KURIKULUM PESANTREN BERBASIS SAINS DI PONDOK PESANTREN SAINS SALMAN ASSALAM: SEBAGAI MODEL MODERASI AGAMA DALAM PENDIDIKAN

Authors

  • Ijah Bahijah Institut Agama Islam Cirebon, Indonesia
  • Nuniek Rahmatika Institut Agama Islam Cirebon, Indonesia
  • Aghniawati Ahmad Institut Agama Islam Cirebon, Indonesia
  • Sitti Nur Suraya Ishak Institut Agama Islam Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i4.3549

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui di lapangan tentang kurikulum pesantren berbasis sains di pondok pesantren (ponpes) Sains Salman Assalam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan model moderasi agama dalam pendidikan pesantren berbasis sains. Tulisan ini dibuat berdasarkan ilmiah dan data lapangan. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dan analisis deskriptif. Pengumpulan data ini menggunakan analisis dokumen, wawancara dan observasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian bersifat narasi. Data yang disajikan berupa deskriptif mengenai kurikulum pesantren berbasis sains di Ponpes Sains Salman Assalam sebagai salah satu model moderasi agama dalam pendidikan. Proses analisis dilakukan dengan pengumpulan data oleh sumber data kemudian data direduksi. Proses mereduksi data dilakukan dengan merangkum, memilih pokok-pokok informasi, kemudian penyajian data. Penyajian data dilakukan dengan menarik kesimpulan berdasarkan sumber informasi yang terkumpul.  Hasil temuan ini ditemukan kurikulum sains dan program pengembangan santri dengan ilmu kauniyah dan kitab yang dipelajari seperti bulughul maram, mukhtarul hadits, riyadhus shalihin, ta'lim muta'allim dan fiqhul wadhih. Moderasi agama sebagai wasathiyah penengah dan menyeimbangkan ilmu penegtahuan namun tetap berlandaskan pada ilmu kauniyah. 

References

Ahmad , H. (2019). Manajemen Ekstrakurikuler dalam Upaya Pengembangan Diri Santri Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. At-Tarbiyyat Jurnal Pendidikan Islam.

Emawati, & Masyitah, I. (2022). Ekstrakurikuler di Pesantren Moderen: Sebuah Upaya dalam Pembentukan Karakter Santri. Journal of Islamic Education.

Prasetyo Manumanoso, M. A., & Bashori. (2021). Modernitas Pesantren Ditinjau dari Aspek Kurikulum (Studi Kurikulum Berbasis Minat Bakat). Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan .

Shofa , M. M., Nailufa , L. E., & Haqiqi , A. K. (2020). Pembelajaran IPA Terintegrasi Al-Qur'an dan Nilai-nilai Pesantren. ndonesian Journal of Science Education.

Ali Nurdin, M. S. N. (2019). Model Moderasi Beragama Berbasis Pesantren Salaf. Studi Keislaman, 14(September 2019), 99–117.

Aprison, W. (2015). Mendamaikan Sains dan Agama: Mempertimbangkan Teori Harun Nasution. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 241. https://doi.org/10.14421/jpi.2015.42.241-259

Asrori, S. (2020). Lanskap Moderasi Kegamaan Santri, Refleksi Pola Pendidikan Pesantren. Jurnal Ilmu Sosial Indonesia, 1(1), 16–26. https://doi.org/10.15408/jisi.v1i1.17110

Harahap, A. (2018). Integrasi Alquran Dan Materi Pembelajaran Kurikulum Sains Pada Tingkat Sekolah Di Indonesia: Langkah Menuju Kurikulum Sains Berbasis Alquran. Jurnal Penelitian Medan Agama, 9(1), 21–46. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/medag/article/viewFile/3963/1939

Krisdiyanto, G., Muflikha, M., Elvina Sahara, E., & Mahfud, C. (2019). Sistem Pendidikan Pesantren Dan Tantangan Modernitas. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(01), 11–21.

Mansir, F. (2020). Manajemen Pondok Pesantren di Indonesia dalam Perspektif Pendidikan Islam Era Modern. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(2), 207–216. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.644

Mu’izzudin, M. (2016). Berfikir Menurut Al-Qur’an. Studia Didaktika, 10(1), 72–84.

Saihu, M. (2021). Pendidikan Moderasi Beragama: Kajian Islam Wasathiyah Menurut Nurckholish Madjid. Jurnal Andragogi, 3(01), 16–34.

Sudiarti, T., Delilah, G. G. A., & Aziz, R. (2018). Besi dalam Qur’an dan Sains Kimia (Analisis Teoritis dan Praktis Mengenai Besi dan Upaya Mengatasi Korosi pada Besi. al-Kimiya, 5(1), 7–16. https://doi.org/10.15575/ak.v5i1.3720

Surur, S. (2017). MODEL KURIKULUM INTEGRASI ANTARA PENDIDIKAN PESANTREN DAN SAINS ( Studi Kasus di SMA Trensains Tebuireng Jombang ). 13(01), 259–272.

Zainuddin Syarif, A. M. T. (2019). Ma’had Internasional: Integrasi Agama Sains Berbasis Moderasi Islam. Jurnal Keislaman dan Humaniora, 5, 292–321.

Downloads

Published

26-12-2022

Citation Check