SEKOLAH/MADRASAH SEBAGAI ORGANISASI

Authors

  • Eni Elyati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Abdullah Idi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Yulia Tri Samiha Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i4.3376

Abstract

Sekolah merupakan salah satu tempat belajar para siswa yang memiliki kaitan dengan lingkungannya. Sebagai suatu sistem, sekolah merupakan organisasi terbuka yang tidak boleh mengisolasi diri dari lingkungannya, melainkan harus selalu mengadakan hubungan kontak dengan lingkungannya dan bekerja sama. Sekolah sebagai suatu sistem diorganisasikan untuk memudahkan pencapaian tujuan belajar dan mengajar yang berkualitas dalam melayani peserta didik secara efektif dan efisien. Organisasi dapat diartikan sebagai pemberian struktur/susunan, terutama dalam penempatan personal, yang dihubungkan dengan garis kekuasaan dan tanggung jawabnya didalam keseluruhan organisasi. Organisasi sekolah adalah sistem yang bergerak dan berperan dalam merumuskan tujuan pendewasaan manusia sebagai mahluk sosial agar mampu berinteraksi dengan lingkungan. Struktur sosial sekolah yaitu kepala sekolah, guru, pegawai administrasi, petugas kebersihan dan keamanan, murid laki-laki maupun murid perempuan yang masing-masing memiliki kedudukan dan peranan yang berbeda, dan saling berinteraksi satu sama lain.

References

Damsar. (2011). Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Idi, Abdullah. (2013). Sosiologi Pendidikan Invidu, Msyarakat dan Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Istikomah. (2020). Implementasi Sistem Organisasi pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Merangin. Jambi: IDARAH, Vol. 4,.

Gunawan, Ary H. (2010). Sosiologi Pendidikan: Suatu analisis Tentang Pelbagai Problem Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Faisal, Sanapiah. (t.t.). Sosiologi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Fitriyani, Konsep Pendidikan Islam dalam Pemberdayaan Sekolah, (Lubuk Linggau: el-Ghiroh, Vol. XVII, 2019).

Ara, Hidayat, Imam Machali. (2010). Pengelolaan Pendidikan Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Bandung: Pustaka Eduka.

Batubara, Muhyi. (2004). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press.

Nasution, S. (1999). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ngalim, Purwanto. (2005). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Rifa’i, Muhammad. (2011). Sosiologi Pendidikan: Struktur dan Interaksi Sosial Di Dalam Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Syaiful, Sagala. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: PT Nimas Multima.

Syaiful, Sagala. (2016). Memahami Organisasi Pendidikan (Budaya dan Reinventing, Organisasi Pendidikan). Jakarta: Prenada Media Group, 2016.

Ali, Imran Dan Raden Bambang Sumarsono. (2017). Manajemen Hubungan dan Partisipasi Masyarakat di Sekolah. Malang: IKAPI.

Norlena, Ida. (2015). Sekolah Sebagai Organisasi Formal (Hubungan antar Struktur) (Tabalong: Tarbiyah Islamiyah, Vol. 5.

Rahayu, D. P., SH, M., & Ke, S. (2020). Metode Penelitian Pendidikan.. Yogyakarta: Thafa Media.

Tukiman, Taruna. (2017). Analisis Organisasi dan Pola-Pola Pendidikan. Semarang: Universitas Katolik Sowgijapranata.

Vembriarto, St. (1993). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Tim dosen Administrasi Pendidikan UPI. (2010). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional.

Wahab, Rochmat. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Published

26-12-2022

Citation Check