STRATEGIES FOR MEETING THE STANDARDS OF EDUCATORS AND EDUCATION PERSONNEL IN ISLAMIC BOARDING SCHOOL-BASED MADRASAS
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i4.3495Keywords:
Educators, Education Standards, Quality Improvement Strategies.Abstract
References
Aini, E. Z. (2021). “Manajemen Pondok Pesantren dalam Pengembangan Mutu Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro Sleman†Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4750-4756. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1543.
Alawiyah, F. (2014). “Pendidikan Madrasah di Indonesia†Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 5(1), 51-58. http://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/449.
Alawiyah, F. (2017). “Standar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah†Aspirasi, 8(1), 81-92. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1686227&val=18337&title=Standar%20Nasional%20Pendidikan%20Dasar%20Dan%20Menengah.
Alfiansyah, M., Assingkily, M. S., & Prastowo, A. (2020). “Kebijakan Internal Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta†Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 11(1), 52-67. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/MAGISTRA/article/view/3460.
Amon, L., Ping, T., & Poernomo, S. A. (2021). “Tugas dan Fungsi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan†Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 1-12. https://ojs.stkpkbi.ac.id/index.php/jgv/article/view/117.
Andina, E., & Arifa, F. N. (2021). “Problematika Seleksi dan Rekrutmen Guru Pemerintah di Indonesia†Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 12(1), 85-105. http://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/download/2101/pdf.
Anggraini, E. S., & Batubara, L. (2021). “Evaluasi Pemenuhan Standar Minimal Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini†Jurnal Usia Dini, 7(1), 20-26. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jud/article/view/25785.
Ansori, M. (2020). “Pengembangan Kurikulum Madrasah di Pesantren†Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 41-50. https://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/munaddhomah/article/view/32.
Anwar, K. (2018). “Peran Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah†Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 41-56. http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/tadibuna/article/view/3739.
Assingkily, M. S. (2020). “Upaya Mewujudkan Program Kampus Merdeka pada Kurikulum PGMI STIT Al Ittihadiyah Labuhanbatu Utara†At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 62-77. http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/view/263.
Assingkily, M. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Panduan Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir. Yogyakarta: K-Media.
Busono, T. (2011). “Evaluasi Pemenuhan Standar Minimal Sarana dan Prasarana Pendidikan Dasar di Kota Bandung†Invotec, 7(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/invotec/article/view/6079.
Damanik, J. (2015). “Upaya dan Strategi Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan†Jurnal Dinamika Pendidikan, 8(3). http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp/article/view/126.
Fauzan, G. A. (2021). “Guru Honorer dalam Lingkaran Ketidakadilan†Journal on Education, 4(1), 197-208. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/418.
Gustini, N., & Mauly, Y. (2019). “Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Dasar†Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 229-244. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/isema/article/view/5695.
Hakim, L. (2016). “Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional†EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1). http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/575.
Hanun, F. (2015). “Akreditasi Madrasah Sebagai Kunci Keberhasilan dalam Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP)†Edukasi, 13(1). https://www.neliti.com/publications/294471/akreditasi-madrasah-sebagai-kunci-keberhasilan-dalam-pemenuhan-standar-nasional.
Ikbal, P. A. M. (2018). “Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Guru†Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 3(1). http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/isema/article/view/3283.
Inkiriwang, R. R. (2020). “Kewajiban Negara dalam Penyediaan Fasilitas Pendidikan kepada Masyarakat Menurut Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional†Lex Privatum, 8(2). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/lexprivatum/article/view/29792.
Isnaini, R. L. (2015). “Implementasi Rekrutmen Guru di SD Ta’mirul Islam Surakarta (Kajian Manajemen Sumber Daya Manusia di SD Islam)†Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(1), 109-120. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/jpai/article/view/876.
Karenina, A., Anjani, D., Amielia, S. D., & Sajidan, S. (2015). “Profil Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan, Ketuntasan Belajar Berbasis UN dan Proses Pembelajaran di Salah Satu Sekolah Menengah Pertama di Kab. Magetan†Prosiding SNPS: Seminar Nasional Pendidikan Sains, 2(1), 676-684. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/8334.
Kurniawan, S. (2017). “Pengembangan Manajemen Mutu Pendidikan Islam di Madrasah†Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 25-36. http://ejournal.unuja.ac.id/index.php/al-tanzim/article/view/111.
Kurniyat, E. (2018). “Memahami Dikotomi dan Dualisme Pendidikan di Indonesia†Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 14(1). http://jurnal.umt.ac.id/index.php/RausyanFikr/article/view/669.
Lestari, D. M. (2018). “Analisis Pengaruh Penempatan Kerja, Pelatihan Kerja, Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru (Studi pada SMK Negeri 06 Jember)†Tesis, Universitas Muhammadiyah Jember. http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/8049.
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. New Delhi: Sage Publication.
Listanti, A. N. (2014). “Rekrutmen dan Seleksi Guru di SMA Al-Islam Krian†Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/37/article/view/7748.
Makaruru, M. (2021). “Pembatasan Masa Studi di Lembaga Pendidikan Tinggi Ditinjau dalam Perspektif Hak Asasi Manusia (HAM)†Disertasi, Universitas Sintuwu Maroso. http://repository.unsimar.ac.id/1419/.
Makhrus, A., & Amalia, R. (2019). “Manajemen Guru sebagai Upaya Pencapaian Visi-Misi Sekolah (Studi di Sekolah Menengah Atas Persaturan Guru Islam Indonesia 1 Kota Bandung)†Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1-9. https://www.jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/al-idaroh/article/view/38.
