EVALUASI MODEL KIRKPATRICK PELATIHAN BAITUL ARQAM DALAM PEMBINAAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU SMA MUHAMMADIYAH DI KOTA PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.3687Keywords:
Baitul Arqam, Evaluation, Personality, Kirkpatrick, Competence, Muhammadiyah.Abstract
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai model pembinaan kompetensi kepribadian guru melalui pelatihan Baitul Arqam. Kajian dalam penelitian ini adalah mengevaluasi pelatihan Baitul Arqam untuk dijadikan model pembinaan kompetensi kepribadian guru SMA Muhammadiyah di kota Palembang. Dalam melakukan evaluasi pelatihan Baitul Arqam digunakan model evaluasi Kirkpatrick dengan istilah for levels evaluation model yaitu level 1 reaction, level 2 learning, level 3 behavior dan leval 4 result. Permasalahan dalam penelitian ini adalah peneliti menggunakan level 4 result (Hasil), karena peneliti akan menganalisis sejauh mana evalusi tahap dampak pelatihan Baitul Arqam terhadap kompetensi kepribadian guru di SMA Muhammadiyah di Kota Palembang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluasi Metode penelitian menggunakan metode mixed methods yaitu metode kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner interview dan observasi. Data diambil dari 2 SMA Muhammadiyah yaitu SMA Muhammadiyah 1 dan SMA Muhammadiyah 6 Palembang. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa, evaluasi dampak pelatihan Baitul Arqam terhadap kompetensi kepribadian guru SMA Muhammadiyah di kota Palembang menunjukkan hasil yang baik sekali dengan nilai rata-rata 4,54. Artinya pelatihan memberikan dampak positif kepada peserta diklat dalam peningkatan kompetensi kepribadian guru SMA Muhammadiyah di kota Palembang.
References
Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi Aksara.
Buchari, A. (2004). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Bustaman, H. D. (1995). Integrasi Psikologi dengan Islam: Menuju Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. (2017). Designing and conducting mixed methods research. Sage publications.
Hamali, A. Y. (2016). Pemahaman Manajemen Sumberdaya Manusia. Center for Academic Publishing Servive.
Ilham, I., Gani, A. A., & Arrahman, R. (2019). Penerapan Baitul Arqam untuk Peningkatan Nilai Al Islam dan Kemuhammadiyah bagi Dosen Universitas Muhammadiyah Mataram. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 141–147.
Kader, M. P., & Majelis Diktilitbang, P. P. M. (2017). Pedoman Perkaderan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah. MPK Dan Majelis Diktilitbang PPM. Yogyakarta.
Kirkpatrick. (2008). Evaluating Training Programs The Four Levels. Barret Kohler Publisher.
Moleong, L. J. (2019). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Muhibbin, S. (2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. In Jurnal Pendidikan Agama Islam. Ghalia Indonesia.
Notoatmodjo, S. (2019). Pengembangan sumber daya manusia. PT. Rineka Cipta.
PP Muhammadiyah. (2005). Anggaran Dasar Muhammadiyah. Yogyakarta: Surya Sarana Grafika.
Sarimaya, F. (2008). Sertifikasi Guru-Apa, Mengapa dan Bagaimana? Bandung.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian manajemen. Bandung: Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian (Cetakan ke-30). Bandung: Cv Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. CV. Alfabeta, Bandung.
Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep, Strategi, dan Implementasinya. Prenada Media.
Uno, H. B. (2010). Profesi kependidikan: Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. In VI, Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, H. B. (2014). Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif.
Wirawan. (2012). Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Rajawali Pers.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).