PEMBELAJARAN MAHARAH QIRAAH UNTUK PENGUASAAN MAKNA TEKS TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER

Authors

  • Iis Susiawati Institut Agama Islam Az-Zaytun (IAI ALAZIS) Indramayu, Indonesia
  • Dadan Mardani Institut Agama Islam Az-Zaytun (IAI ALAZIS) Indramayu, Indonesia
  • Fadhila Syahda Nissa Institut Agama Islam Az-Zaytun (IAI ALAZIS) Indramayu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i4.3545

Keywords:

Maharah Qiraah, Makna Teks, Pendidikan Karakter

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan makna teks dalam risalah “Ayyuhal Walad†karya al-Imam al-Ghazali tentang pendidikan karakter berdasarkan kajian semantik dan mengungkap pengembangan pembelajaran maharah qiraah untuk penguasaan makna teks. Teknik pengumpulan data pada jenis penelitian kualitatif deskriptif ini melalui observasi, wawancara terbuka dengan menggunakan Google Forms, dan dokumentasi. Partisipan berjumlah 51 mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab di IAI AL-AZIS. Data penelitian dianalisis dengan metode analisis konten yang menghasilkan temuan: 1) makna teks dalam risalah “Ayyuhal Walad†tentang pendidikan berdasarkan kajian semantik mencakup makna teks dalam tingkat representasi fungsi leksikal, fungsi struktural, dan fungsi pragmatis, 2) untuk pengembangan pembelajaran maharah qiraah dalam rangka penguasaan makna teks dapat dengan: a) pemilihan metode pengajaran yang tepat, b) mengedepankan fungsionalitas bahasa dalam pembelajaran, c) kontiuitas latihan berbahasa Arab baik tulis maupun lisan, d) peningkatan kompetensi pengajar bahasa Arab. Penguasaan makna teks dengan menggunakan pendekatan semantik dan metode al-qiraah al-dzakiyyah dapat membantu mahasiswa memahami teks dengan baik. Makna teks yang terkandung dalam risalah “Ayyuhal Walad†sarat dengan nilai-nilai moralitas yang menjunjung tinggi keutamaan karakteristik pendidikan yang baik dan luhur.

References

A. Syukur Ghazali. (2013). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. PT Refika Aditama.

Abd Khaliq. (2017). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Kitab Ayyuhal Walad; Konstruksi Pemikiran Imam Al-Ghazali. Al-Ibrah, 2(1), 88–112. https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/24

Abdul Mukit. (2019). Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali: Studi Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali dalam Kitab Ayyuha al-Walad. Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 2(1), 49–68. https://doi.org/10.36835/al-irfan.v2i1.3384

Abdul Rahman Sholeh. (2005). Pendidikan Agama dan Pengembangn untuk Bangsa. PT. Raja Grafindo Persada.

Abdul Wachid B.S. (2006). Hermeneutika sebagai Sistem Interpretasi Paul Ricoeur dalam Memahami Teks-Teks Seni. Imaji: Jurnal Seni Dan Pendidikan Seni, 4(2), 198–209. https://doi.org/10.21831/imaji.v4i2.6712

Ahmad al-Mutawakkil. (1986). Dirasat fi Nahwi al-Lugah al-’Arabiyah al-Wazhifiyah. Dar al-S|aqa>fah.

Ahmad Rathomi. (2019). Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’ah Melalui Pendekatan Saintifik. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 558–565. https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.4315

Ahmad Sirfi Fatoni. (2021). Fenomena Perluasan dan Penyempitan Makna dalam Ilmu Semantik. Lajnah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 8–18. https://doi.org/10.35316/lahjah.v2i1.8-18

Ahmad Zaky. (2017). Perkembangan Dalalah. Jurnal Waraqat, 2(1), 102–125. https://doi.org/10.51590/waraqat.v2i1.48

al-Imam al-Ghazali. (2012). Ayyuhal Walad. Riyadh: Dar al-Minhaj.

Dasep Bayu Ahyar. (2019). Analisis Teks dalam Penelitian Kebahasaan (Sebuah Teori dan Aplikatif). Shaut Al-‘Arabiyah, 7(2), 100–120. https://doi.org/10.24252/saa.v7i2.10273

Erwin Suryaningrat. (2019). Pengertian, Sejarah dan Ruang Lingkup Kajian Semantik (Ilmu Dalalah). At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 12(1), 105–125. http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v12i1.1622

Ibrahim Muhammad Ali Harahsheh. (2007). Al-Maharat al-Qiraiyyah wa Thuruq Tadrisiha Baina al-Nazariyyah wa al-Tathbiq. Ja>mi’ah Jarash.

Intan Rani Aritonang, Sandi Lasmana, dan Deti Kurnia. (2018). The Analysis of Skimming and Scanning Technique to Improve Students in Teaching Reading Comprehension. PROJECT: Professional Journal of English Education, 1(2), 101–106. http://dx.doi.org/10.22460/project.v1i2.p101-106

Laily Fitriani. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Maharah Qiroah Berbasis Karakter di Perguruan Tinggi. An Nabighoh, 20(1), 1–18. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1130

M. Dzikrul Hakim Al Ghozali. (2018). Eksistensi Bahasa Arab Kontemporer. Dinamika: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 3(2), 133–154. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/dinamika/article/view/314/258

Qorinta Shinta. (2010). Pergeseran dan Perubahan Makna pada Kolom “Piye Jal†di Harian Suara Merdeka. Majalah Ilmiah Informatika, 1(1), 8–17. https://unaki.ac.id/ejournal/index.php/majalah-ilmiah-informatika/article/view/7

Roviin. (2018). Analisis Buku Teks Al ‘Arabiyah Li Al Nasyi’in Karya Mahmud Ismail Shini, dkk. Jurnal Al Bayan, 10(1), 36–53. https://doi.org/10.24042/albayan.v10i01.2594

Sajid ’Abdali. (2007). Al-Qiraah al-Dzakiyah. Kuwait: al-Ibda’ al-Fikri.

Samsul Bahri. (2016). Peran al-Siyaq (Konteks) dalam Menentukan Makna. Ittihad: Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 14(26), 86–98.

Sheira Ayu Indrayani. (2014). The Effectiveness of Using Mind Mapping in improving students Reading Comprehension of Narrative Text. UIN Syarif Hidayatullah.

Wati Susiawati. (2015). Lafazh dan Makna dalam Perspektif Pemikiran Linguistik Ibn Jinni. Arabiyât: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(2), 167–177. http://dx.doi.org/10.15408/a.v2i2.2133

Wiwin Winarti. (2010). The Effectiveness of Skimming and Scanning Technique in Improving Students Reading Ability. STKIP Siliwangi.

Zed Mestika. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Bogor Indonesia.

Downloads

Published

26-12-2022

Citation Check