IMPLEMENTASI PENGUATAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DI MADRASAH

Authors

  • Fitri Herawaty Mamonto
  • Hadirman Hadirman IAIN Manado

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i4.3686

Keywords:

implementasi, nilai, pendidikan karakter, MIN 1 Minahasa

Abstract

ABSTRACT

This study aims to describe the implementation of strengthening the value of character education in learning at MIN 1 Minahasa, Pineleng District, Minahasa Regency, North Sulawesi Province. This study uses a qualitative approach. The informants in this study were the head of the madrasah and teachers of the Minahasa 1st Minahasa class. The data collection techniques for this research are observation, interviews, and document studies. The findings of this study are that the implementation of 18 character education values has been carried out in learning and extracurricular activities at Min 1 MInahasa. Implementing character education values in learning at Minahasa 1 Minahasa has implications for achieving good student character. Students become individuals with character and become role models in society.

Keywords: implementation, values, character education, MIN 1 Minahasa

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi penguatan nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran di MIN 1 Minahasa, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru kelas MIN 1 Minahasa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Temuan penelitian ini adalah impementasi 18 nilai pendidikan karakter telah berjalan dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler di MIN 1 MInahasa. Implementasi nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran di MIN 1 Minahasa berimplikasi pada tercapainya karakter peserta didik yang baik. Peserta didik menjadi pribadi yang berkarakter dan menjadi teladan di tengah-tengah masyarakat.

Kata kunci: implementasi, nilai, pendidikan karakter, MIN 1 Minahasa

References

Azra, Azyumardi. (2014). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Penerbit Kencana.

Azra, Azyumardi. (2020). Membebaskan Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Kencana.

Baba, M. A., Hadirman, H., & Reksamunandar, R. P. (2022). Praktik Pembentukan Pendidikan Karakter Bangsa di Lembaga Pendidikan Islam (Studi di MIN 1 Minahasa). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02).

Berkowitx, Marwin, dkk. 2005. What Works in Character Education, A Reseach-driven guide for educators. Washington: Missouri-St Louis.

Dalyono, B., & Lestariningsih, E. D. (2016). Implementasi penguatan pendidikan karakter di sekolah. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial Dan Humaniora, 3(2, Oktober), 33-42.

Furachan, A. (2004). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Guntur, M. and Aslinda, A., (2017). Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter terhadap Pengaruh Globalisasi. In Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-ilmu Sosial (Vol. 2, pp. 231-238).

Hadirman, H. (2022). Problematika Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Lembaga Pendidikan Islam di Tengah Komunitas Minoritas Muslim (Studi di MIN 1 Minahasa). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 304-315.

Huberman, Michael dan Matthew B. Miles. (1992). Analisis Data Kualitatif. Terj. Tjejep Rohidi, Jakarta: UI Press.

Ismail, S., Suhana, S. and Zakiah, Q.Y., (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), pp.76-84.

Liando, M. R., & Hadirman, H. (2022). Praktik Kultur Moderasi Beragama dalam Lembaga Pendidikan Muhammadiyah (Studi di SMA Muhammadiyah Manado). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 379-392.

Lickona, Thomas, 2007. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: BantamBooks.

Mewengkang, R., Tumbel, G., Mamonto, F., & Rotty, V. N. J. (2021). Implementasi Kebijakan Sistem Informasi Manajemen Akademik Di Universitas Negeri Manado. YUME: Journal of Management, 4(2).

Mulawati. 2015. Nilai Karakter Bangsa dalam Nyanyian Rakyat Muna, dalam Jurnal Sirok Bastra: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, Vol. 2, Noomor 2, Edisi Desember 2014. Pangkal Pinang: Kantor Bahasa Babel.

Reksamunandar, R. P., & Hadirman, H. (2022). Pembentukan Karakter Siswa melalui Pembiasaan dan Keteladanan Guru. CENDEKIA, 14(01), 27-38.

Setiawan, F., Hutami, A.S., Riyadi, D.S., Arista, V.A. and Al Dani, Y.H., (2021). Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), pp.1-22.

Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakrta: Universitas Negeri Sebelas Maret.

Tsauri, Sofyan. 2015. Pendidikan Karakter Peluang dalam Membangun Bangsa. Jember: IAIN Jember Press.

Walangadi, Hakop. (2017). “Pendidikan Karakter sebagai Perwujudan Tingkah Laku Peserta Didik†dalam Abdul Rahmat (ed.) Paradigma Baru Pendidikan Era Kontemporer. Gorontalo: Ideas Publishing.

Yani, S., Kusen, K., & Khair, U. (2020). Kebijakan Sekolah Dalam Penerapan Karakter Disiplin Siswa Di SDN 77 Rejang Lebong. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(3), 99-115.

Published

29-12-2022

Citation Check