Manajemen Karakter siswa dalam menumbuhkan halaqah tahfidz Al-quran di SMPIT Khoiru Ummah Curup
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i4.3539Keywords:
Management, halaqah, tahfidz Al-Qura’anAbstract
Manajemen halaqah tahfizhul qur'an merupakan salah satu keberhasilannya. Sebagai sekolah Islam, SMPIT khoiru ummah Curup mengajarkan manajemen halaqah Tahfizhul Qur'an sebagai mata pelajaran utama. Siswa akan mendapat kesan bahwa Allah SWT selalu mengawasi mereka jika mereka membaca dan menghafal Al-Qur'an terus-menerus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana pengelolaan Halaqah Tahfzhul Qur'an di SMPIT Khoiru Ummah Curup. Peneliti melakukan observasi langsung terhadap siswa SMPIT Khoiru Ummah, sehingga data dikumpulkan secara kualitatif bukan numerik. Penulis aktif mengikuti kegiatan SMPIT Khoiru Ummah sebagai bagian dari studi observasional partisipan ini. Dalam hal metode pengumpulan data ini, penulis merekam setiap perkataan dan tindakan siswa, mewawancarai pimpinan dan staf pengajar, serta foto dan video dari kegiatan tersebut. Hasil penelitian menemukan bahwa 1) Siswa peserta Halaqah harus melewati dua tahapan dalam rangka implementasi Manajemen Halaqah tahfidzhul Qur'an di SMPIT, yaitu a) Manajemen Perencanaan Halaqah Tahfizhul Qur'an di SMPIT Khoiru Ummah Siswa yang belum memasuki tahfizh (hafalan) ) masuk program tahsin yang diawali dengan pelajaran tahsin yang disesuaikan dengan kemampuan membaca (kompetensi dasar) masing-masing siswa. Hal ini dilakukan sesuai dengan lahjahâ€arobiyah, b) dan bertujuan untuk mengembangkan kefasihan dalam membaca. Setelah menyelesaikan tahap tahsin, tahap selanjutnya adalah program tahfizh. 3) Setelah mengikuti halaqah pengelolaan halaqah Tahfizhul Qur’an halaqah, peserta mulai menunjukkan sifat jujur, disiplin, tanggung jawab, istiqomah (konsisten), optimis, dan santun.Program takhassus dirancang untuk siswa yang fasih membaca dan memiliki kemampuan dan kemauan yang tinggi untuk menghafal.Program reguler dirancang untuk siswa yang fasih membaca tetapi memiliki kemauan dan kemampuan untuk menghafal. Â
References
Abdul Fattah Az-Zawawi, Y. (2011). Revolusi Menghafal Al-Qur’an. Insan Kamil.
Al-Wahab al-Khallaf, A. (1972). ‘Ilm Ushul al-Fiqh. Majlis al-‘Ala al-Indonesia li al-Da’wah al-Islamiyah.
As-Sirjani, R., & A. Khaliq, A. (2005). Cara Cerdas Hafal Al-Qur’an. Aqwam.
Departemen Pendidikan Pengurus Pusat Hidayatullah. (2011). Managemen Halaqah Pandu.
Hadi Lubis, S. (2010). Menggairahkan Perjalanan Halaqah Kiat Agar Halaqah Lebih Dahsyat Full ManfaaT. PT Pro U Media.
Hidayatullah, F. (t.t.). Pendidikan Karakter. Yuma Pustaka.
Mahmud, Y. (1999). Kamus Arab-Indonesia. Hidakarya Agung.
Marsiti, & Saihu. (2019). Yasyakur. Ta’dibuna.
Muhyidin, M. (2004). Mengajar Anak Berakhlaq Al-Qur’an. Remaja Rosdakarya.
Munjahid. (2007). Strategi Menghafal Al-Qur’an 10 Bulan. Idea Press.
Nur Muhammad, S. (2003). Pintu Menuju Allah. Logos Waca Ilmu.
Sajirun, M. (2017). Manajemen Halaqah Efektif Agar Halaqah Menjadi Bergairah Dan Produktif,. PT Era Adicitra Intermedia.
Suprihadi, & Saputro. (1993). Dasar-Dasar Metodologi Pengajaran Umum. , IKIP Malang.
Ust.Muslim. (2022, Januari). Hasil wawancara [Komunikasi pribadi].
Ustz Suharwati. (2022). Hasil wawancara sekolah Khoiru Ummah [Komunikasi pribadi].
Yanto, M. (2021). Management Problems of Madrasah Diniah Takmiliyah Awaliyah Rejang Lebong Old Religious Units in Memorizing Al-Qur’an Juz Amma. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4, 02.
Yanto, M., & fathurrochman, I. (2019). Manajemen Kebijakan Kepala Madrasah Dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 7 (3), 123–130.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).