WASATHIYAH ISLAM DI ERA DISRUPSI DIGITAL (Pendidikan Nilai-Nilai Wasathiyah Islam Dalam Bersosial Media Di Kalangan Generasi Milenial dan Generasi Z)
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i4.3544Keywords:
Wasathiyah Islam, Disrupsi digital, Sosial Media, Generasi Milenial, Generasi ZAbstract
References
Adieb, M. (2022). 7 Jenis Media Sosial Beserta Contohnya yang Kamu Tahu. Diakses pada 8 November 2022, dari https://glints.com/id/lowongan/tipe-media-sosial/.
Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama dalam Keragaman Indonesia. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2).
Alka David Krisna. (2019). Alam Digital Muhammadiyah Dakwah Islam Wasathiyah Berkemajuan. Maarif 14(2).
Annisa, T. (2021). 5 Perbedaan Generasi Milenial dan Generasi Z dalam Dunia Kerja. Diakses pada 8 November 2022, dari https://www.ekrut.com/media/ini-perbedaan-generasi-milenial-dan-generasi-z-dalam-dunia-kerja.
Anwar, Rosyida Nurul (2021). Penanaman Nilai-Nilai Islam Moderat pada Anak Usia Dini dalam Keluarga sebagai Upaya Menangkal Radikalisme. Journal of Early Childhood Islamic Education 4(2).
Arif Khairan Muhammad. (2020). Moderasi Islam (Wasathiyah Islam) Perspektif Al-Qur’an, As-Sunnah Serta Pandangan Para Ulama Dan Fuqaha. Al- Risalah Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam,11(1). https://doi.org/10.34005/alrisalah.v11i1.592.
Ali Muhammad As-Shalabiy. (2007). Al-Wasathiyah fil Qur’an Al-Karim. Kairo: Mu’assasah Iqra’ Linasyri watauzi wattarjamah.
Cahyadi, N. (2021). Moderasi Beragama sebagai Sarana Pemersatu Bangsa. Diakses pada 8 November 2022, dari https://disdik.purwakartakab.go.id/moderasi-beragama-sebagai-sarana-pemersatu-bangsa.
Desi, (2021). Ini Dia 5 Perbedaan Generasi Milenial dan Generasi Z. Diakses pada 8 November 2022, dari https://malangpost.id/popdaily/2021/11/05/ini-dia-5-perbedaan-generasi-milenial-dan-generasi-z/.
Destriani. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0, Incare (International Journal of Education Resources, 2(6).
Dihni, V.A. (2022). Dilema Dua Sisi Media Sosial di Tangan Gen Z. Diakses pada 8 November 2022, dari https://katadata.co.id/ariayudhistira/analisisdata/630c8e10e150c/dilema-dua-sisi-media-sosial -di-tangan-gen-z.
Effendi, D. I., Dede L., Ridwan R. (2022). Studi Etnografi Virtual Dakwah Digital Berbasis Moderasi Beragama (For Milennial Generation).Bandung: Yayasan Lidzikri.
Elvinaro, Q & Dede Syarif. (2021). Generasi Milenial dan ModerasiBeragama: Promosi Moderasi Beragama oleh Peace Generation di Media Sosial. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 11(2).
Endi Aulia G. (Ed). (2018). Api Dalam Sekam: Keberagamaan Generasi Z, Convey Report 1 (1), Jakarta: PPIM UIN Syarif Hidayatullah.
Faisal, Muhammad. (2020). Manajemen Pendidikan Moderasi Beragama di Era Digital. Journal of International Conference On Religion, Humanity And Development.
Hadyan, Rezha. (2021). Yuk Simak Perbedaan Milenial dan Gen Z dalam Menggunakan Media Sosial. Diakses pada 8 November 2022, dari https://hypeabis.id/read/3115/yuk-simak-perbedaan-milenial-dan-gen-z-dalam-menggunakan-media-sosial.
Hassan F., Masyitah, A. M., Sofia, H.Y., Muhamad, Z. M. (2020). Peranan Pengamal Media Dalam Pembentukan Kandungan MediaSeimbang Dan Wasatiyyah. E-Proceedings Of The International Conference On Aqidah, Religions And Social Sciences (Sigma10), Malaysia: 4 November 2020, hal: 208-220.
