Desain Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Sikap Religius Siswa Madrasah Tsanawiyah Ex. PGA Proyek Univa Medan
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.3239Keywords:
Akidah Akhlak, Kontekstual, Sikap ReligiusAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengembangan model pembelajaran kontekstual mata pelajaran Akidah Akhlak dalam membina sikap keagamaan siswa, dan (2) kelayakan model pembelajaran kontekstual mata pelajaran Akidah Akhlak dalam membina sikap keagamaan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model yang digunakan oleh Sugiyono. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Ex PGA Univa Medan Project. Pemilihan subjek penelitian ditentukan berdasarkan kebutuhan pengembangan model pembelajaran. Produk yang dikembangkan adalah buku model, buku guru dan buku siswa yang kelayakannya divalidasi oleh ahli desain, ahli materi, dan praktisi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) model pembelajaran yang dikembangkan adalah model pembelajaran kontekstual mata pelajaran Akidah Akhlak untuk menumbuhkan sikap keagamaan siswa yang terdiri dari sintaksis, sistem sosial, prinsip reaksi dan sistem pendukung dilengkapi juga dengan buku model, buku guru, dan buku siswa. buku, dan (2) model pembelajaran kontekstual mata pelajaran Akidah Akhlak dan seluruh rangkaian model pembelajaran layak digunakan dalam pembelajaran Akidah Akhlak.
References
Ayu Rahmi. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning Pada Materi Kinetika Kimia. Jurnal: Relativitas Vol. 1 No. 1 Oktober 2018.
Association for Educational Communication and Technology. The Definition of Educational Terminology. Alihbahasa: Arief S. Sadiman dkk. Jakarta: Rajawali, 1986.
Daniel Muijs dan David Reynolds. 2018 Effective Teaching Evidence and Practice. Alihbahasa: Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018.
Dwi Yanti, Anna Fauziah, dan Drajat Friansah. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal: Pendidikan Matematika Raflesia Vol. 2 No. 2 Tahun 2017.
Emi Ramdani, Marzuki. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Terhadap Sikap Religius Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal: Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 4, Nomor 1, Juni 2019.
Maneerat Pinwanna. “Using The Contextual Teaching and Learning Method in Mathematics to Enhance Learning Efficiency on Basic Statistics for High School Studentsâ€, Jurnal: ICLEHI (8). 2015.
M. Agus Patoni, Wido Supraha, Anung Al Hamat, Education Method Akhlak In SDIT Ummul Quro. Jurnal: Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Vol: 10 No: 01 Februari 2021.
Muslimah, Indhra Musthofa, M. Daud Yahya, Zulkifli Musthan, Annisa Wahyuni. Desain Pembelajaran Akhlak Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning Jurnal: Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, VOL: 11/NO: 01 Februari 2022.
Saiful Arif. Model Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran PAI Di SMPN 2 Pamekasan. Jurnal: Tadrîs Volume 10 Nomor 2 Desember 2015.
Septina Rahmawati & Dhina Cahya Rohim. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa. Jurnal: Review Pendidikan Dasar: Vol 6, No 3, September 2020.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukma Nurmawarni. 2018 Pengaruh Pendekatan Kontekstual dalam Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal: Eduscience Vol. I. No. 1 Desember 2018.
Surdin. 2018. The Effect of Contextual Teaching and Learning (CTL) Models on Learning Outcomes of Social Sciences of the material of forms the face of the earth on Class VII of Junior High School. Jurnal: International Journal of Education and Research Vol. 6 No. 3 March 2018.
Wina Sanjaya. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).