Hifz Al Aql dan Penerapan Open-Ended Question dalam Materi Konsep Arah Kiblat Pada Mata Kuliah Matematika Astronomi

Authors

  • Agus Solikin UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Siti Tatmainul Qulub UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Adi Damanhuri UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Novi Sopwan UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Holillur Rohman UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.3243

Abstract

Artikel ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan open ended question pada materi konsep arah kiblat di mata kuliah matematika astronomi dalam rangka menjaga semangat hifz al aql. Artikel ini merupakan hasil penelitian lapangan di prodi Ilmu Falak Fakultas Syariah Dan Hukum UIN Sunan Ampel Surabaya Semester Gasal Tahun Akademik 2022/2023. Langkah - langkah  penerapan pendekatan pada kajian ini terbagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap pertama persiapan yang meliputi penyusunan lembar kerja mahasiswa yang memuat masalah tentang konsep arah kiblat dengan pendekatan open ended question. Tahap kedua pelaksanaan, dimulai dengan dosen pengampu menyampaikan motivasi, tujuan perkuliahan dan metode perkuliahan yang dilakukan. Kemudian dilanjutkan mahasiswa membentuk kelompok, bersama kelompoknya mahasiswa mendiskusikan penyelesaian masalah yang ada dalam lembar kerja mahasiswa, kemudian dilanjutkan dengan satu atau beberapa kelompok mewakili satu kelas untuk mempresentasikan hasil kinerjanya, sedangkan kelompok yang lain diminta untuk memberi tanggapan. Tahap kedua ini ditutup dengan kegiatan mahasiswa secara bersama-sama dengan dosen pengampu, membuat refleksi dan kesimpulan atas solusi penyelesaian masalah tersebut. Tahap ketiga yaitu evaluasi, pada tahap ini dosen melakukan penilaian terhadap hasil perkuliahan,

Author Biography

Agus Solikin, UIN Sunan Ampel Surabaya

Dosen Prodi Ilmu Falak

References

Auda, J. (2008). Maqasid Al-Shari’ah As Philosophy Of Islamic Law, A Systems Approach. Iiit.

Auda, J. (2015). Membumikan Hukum Islam Melalui Maqasid Syariah. Bandung: Pt Mizan Pustaka, 32–35.

Bin Anas, M. (1989). Al-Muwaththa. Cet. I.

Ghazali, I. A. H. M. B., Al, M., & Al-Uṣūl, A.-M. M. (1997). Al-Fiqh.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143, 32–49.

Hambali, S. (2013). Ilmu Falak Arah Kiblat Setiap Saat. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Yogyakarta.

Mahmudi, A. (2008a). Mengembangkan Soal Terbuka (Open-Ended Problem) Dalam Pembelajaran Matematika. Makalah Pada Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta.

Mahmudi, A. (2008b). Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kreatif. Konferensi Nasional Matematika Xiv, Universitas Sriwijaya, Palembang.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pt Remaja Rosdakarya.

Muhyiddin, K. (2008). Ilmu Falak Dalam Teori Dan Praktik. Yogyakarta: Buana.

Najjar, A. M. (2006). MaqÄá¹£id Al-Sharī’ah Bi-Ab’Äd JadÄ«dah. Beirut: DÄr Al-Gharb Al-IslÄmiy.

Nohda, N. (2000). Teaching By Open-Approach Method In Japanese Mathematics Classroom.

Pohan, S., Mavianti, M., Setiawan, H. R., & Marpaung, A. H. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Bergambar Dan Power Point Pada Mata Pelajaran Fiqih. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 779–788.

Saihu, M. (2022). Moderasi Pendidikan: Sebuah Sarana Membumikan Toleransi Dalam Dunia Pendidikan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02), 629–648.

Syaban, M. (2008). Menggunakan Open-Ended Problem Untuk Memotivasi Berpikir Matematika. Tersedia: Http://Educare. Efkipunla. Net/Index2. Php.

Takahashi, A. (2008). Communication As Process For Students To Learn Mathematical. Online) Http://Www. Criced. Tsukuba. Ac. Jp/Math/Apec/Apec.

Terjemahan, A.-Q. (2015). Departemen Agama Ri. Bandung: Cv Darus Sunnah.

Umam, K. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Islam Sinkronisasi Dengan Kebijakan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (Kkni). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01).

Published

21-08-2023

Citation Check