Kamal Aulia.(2022). Politik moderasi beragama di Indonesia di era disrupsi:menuju dialog spiritual-humanis. Moderate el-Siyasi: Jurnal Pemikiran Politik Islam 1 (1).
Kementerian Agama, Republik Indonesia. (2019). Pendidikan Berperan Wujudkan Islam Wasathiyah. Diakses pada 8 November 2022, dari https://kemenag.go.id/read/menag-pendidikan-berperan-wujudkan-islam-wasathiyah-zvqo8.
Leo, Kardi., Nurwadjah Ahmad., Andewi Suhartini. 2022. Pendidikan Multikultural Berdasarkan Perspektif Teologi Islam. JPDK: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(2).
Mely, (2022). Hasil Survei Mengungkapkan Media Sosial Paling Digemari di Indonesia. Diakses pada 12 November 2022, dari https://www.gatra.com/news-548811-nasional-hasil-survei-mengungkapkan-media-sosial-paling-digemari-di-indonesia-.html.
Muvid M.B., dan Nelud Darajaatul Aliyah. (2020). Konsep Tasawuf Wasathiyah Di TengahArus Modernitas Revolusi Industri 4.0;Telaah Atas Pemikiran Tasawuf Modern Hamka dan Nasaruddin Umar. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 31(1).
Pemerintah Kabupaten Nabire. (2022). Ini 11 Bukti Riset Pengaruh Media Sosial, Anda Alami?. Diakses pada 8 November 2022, dari https://nabirekab.go.id/portal/.
Pradana, R. S. 2021. Ini Tiga Aplikasi Media Sosial Favorit Gen Z. Diakses pada 28 November 2022, dari https://teknologi.bisnis.com/read/20210804/101/1425706/ini-tiga-aplikasi-media-sosial-favorit-gen-z.
Putra, Yanuar Surya. (2017). Teori Perbedaan Generasi. Jurnal Among Makarti, 9(18).
Q.S. Al-Baqarah:143. Al-Quran dan terjemahannya. Kementerian Agama Republik Indonesia.
Renitasari. (2021).Dampak Negatif Penggunaan Media Sosial dalam Kehidupan Sehari-Hari. Diskominfosan Bengkulu.
RG. (2020). Kaidah Bijak Generasi Milenial dalam Bermedia Sosial. Diakses pada 8 November 2022, dari https://kpi.go.id/index.php/id/umum/38-dalam-negeri/35953-kaidah-bijak-generasi-millenial-dalam-bermedia-sosial.
Riyanti, Rika. (2022). Moderasi sebagai Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila di Perguruan Tinggi Umum. Adiba: Jurnal of Education 2(1).
Rizaty, M.A. 2022. Survei KIC: Konten Politik Paling Banyak Mengandung Isu Hoaks. Diakses pada 8 November 2022, dari https://databoks. Katadata .co.id /datapublish /2022/01/20/survei-kic-konten-politik-paling-banyak-mengandung-isu-hoaks.
Rumata, F. A., Muh. Iqbal., & Asman. (2021). Dakwah Digital Sebagai Sarana Peningkatan PemahamanModerasi Beragama Dikalangan Pemuda. Jurnal Ilmu Dakwah, 41(2).
Rosmayanti, 2019. 2 Media Sosial Ini Paling Dipercaya Milenial dan Gen Z, Bisa Tebak?. diakses pada 8 November 2022, dari https://wartaekonomi.co.id/read252785/2-media-sosial-ini-paling-dipercaya-milenial-dan-gen-z-bisa-tebak.
Safitri, I. K. 2022. Beda Perilaku Tiap Generasi Hadapi Hoaks. Diakses pada 8 November 2022, dari https://newsletter.tempo.co/amp/1633181/cekfakta-173-beda-perilaku-tiap-generasi-hadapi-hoaks.
Syahputra, Muhammad Candra. (2020). Gerakan literasi digital pelajar Nahdlatul Ulama. Tarbiyatuna: kajian pendidikan Islam, 4(2).
Syam M. Basir. (2018). Islam Wasathiyah Dalam Perspektif Sosiologi. Jurnal Aqidah-Ta IV(2).
Triandini E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. IJIS: Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63-77.
Wibowo R.W, & Anisa Siti Nurjanah. (2021). Aktualisasi Moderasi Beragama Abad 21 melalui Media Sosial. Jurnal Madania, 11(2).
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).