasi pendidikan oleh LKSA YAROBI melalui pendekatan nonformal, komunikatif interaktif, partisipatif, fasilitatif, dan humanistic. Keempat, penerapan model internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam pada anak terlantar dilakukan melalui metode nasihat, pembiasaan, keteladanan dan penerapan metode ganjaran dan hukuman.

References

Abduh, M., & Omar, N. (2016). Meningkatkan Peran Pendidikan Islam Menuju Pembangunan Masyarakat Berkelanjutan. Ilmu Procedia-Sosial Dan Perilaku, 22(2), 686–693.

Ahmadi, U. dan A. (1997). Ilmu Pendidikan Islam I. Edisi Revisi. Pustaka Setia.

Azzet, A. M. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Ar Ruzz Media.

Damopoli, M. (2015). Problematika Pendidikan Islam dan Upaya-Upaya Pemecahannya. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Tadbir, 3(1), 68–78.

Famularsih, S., & Arif Billah. (2014). Pola Pembinaan Keagamaan Anak Jalanan dalam Membentuk Kepribadian. Mudarrisah: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(1), 88–113. https://doi.org/https://doi.org/10.18326/mdr.v6i1.88-113

Hidayatullah, M., & Nurhaeni. (2018). Pembelajaran Nilai-nilai Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Al-Hayah, 1(2), 120-133.

Huda, M. (2015). Peran Pendidikan Islam Terhadap Perubahan Sosial. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam., 10(1), 165–188. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/790

ILO. (2013). Anak Terlantar dan Terlantar dalam Konteks Pekerja Anak.

Isnaini, M. (2013). INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH. Al-Ta’LIM JOURNAL, 20(3), 445–450. http://www.journal.tarbiyahiainib.ac.id/index.php/attalim/article/view/41

Kowal, A., & Schäfer, B. (2015). Anak-anak yang hidup di luar pengasuhan orang tua. Dalam Hak anak dan pendekatan kemampuan. Peloncat.

Kurniawan, B. (2020). PENGEMBANGAN SDM DALAM PENDIDIKAN ISLAM. 4(2), 105–125.

Lickona, T. (2018). Pendidikan Akhlak dalam Tradisi Islam. Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Internasional, 6(4), 115–126.

Lukis, A. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Perguruan Tinggi Umum Melalui Lembaga Dakwah Kampus. ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).

Muhaimin, & Mujib, A. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam. Trigenda Karya.

Mukodi. (2011). Nilai-nilai Pendidikan Dalam Surat Luqman. Lembaga Penelitian IAIN Walisongo Semarang, 19(2).

Nudin, B. (2020). Konsep Pendidikan Islam pada Remaja. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), XI(1), 63–74. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2020

Ramli, M., & Rahim. (2020). Efektifitas Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak di Kalangan Siswa Sekolah. Jurnal Internasional Penelitian Akademik Dalam Bisnis Dan Ilmu Sosial, 10(4), 680-694.

S, R., & Subiyantoro. (2017). Kebijakan Internalisasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembentukan Kultur Religius Mahasiswa. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam., 12(1), 10–20.

Sit, M. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Perdana Publishing.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R,&D. Alfabeta.

Suyanto, B. (2016). Masalah Sosial Anak. Edisi Revisi. Prenada Media Group.

Syafe’i, I. (2015). Tujuan Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(November), 151–166. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/atjpi.v6i2.1876

Yusuf, M., & Amin, M. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Anak Terlantar di Panti Asuhan Al-Ikhlas Medan. Jurnal Al-Adyan: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 4(1), 53–69.

Published

21-08-2023

Citation Check