ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA DALAM MENDUKUNG SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i4.3404Keywords:
Kebijakan, Pendidikan Agama Islam, Karakter, SDGsAbstract
Sustainable Development Goals atau yang biasa disingkat SDGs merupakan tujuan pembangunan berkelanjutan yang dihasilkan dari KTT PBB pada tahun 2012. Salah satu dari 17 tujuan yang dihasilkan yaitu mengenai pendidikan berkualitas. Untuk mendukung pendidikan berkualitas di semua negara tentu diperlukan sebuah kebijakan pendidikan. Indonesia telah menunjukan adanya kebijakan pendidikan yang diterbitkan untuk mendukung SDGs pendidikan berkualitas. Di Indonesia kebijakannya untuk peningkatan kualitas, aksesibilitas, sarana pendukung, dan pelayanan pendidikan, serta memperkuat pengembangan pendidikan karakter. Dalam pendidikan agama Islam, karakter merupakan aspek yang sangat ditekankan untuk mencapai tujuan Islam, dan hal tersebut untuk menunjang pendidikan berkualitas sesuai dengan SDGs. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan pendidikan agama Islam yang mendukung SDGs pendidikan yang berkualitas di Indonesia, serta memberikan solusi terhadap kebijakan diatas. Metode yang digunakan yaitu library research (penelitian pustaka) dengan mengambil referensi dari buku, website, jurnal lokal dan jurnal internasional.
References
Abd Qadir Muslim; Gede Sedana Suci; Muhammad Rizki. (2021). ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI JEPANG, FINLANDIA, CHINA DAN INDONESIA DALAM MENDUKUNG SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar FAKULTAS DHARMA ACARYA UNIVERSITAS HINDU DARMA NEGERI I GUSTI BAGUS SUGRIWA DENPASAR, 6(2). http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW
Abrista Devi; Indriya, I. I. W. H. J. (2022). HOW DOES ISLAMIC FASHION INDUSTRY OPTIMIZE THE USE OF FINTECH TO ACHIEVE SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS IN INDUSTRIAL REVOLUTION 5.0 ERA?. AICIS 2022.
Abudin Nata. (2005). Filsafat Pendidikan Islam (cetakan 3). Gema Media Pratama.
Achmad Nur Fauzi, D. R. (n.d.). ANALISIS PERAN AKTOR DALAM FORMULASI KEBIJAKAN SEMARANG SMART CITY. Departemen Politik Dan Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.
Afrilia, Hilda; Indriya, I. (2020). Internalisasi Pendidikan Karakter Islami Anak Ditengah. 6(2), 46–52.
Alvares-Otero,J.,& de Lazaro y Torres, M. . (2018). Education in sustainable development goals using the spatial data infrastructures and the TPACK model. Education Sciences, 8(4), 1–14. https://doi.org/10.3390/educsci8040171
Boeren, E. (2019). Understanding Sustainable Development Goal (SDG) 4 on “quality education†from micro, meso and macro perspectives. International Review of Education, 65(2), 277–294. https://doi.org/10.1007/s11159-019-09772-7
Charifudin. (2016). POTENSI BELAJAR DALAM AL-QU ’ RAN ( TELAAH SURAT AN NAHL : 78 ). Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 05(10), 1411–1429. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30868/ei.v5i10.10
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI. (2003). UU RI nomor 20 tahun 2003 pasal (1) tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Goverment Republic of Indonesia. (n.d.). Undang-Undang NO 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat Pasal 12.
Hafidhuddin, D. (2016). Pendidikan Karakter.
Husaini, Adian. (2018). Konsep Pendidikan Islam dalam Pandangan Adian Husaini. Journal of Research and Thought of Islamic Civilitation,.
Indriya. (n.d.). Analisis Penentuan Faktor Dominan dalam Penyusunan Kurikulum Pendidikan Busana Muslim dengan Menggunakan Metode Analytic Network Process.
Indriya. (2019). Analisis Penentuan Faktor Dominan Dalam Penyusunan Kurikulum Pendidikan Busana Muslim Dengan Menggunakan Metode Analytic Network Process.
Indriya. (2020). Menteladani Nabi Ibrahim Alaihissalam Menghidupkan Tarbiyah Ilahiyah Keluarga Menuju Era New Normal.
Indriya, I. A. F. P. F. F. M. S. A. S. N. (2022). HYBRID LEARNING MODEL OF IBN KHALDUN AND VYGOTSKY LEARNING IN IMPROVING MANAGEMENT TO EDUCATION IN THE DIGITAL SOCIETY ERA (ALIYAH ISLAMIC BOARDING SSHOOL DARUL MUTTAQIEN PARUNG IN BOGOR INDONESIA REGENCY).
Jie, N. D. (2016). Towards A Framework of Education Policy Analysis. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Jie%2C+N.+D.%2C+ 2016.+Towards+A+Framework+of+Education+Policy+Analysis.+s.l.%3AThe+Hea d+Foundation.&btnG=
Khaldun, I. (2001). Mukaddimah.
kholid Fathoni, M. (2005). Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional [paradigma Baru].
Lestari, D. (2016). ANALISIS INTERNATIONAL CONVENTION ON THE RIGHTS OF THE CHILD (CRC) MELALUI UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK MENGENAI TINDAK KEKERASAN TERHADAP ANAK DI INDONESIA. Gloria Yuris Jurnal Hukum, 4(3).
Muktarom, Z. (1997). Sejarah Pendidikan Islam. Bumi Aksara.
Nata, A. (2003). Manajemen pendidikan: mengatasi kelemahan pendidikan Islam di Indonesia. Kencana.
Nolet, V. (2017). Cultural competence and a sustainability worldview. Quality Education:, 53(4), 162–167. https://doi.org/10.1080/00228958.2017.1369276
Ramayulis. (2006). Ilmu Pendidikanm Islam. Kalam Mulia.
Rofiq, Ainur; Ta’atifin, A. (2005). Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren,. Listafariska.
Rusmana, I. (2012). Teladan Tarbiyah Ilahiyah Keluarga Nabi.
Shelley TaylorShelley;TaylorWilliam T; WelchHeejung S; KimHeejung S ;KimDavid K Sherman. (2007). Cultural Differences in the Impact of Social Support on Psychological and Biological Stress Responses. Psychological Science, 18(9), 831–837. https://doi.org/0.1111/j.1467-9280.2007.01987.x SourcePubMed
Sholichah, A. S. (2018). Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an, Edukasi Islam. Pendidikan Islam, 7(1).
Sritama, W. (2019). Konsep Dasar dan Teori Pendidikan Agama Islam. Inovatif, 5(1).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif.
Tafsir, A. (2013). Ilmu Pendidikan Islam.
W.J.S.Poerwadaminta. (2007). amus Umum Bahasa Indonesia,.
William, C. (2007). Research methods. Journal of Business & Economic Research, 5(3), 65–72.
Yunus, M. (1992). Sejarah Pendidikan di Indonesia,. Mutiara Sumberwidya.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).