Marsono, M. (2021). “Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di SMP Negeri 1 Kalukku Kabupaten Mamuju†Skripsi, Universitas Negeri Makassar. http://eprints.unm.ac.id/19957/.
Mataputun, Y. (2020). “Analisis Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan dan Permasalahannya†Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(3), 224-233. http://jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/article/view/488.
Pangestika, R. R., & Alfarisa, F. (2015). “Pendidikan Profesi Guru (PPG): Strategi Pengembangan Profesionalitas Guru dan Peningkatan Mutu Pendidikan Indonesia†Makalah Prosiding Seminar Nasional, 9(1), 671-683. https://eprints.uny.ac.id/21965/1/60%20Ratna%20Rosita%20Pangestika%20&%20Fitri%20Alfarisa.pdf.
Pangestuti, T. T. A., Wulandari, R., Miftahul Jannah, E., & Setiawan, F. (2021). “Permasalahan Guru Honorer Terkait Kebijakan Penghentian Rekrutmen Guru PNS Menjadi PPPK†Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4), 1133-1138. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/833.
Purnomo, A. R. (2016). “Analisis Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP) di SMP N 4 Prambanan†Hanata Widya, 5(6). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipmp/article/view/3195.
Putri, N. D., & Irawan, E. (2021). “Analisis Metode SMART Rekrutmen Guru Baru TK/PAUD Lestari di Kabupaten Simalungun†Jurasik: Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika, 6(1), 207-216. http://www.tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jurasik/article/view/285.
Raharjo, S. B. (2012). “Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan di Indonesia†Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 511-532. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/1129.
Raharjo, S. B., Yuliana, L., & Yudha, Y. H. (2018). “Capaian Standar Nasional Pendidikan Sebagai Prediktor Mutu Sekolah†Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(2), 129-140. http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/750.
Rahman, A., & Nasihin, A. (2020). “Mampukah Sekolah Gratis Mencapai Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan?†e-Journal IAIN Curup, 9(1), 102-116. http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/513.
Rifai, A. (2019). “Perlindungan Hukum Terhadap Hak-hak Bekerja Guru Yayasan dengan Guru Honorer Sekolah Negeri Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan†Unizar Law Review (ULR), 2(2), 158-168. https://e-journal.unizar.ac.id/index.php/ulr/article/view/181.
Rohim, N., & Umam, K. (2020). “Pengaruh Penempatan dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Jember†JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(2), 105-116. https://jieman.iain-jember.ac.id/index.php/jieman/article/view/21.
Rolasta, M., Sudrajat, T., & Hartini, S. (2020). “Pengangkatan Tenaga Honorer Eks Kategori 2 (K-II) Berdasarkan Skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Banyumas†Soedirman Law Review, 2(1). http://journal.fh.unsoed.ac.id/index.php/SLR/article/view/3.
Rony, R. (2018). “Sistem Rekrutmen Tenaga Pendidik (Guru)†MIYAH: Jurnal Studi Islam, 14(2), 37-57. http://ejournal.inkafa.ac.id/index.php/miyah/article/view/147.
Rosadi, A., & Erihadiana, M. (2021). “Reorientasi Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Era Disrupsi Teknologi†Quality, 9(2), 231-248. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/view/12024.
Sastrawan, K. B. (2020). “Menggagas Kepemimpinan Berlandaskan Ajaran Asta Brata dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru†Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 3(2), 55-64. http://www.jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita/article/view/363.
Sidik, A., Mariana, A. R., & Anggraeny, A. R. (2018). “Perancangan Sistem Informasi E-Recruitment Guru Studi Kasus di SMK Kusuma Bangsa†Jurnal Sisfotek Global, 8(1). http://journal.global.ac.id/index.php/sisfotek/article/view/173.
Sidqi, K. Z. T. (2021). “Kontribusi Pemikiran Tan Malaka tentang Konsep Pendidikan Kerakyatan dengan Wajah Pendidikan Indonesia Era Milenial†Jurnal Progress. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/PROGRESS/article/download/5189/pdf.
Subroto, J. G. (2019). “Peningkatan Kualitas Pendidikan: Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia†Artikel Ilmiah. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1686306&val=18337&title=Peningkatan%20Kualitas%20Pendidikan%20Program%20Pendidikan%20Profesi%20Guru%20Prajabatan%20dalam%20Pemenuhan%20Kebutuhan%20Guru%20Profesional%20di%20Indonesia.
Suluh, M. (2018). “Perspektif Pendidikan Nasional†Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 1-9. https://journal-center.litpam.com/index.php/e-Saintika/article/view/78.
Utami, S. (2019). “Meningkatkan Mutu Pendidikan Indonesia Melalui Peningkatan Kualitas Personal, Profesional, dan Strategi Rekrutmen Guru†Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 518-527. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5655.
Utamy, R., Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). “Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia†Journal of Education Research, 1(3), 225-236. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/26.
Wibowo, A., & Subhan, A. Z. (2020). “Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan†Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 3(2), 108-116. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IJIEM/article/view/10527.
Zulhijjayati, J. (2022). “Diskursus Profesi Guru yang Berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Pasca Perubahan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara JO Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 9/PUU-XVIII/2020†Al-Qisth Law Review, 6(1), 84-129. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/al-qisth/article/view/12689.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).