THE EFFECT OF PAI TEACHER UNDERSTANDING LEVEL ON THE INFORMATION SYSTEM AND ADMINISTRATION OF RELIGIOUS TEACHERS (SIAGA) (Conducted in SMAN Se- Kabupaten Bandung)

Authors

  • Tatang Ibrahim Islamic Educational Management UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Fahmi Azkia Abdullah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i4.3490

Keywords:

Effects, Understanding Level, SIAGA

Abstract

Setiap manusia pada dasarnya memiliki tingkat pemahaman yang berbeda-beda, begitu pula banyak guru yang masih belum memahami sistem yang digunakan pemerintah untuk guru agama melalui aplikasi SIAGA. Aplikasi SIAGA adalah aplikasi untuk validasi dan verifikasi data guru agama dan pengawas sekolah secara online. Dengan adanya sistem informasi berupa Aplikasi SIAGA akan memudahkan pelayanan administrasi perkantoran, dimana pelayanan administrasi ini dapat memberikan bantuan dan kemudahan kepada masyarakat yang berkepentingan dengan organisasi tersebut. Dengan begitu kegiatan yang dilakukan juga akan memudahkan dan mempercepat tujuan yang ingin dicapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Tingkat Pemahaman Guru PAI SMA Negeri Se-Kabupaten Bandung, Mendeskripsikan SIAGA SMA Negeri Se-Kabupaten Bandung, dan Menganalisis Tingkat Pemahaman Guru PAI terhadap Aplikasi SIAGA di SMA Negeri Se-Kabupaten Bandung SMA se-Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan kualifikasi kuantitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kajian tingkat pemahaman guru berdasarkan hasil analisis statistik diperoleh skor rata-rata 3,31 yang dikategorikan sedang/cukup. pada penggunaan aplikasi SIAGA berdasarkan hasil analisis statistik diperoleh nilai rata-rata 3,36 yang dikategorikan sedang/cukup. Pengaruh tingkat pemahaman guru PAI terhadap penerapan SIAGA di SMA Negeri se-kabupaten Bandung memiliki hubungan yang signifikan. Dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Kemudian pada perhitungan hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh 0,733. Jenis hubungan kedua variabel tersebut bertipe positif, sehingga hubungan kedua variabel tersebut bersifat searah dan memiliki arti bahwa semakin tinggi tingkat pemahaman guru pai maka semakin tinggi penggunaan aplikasi SIAGA. Selanjutnya diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,823%.

References

Algustin, H. (2018). Sistem Informalsi Malnaljemen Menurut Sprektif islalm. Talbalrru: Islalmic Balnking alnd Vinalnce, 1(1), 67–69. https://www.resealrchgalte.net/publicaltion/334674881_SISTEM_INFORMAlSI_MAlNAlJEMEN_MENURUT_PRESPEKTIF_ISLAlM

Alzwir S.Alp, M. S. (2020). Implementalsi Alplikalsi Sialgal Pendis dallalm Pencaliraln Tunjalngaln Sertifikalt Guru Pendidikaln Algalmal Islalm Paldal Kalntor Kementrialn Algalmal Kalbupalten Kerinci. Jurnall Aldministralsi Nusalntalral Malhalsiswal, 121

Chalmdaln, P. (2016). Sistem Informalsi Malnaljemen. Insaln Globall. https://www.alcaldemial.edu/34611878/sistem_informalsi_malnaljemen_pdf

Daryanto, Kamus Besar Bahasa Indonesia Lengkap EYD& Pengetahuan Umum,(Apollo Lestari, Surabaya, 1997)

Fallhmiallni, S., Qulub, M. T., & Mallnsyuri, All. (2020). Implementallsi Allplikallsi Sistem Informallsi Dalln Alldministrallsi Guru Allgallmall (Siallgall) dalllallm Meningkalltkalln Pelallyallnalln Alldministralltif di Seksi Pendidikalln Allgallmall Islallm (PAllIS) Kementerialln Allgallmall Kallbupallten Lallmongalln. Jurnalll Alldministrallsi Pendidikalln Islallm, 2(1), 63–77. https://doi.org/10.15642/jallpi.2020.2.1.63-77

Johalr, Al. B. (2016). Pengalruh Teknologi Informalsi Daln Sistem Informalsi Terhaldalp Efektivitals Pelalyalnaln Paldal Kalntor Dinals Kependudukaln Daln Pencaltaltaln Sipil Kalbupalten Kepulalualn Selalyalr. Economics Bosowal Journall, 2(2), 94–108. https://doi.org/https://economicsbosowal.unibos.id/index.php/eb/alrticle/view/26

Keputusaln Direktur Jenderall Pendidikal Islalm Nomor 7180 Talhun 2018 Tentalng Petunjuk Teknis Penyalluraln Tunjalngaln Profesi Guru Pendidikaln Algalmal Islalm. (t.thn.).

Kurniyalh, H., Al, I. T., & Halsalnalh, N. (2021). Efektivitals SIM SIAlGAl Terhaldalp Pengelolalaln Malnaljemen Guru PAlIS di Kalntor Kementerialn Algalmal Kalbupalten Balngkallaln. Jurnall Aldministralsi Pendidikaln Islalm, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.15642/jalpi.2021.3.1.1-16

Malyalsalri, Al., Suprialni, Y., & Alrifudin, O. (2021). Implementalsi Sistem Informalsi Malnaljemen Alkaldemik Berbalsis Teknologi Informalsi dallalm Meningkaltkaln Mutu Pelalyalnaln Pembelaljalraln di SMK. JIIP - Jurnall Ilmialh Ilmu Pendidikaln, 4(5), 340–345. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.277

Moeljono. (2006). Budalyal Korporalt Daln Keunggulaln Korporalsi. PT Gralmedial.

Mulalwalrmaln, K., & Rosilalwalti, Y. (2014). Komunikalsi Orgalnisalsi Paldal Dinals Perijinaln Kotal Yogyalkalrtal Untuk Meningkaltkaln Pelalyalnaln. Jurnall Ilmialh Komunikalsi Malknal, 5(1), 31. https://doi.org/10.30659/jikm.5.1.31-41

Pralsojo, L. D. (2013). Sistem Informalsi Malnaljemen Pendidikaln (U. Press (ed.)).

Rusdialnal, & Irfaln, M. (2018). Sistem Informalsi Malnaljemen. In Sistem Informalsi Malnaljemen. CV. Pustalkal Setial.

Sialgialn, S. P. (2000). Malnaljemen Albald 21. Bumi Alksalral.

Sihombing, V. (2018). Alplikalsi Simalde (Sistem Informalsi Malnaljemen Desal) Dallalm Meningkaltkaln Pelalyalnaln Aldministralsi Di Kepenghulualn Balkti Malkmur Kecalmaltaln Balgaln Sinembalh Kalb. Rokaln Hilir Rialu. Sistemalsi, 7(3), 292. https://doi.org/10.32520/stmsi.v7i3.384

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitialn. Allfalbetal.

Suhalrtoyo. (2019). 5074-15368-1-Sm. 2(1), 143–154.

Sulistialni, Al. S. (2016). Stalndalr Operalsionall Prosedur (SOP) Aldministralsi Kependudukaln dallalm Meningkaltkaln Efektivitals Pelalyalnaln Publik di Kecalmaltaln Salmbutaln. EJournall Ilmu Pemerintalhaln, 4(1), 53–63. https://ejournall.ip.fisip-unmul.alc.id/site/?p=1813

Downloads

Published

26-12-2022

Citation Check