Sikap Siswa Atas Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Pembelajaran Menyimak Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Penelitian di SMK se-Kecamatan Ciracas Jakarta Timur)

Authors

  • Sutiono Sutiono Universitas Islam As-Syafi’iyah, Indonesia
  • Marliza Oktapiani Universitas Islam As-Syafi’iyah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.3256

Keywords:

Sikap Siswa, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan panelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sikap siswa atas model pembelajaran kontekstual dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMK Se-Kecamatan Ciracas Jakarta Timur. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa : l) Hasil pengujian hipotesis pertama diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif sikap siswa atas model pembelajaran kontektual dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,778. Hubungan regresi bersifat linier dengan model persamaan Y = -21,680 + 1,309Xl. 2) Hasil pengujian hipotesis kedua diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif motivasi berprestasi dengan hasil belajar Pendidikan Agama siswa, dengan koefisien korelasi sebesar 0,735. Hubungan regresi bersifat linier dengan model persamaan Y = -12,309 + 1,185X2. 3) Hasil pengujian hipotesis ketiga diperoleh kesimpulan bahwa secara bersama-sarma terdapat hubungan positif variable bebas sikap siswa atas model pembelajaran kontektual (X1) dan motivasi berprestasi (X2) dengan variabel terikat hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa (Y) dengan koefisien korelasi sebesar 0,854. Hubungan regresi ganda bersifat linier dengan model persamaan Y = -43,035 + 0,894Xl + 0,695X2. 4) Variabel bebas sikap siswa atas model pembelajaran kontektual (X1) dan motivasi berprestasi (X2) baik secara masing-masing maupun bersama-sama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap variable terikat hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa (Y). kontribusi masing-masing variable bebas terhadap variable terikat ada: a) Variabel sikap siswa atas model pembelajaran kontektual sebesar 60,5%, b) Variabel motivasi berprestasi sebesar 54%. Kontribusi kedua variabel bebas secara bersama sama terhadap variabel terikat adalah 72,9% Dengan diketahuinya sumbangan variable sikap siswa atas model pembelajaran kontektual (X1) dan motivasi berprestasi (X2) sebesar 72,9% terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa, maka dapat diambil kesimpulan bahwa 27,1% hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa disebabkan oleh faktor-faktor lain.

References

A.M, Sardiman. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: C.V Rajawali.

Azwar. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Azyumardi Azra. 2000. Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: LOGOS Wacana Ilmu.

Daradjat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Depdiknas, 2002. Pendekatan Kontekstual. Jakarta. Depdiknas.

-------------, 2002. Pembelajaran dan Pengajaran Kontekstual. Jakarta: Depdiknas.

Hudoyo, Hermawan. 2002. Metodologi Pengajaran, Yogyakarta: yayasan Kanisius.

Ibrahim, M. & Nur, M. 2000. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa-University Press,

----------, dkk. 2000. Pembelajaran Koperatif. Surabaya: Unesa-University Press.

Kardi, S. &Nur, M. 2000. Pengajaran Langsung. Surabaya: Unesa-University Press.

Majid, Abdul, Pendidikan Agam Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005

McClelland. 2006. The Achievement Motive, New York: Appleton-Century Crofts.

Munarji, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bina Ilmu, 2004

Ramayulis. 2014. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia

Syamsul Nizar. 2013. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.

Tafsir, Ahmad, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004

Winkel, WS. 2006. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT Gramedia.

Zimbardo, Philip G, 2000. Essentials of Psychology and Life, 10th Edition, USA: New Jersey, Glenview.

Published

28-06-2022

Citation Check