TANTANGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Hisan Mursalin Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab (STIBA) Ar Raayah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i4.3344

Keywords:

Tantangan, Guru PAI, Society 5.0

Abstract

Berhasil tidaknya tujuan pendidikan agama Islam sangat dipengaruhi oleh guru yang merupakan salah satu komponen pendidikan. Dalam proses belajar mengajar, guru tidak hanya bertugas mewariskan ilmu tetapi juga membantu dalam mengembangkan minat peserta didik. agar peserta didik dapat belajar secara efektif dan dinamis guna memenuhi dan mencapai tujuan yang diharapkan, maka guru harus merancang proses pembelajaran. era modern 4.0 baru saja kita rasakan dan sekarang kita dikagetkan dengan perkembangan zaman masyarakat 5.0 yang harus dihadapi dan menjadi ujian tersendiri dalam ranah pembinaan keislaman. Permasalahan kajian ini adalah bagaimana guru pendidikan agama Islam menghadapi tantangan era society 5.0. Kajian ini memanfaatkan pustaka atau library research. Tantangan yang dihadapi guru pendidikan agama Islam di era masyarakat 5.0 akan menjadi fokus pembahasan peneliti. Temuan penelitian: Guru pendidikan agama Islam dituntut untuk memiliki tiga keterampilan, yang meliputi: kemampuan pemecahan masalah, berpikir kritis, dan kreatif ketika dihadapkan dengan tantangan era society 5.0.

References

Daradjat, Zakiyah. 1970. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.

Dewey, John. 1964. Democracy and Education: An Introduction to The Philosophy of Education. New York: The Macmillan Company.

———. 2005. Eksperiences an Education†Dalam James Wm., Taking Sides: Clashing Viwes on Controversial Educational Issues. America: Mc Graw-Hill Duskhin.

Fadjar, A. Malik. 1999. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Fajar Dunia.

Faruqi, Umar al. 2019. “Future Srvice in Indutry 5.0.†Sistem Cerdas 2(1).

Maryam Sajadi, Parvaneh Amiripour, Mohsen Rostamy Malkhalifeh. 2013. “The Examining Mathematical Word Problems Solving Ability Under Efficient Representation Aspect.†International Scientific Publications and Consulting Services. Journal of Mathematics 11(1): 7.

Mayumi Fukuyama. 2018. “Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society.†Japan SPOTLIGHT (August): 8–13.

Mursalin, Hisan. 2018. 2 Rayah Al-Islam TAZKIYATUN NAFS CURRICULUM DEVELOPMENT IN JUNIOR HIGH SCHOOL (Analysis of Concepts Tazkiyatun Nafs by Ahmad Anas Karzon and Its Implementation in Junior High School). Sukabumi.

Mursidin. 2011. Profesionalisme Guru Menurut Al-Qur’an, Hadits Dan Ahli Pendidikan Islam. Jakarta: Sedaun Anggota IKAPI.

Nastiti, Faulinda, and Aghni Abdu. 2020. “Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0.†Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 5(1): 61–66.

Nata, Abuddin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Penyusun, Tim. 2010. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Polya. 2011. How to Solve It. New Jersey: Princeton University Press.

Purwanto, Edy. 1999. “Desain Teks Untuk Belajar ‘Pendekatan Pemecahan Masalah.’†Jurnal IPS dan Pengajarannya 2(1): 284.

Rojko, Andreja. 2017. Industry 4.0 Concept: Background and Overview. ECPE European Center for Power Electronics. Nuremberg, Germany.

Semiawan, Conny R. 2015. Perkembangan Dan Belajar Peserta Didik. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiono, Shiddiq. 2021. “Peran E-Government Dalam Membangun Society 5.0: Tinjauan Konseptual Terhadap Aspek Keberlanjutan Ekonomi, Sosial, Dan Lingkungan.†Matra Pembaruan 5(2): 115–25.

Sutarsih, Cicih. 2012. Etika Profesi. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI.

Suyanto. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Tafsir, Ahmad. 2011. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Usmaedi. 2021. “EDUCATION CURRICULUM FOR SOCIETY 5.0 IN THE NEXT DECADE Usmaedi 1 1 Dosen Program Studi Guru Sekolah Dasar STKIP Setiabudhi.†Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi 4(2): 63–79. https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd.

Published

26-12-2022

Citation Check