KURIKULUM PESANTREN BERBASIS SAINS DI PONDOK PESANTREN SAINS SALMAN ASSALAM: SEBAGAI MODEL MODERASI AGAMA DALAM PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i4.3549Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui di lapangan tentang kurikulum pesantren berbasis sains di pondok pesantren (ponpes) Sains Salman Assalam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan model moderasi agama dalam pendidikan pesantren berbasis sains. Tulisan ini dibuat berdasarkan ilmiah dan data lapangan. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dan analisis deskriptif. Pengumpulan data ini menggunakan analisis dokumen, wawancara dan observasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian bersifat narasi. Data yang disajikan berupa deskriptif mengenai kurikulum pesantren berbasis sains di Ponpes Sains Salman Assalam sebagai salah satu model moderasi agama dalam pendidikan. Proses analisis dilakukan dengan pengumpulan data oleh sumber data kemudian data direduksi. Proses mereduksi data dilakukan dengan merangkum, memilih pokok-pokok informasi, kemudian penyajian data. Penyajian data dilakukan dengan menarik kesimpulan berdasarkan sumber informasi yang terkumpul. Hasil temuan ini ditemukan kurikulum sains dan program pengembangan santri dengan ilmu kauniyah dan kitab yang dipelajari seperti bulughul maram, mukhtarul hadits, riyadhus shalihin, ta'lim muta'allim dan fiqhul wadhih. Moderasi agama sebagai wasathiyah penengah dan menyeimbangkan ilmu penegtahuan namun tetap berlandaskan pada ilmu kauniyah.Â
References
Ahmad , H. (2019). Manajemen Ekstrakurikuler dalam Upaya Pengembangan Diri Santri Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. At-Tarbiyyat Jurnal Pendidikan Islam.
Emawati, & Masyitah, I. (2022). Ekstrakurikuler di Pesantren Moderen: Sebuah Upaya dalam Pembentukan Karakter Santri. Journal of Islamic Education.
Prasetyo Manumanoso, M. A., & Bashori. (2021). Modernitas Pesantren Ditinjau dari Aspek Kurikulum (Studi Kurikulum Berbasis Minat Bakat). Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan .
Shofa , M. M., Nailufa , L. E., & Haqiqi , A. K. (2020). Pembelajaran IPA Terintegrasi Al-Qur'an dan Nilai-nilai Pesantren. ndonesian Journal of Science Education.
Ali Nurdin, M. S. N. (2019). Model Moderasi Beragama Berbasis Pesantren Salaf. Studi Keislaman, 14(September 2019), 99–117.
Aprison, W. (2015). Mendamaikan Sains dan Agama: Mempertimbangkan Teori Harun Nasution. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 241. https://doi.org/10.14421/jpi.2015.42.241-259
Asrori, S. (2020). Lanskap Moderasi Kegamaan Santri, Refleksi Pola Pendidikan Pesantren. Jurnal Ilmu Sosial Indonesia, 1(1), 16–26. https://doi.org/10.15408/jisi.v1i1.17110
Harahap, A. (2018). Integrasi Alquran Dan Materi Pembelajaran Kurikulum Sains Pada Tingkat Sekolah Di Indonesia: Langkah Menuju Kurikulum Sains Berbasis Alquran. Jurnal Penelitian Medan Agama, 9(1), 21–46. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/medag/article/viewFile/3963/1939
Krisdiyanto, G., Muflikha, M., Elvina Sahara, E., & Mahfud, C. (2019). Sistem Pendidikan Pesantren Dan Tantangan Modernitas. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(01), 11–21.
Mansir, F. (2020). Manajemen Pondok Pesantren di Indonesia dalam Perspektif Pendidikan Islam Era Modern. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(2), 207–216. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.644
Mu’izzudin, M. (2016). Berfikir Menurut Al-Qur’an. Studia Didaktika, 10(1), 72–84.
Saihu, M. (2021). Pendidikan Moderasi Beragama: Kajian Islam Wasathiyah Menurut Nurckholish Madjid. Jurnal Andragogi, 3(01), 16–34.
Sudiarti, T., Delilah, G. G. A., & Aziz, R. (2018). Besi dalam Qur’an dan Sains Kimia (Analisis Teoritis dan Praktis Mengenai Besi dan Upaya Mengatasi Korosi pada Besi. al-Kimiya, 5(1), 7–16. https://doi.org/10.15575/ak.v5i1.3720
Surur, S. (2017). MODEL KURIKULUM INTEGRASI ANTARA PENDIDIKAN PESANTREN DAN SAINS ( Studi Kasus di SMA Trensains Tebuireng Jombang ). 13(01), 259–272.
Zainuddin Syarif, A. M. T. (2019). Ma’had Internasional: Integrasi Agama Sains Berbasis Moderasi Islam. Jurnal Keislaman dan Humaniora, 5, 292–321.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).