METODE DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KHULAFAURRASYIDIN
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v8i01.357Abstract
Pembelajaran agama Islam pada lembaga pendidikan di Indonesia, seperti pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) khususnya sejarah khulafaurrasyidin masih belum menemukan metode yang tepat untuk mampu menumbuhkan rasa kritis dalam diri siswa terhadap makna dibalik fakta dan data sejarah. Bagaimana proses terpilihnya Abu Bakar, proses masuknya Umar kedalam Islam, bagaimana tuduhan nepotisme Utsman, dan terpecahnya umat Islam pada masa kepemimpinan Ali, serta bagaimana proses terbunuhnya ketiga amirul mukminin yaitu Umar bin khattab, Utsman bin affan, dan juga Ali bin Abi Thalib. Dengan metode discovery learning pada pembelajaran sejarah dengan enam langkah, yakni: stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification, dan generalization dalam penerapannya diharapkan mampu menumbuhkan rasa kritis dan menjadikan pembelajaran sejarah bersifat analitis sehingga dapat memajukan sistem pendidikan Islam di sekolah, madrasah maupun pesantren.
References
 Rochmawati, Ely. (2013 Januari). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berorientasi Penemuan Terbimbing (Guide Discovery), BioEdu Vol.02/No.1.
 Tumurun, Septiani Wahyu, (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa, Pena Ilmiah: Vol.1, No.1.
 Ayu, Cheni Chaenida Madu. (2018). discovery learning gerak berirama. Gresik: Caremedia Communication.
 Suyadi. (2015). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Djogjakarta: Rosda.
 Roestiysh. (2008 Maret). Strategi belajar mengajar. Djakarta: Rineka Cipta.
 Iqbal, Abu Muhammad. (2015). Pemikiran Pendidikan Islam. Djogjakarta: pustaka pelajar.
 Ihsan, Ahmad & Saehudin. (2016). Hadits Pendidikan, konsep pendidikan berbasis hadits. Bandung : Humaniora.
 Tafsir, Ahmad. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
 Asy-Asuyuti, Imam. (2001). Tarikh Khulafa, terj. Samson Rahman. Djakarta Timur: Pustaka Al-kautsar.
 Rida, M. (Tanpa Tahun). Abu Bakar Ash-Shiddiq Khalifah Pertama. Beirut: Darul fikr.
 Al-Azizi, Abdul Syukur. (2017). Sejarah Terlengkap Peradaban Islam. Djogjakarta: Noktah.
 As-Sa’id, Shalahuddin Mahmud. (2012). Al-‘Asyrah Al-Mubasysyaruna bil jannah, terj. Ali Nurdin. Solo: Al-Qawam.
 Katsir, Ibnu. (2017). Al-Bidayah wa An-Nihayah, terj. Farid Fahruddin. Surakarta: Insan Kamil.
 Al-Qarni, Aidh. (2014). Nujum fii sama’it tarikh, terj. Umar Mujtahid. Solo: Kiswah Media.
 Syafi’ie, Inu Kencana. (2010). Ilmu Politik. Djakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).