PROPIL MURID YANG MULTIKULTURAL TINJAUAN TAFSIR DAN HADITS TARBAWY
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i4.3674Keywords:
Murid Multikultural Dalam Quran HaditsAbstract
Salah satu rukun pendidikan adalah murid. Tidak akan berlangsung sebuah proses pendidikan tanpa hadirnya murid. Murid adalah merupakan seseorang yang sedang belajar dan menimba ilmu dari orang yang lebih dewasa. Tidak semua murid mendapatkan ilmu yang sesuai dengan yang dicita-citakannya. Maka untuk mendapatkan yang dicita-ciakannya, seorang murid penting memahami bagimana menjadi murid yang baik dan benar. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Dalam penelitian pustaka dilakukan dengan cara menuliskan, mengklarifikasi, mereduksi dan menyajikan data yang diperoleh dari berbagai sumber tertulis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini dihasilkan beberapa dalil Quran dan Hadits serta qaul-qoul ulama yang relevan dalam penelitian ini dan penting untuk diangkat. Murid multikultural menurut pandangan Quran dan Hadits adalah peserta didik yang memiliki sifat keberagaman budaya dengan nilai-nilai agama yang menjadi landasannya.
References
Aisyah dan M. Ali. (2018). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Prenadamedia Group.
Al-fatah, Abdu. (1996). Ar-Rasul Al-Mu’allim Fii At-Ta’lim. Cetakan I. Daru Al-Basar Al-Islamiyah. Berut Libanon.
Anni, Catharina Tri. (2007). Psikologi Belajar. Semarang: UPT Unnes Press.
Assakandary, Ibnu ‘Atoillah. (t.t.). Hikam. Surabaya: Harisma.
Damsar. (2011). Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Gurup Perpustkaan Nasional
Kementrian Agama RI. (1987). Syamil Al-Quran; Terjemahan Per-Kat Type Hijaz.PT Syigma Examedia Arkanleema; Kiara Condong Bandung.
Nata, Abudin. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenadamedia Group
Pahrudin, Agus, Saprimen, dan Heru Juabdin Sada. (2017). Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Perjumpaan berbagai Etnis dan Budaya. Lampung Selatan: Pustaka Al-Imron.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tim Pustaka Phoenix. (2009). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: PT Media Pustaka Pheoenix.
UU SISDIKNAS. (2012). Bandung: Fokusindo Mandiri.
Yusuf, Achamad dan Mochamad Hasyim. (2020). Pesantren Nusantara; Internalisasi Nilai-nilai Multkultural di Pesantren Ngalah Pasuruan. Prosiding. https://edarxiv.org/w7jce/.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).