Respon Pimpinan PTKIS Sumatera Selatan terhadap Disrupsi Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.3222Keywords:
Disruptif, Pendidikan Islam, PTKIS, ResponAbstract
Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memunculkan disrupsi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pimpinan PTKIS Sumatera Selatan terhadap fenomena disrupsi Pendidikan Islam. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan fenomologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para pimpinan PTKIS di Sumatera Selatan menyadari adanya pergeseran dalam sistem pendidikan Islam dan munculnya lembaga pendidikan full digital. Namun mereka tidak merasa khawatir karena sistem pendidikan dan lembaga pendidikan daring atau full digital dianggap bukan sebagai gangguan. Sehingga respon adaptif dan antisipatif belum dilakukan sepenuhnya. Perlu upaya lebih lanjut yang dilakukan untuk mempertahankan eksistensi dan esensi pendidikan Islam di PTKIS yaitu dengan menerapkan langkah strategis mulai dari identifikasi kekuatan dari hadirnya lembaga pendidikan daring atau full digital dengan seperangkat sistemnya, identifikasi efektifitas dan efisiensi inovasi yang dilakukan, dan tetrakhir evaluasi menyeluruh yang mampu membantu pendidikan Islam di PTKIS dari disrupter’s berupa regulasi, demografi, dan masyarakat. Dari hasil evaluasi tersebut selanjutnya melakukan perbaikan dan inovasi berkelanjutan dari berbagai unsur pendidikan mulai dari peningkatan kompetensi SDM, pengembangan kurikulum, inovasi sistem pembelajaran, peningkatan sarana dan prasarana, serta perbaikan sistem pengelolaan PTKIS.
References
Abdurrahmansyah. 2022. Cakrawala Pendidikan Islam (Isu-Isu Kurikulum Pembelajaran Klasik sampai Kontemporer). Yogyakarta: Nas Media Pustaka.
Abdurrahmansyah, Abdurrahmansyah. 2001. “Sinergi Pendidikan Budi Pekerti di Keluarga, Sekolah dan Masyarakat dalam Era Global.†Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 4 (2). https://doi.org/10.19109/td.v4i2.703.
Ahmadi, Ahmadi, Basuki Basuki, dan Edi Irawan. 2020. “The Internalization of Attitude and Values: Comparison Study in PTKIN and PTKIS.†Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 18 (1): 17–32. https://doi.org/10.21154/cendekia.v1i1.1761.
Asasi, Komaruddin. 2022. Wawancara Wakil Rektor I.
“Board of Professors of IPB University Book Review of Dark Academia How Universities Die.†2021. IPB University. 13 September 2021. https://ipb.ac.id/news/index/2021/09/dewan-guru-besar-ipb-university-bedah-buku-dark-academia-how-universities-die/2a94dad32cb2456eeae29ec83906885b.
Candra. 2022. Wawancara Ketua STEBIS IGM.
Christensen, Clayton M. 1997. The Innovator’s Dilemma: When New Technologies Cause Great Firms to Fail. Cambridge: Harvard Business School Press.
Christensen, Clayton M., Michael E. Raynor, dan Rory McDonald. 2015a. “What Is Disruptive Innovation?†Harvard Business Review, 1 Desember 2015. https://hbr.org/2015/12/what-is-disruptive-innovation.
———. 2015b. “What Is Disruptive Innovation?†Harvard Business Review, 1 Desember 2015. https://hbr.org/2015/12/what-is-disruptive-innovation.
Clifton, Jim. 2016. “Universities: Disruption Is Coming.†Gallup.Com. 19 Mei 2016. https://news.gallup.com/opinion/chairman/191633/universities-disruption-coming.aspx.
Creswell, John W. 2016. Reaserch Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid dan Rianayati Kusmini Pancasari. 4 ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Diamandis, Peter D., dan Steven Kotler. 2016. Bold: How To Go Big, Achieve Success and Impact The World. Simon & Schuster. https:// books.google.co.id/books?id=qy-VCwAAQBAJ.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2020. Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta Pusat: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.
Eagleton, Terry. 2015. “The Slow Death of the University.†The Chronicle of Higher Education, April, 10.
“EMIS PTKI - DASHBOARD MONITORING.†2022. 2022. http://emispendis.kemenag.go.id/ptkidashboard/Kelembagaan/PTKIBerdasarkanStatusJenisLembaga.
Fitriani, Mohamad Iwan. 2019. “Menyoal ‘The Slow Death of University’ di Era Disrupsi (Telaah Konsep, Tantangan dan Strategi Perguruan Tinggi Perspektif Teori Disrupsi).†Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 14 (2): 375–404. https://doi.org/10.21043/edukasia.v14i2.5034.
Fleming, Peter. 2022. Dark Academia (Matinya Perguruan Tinggi). Jawa Barat: Footnote Press.
“Hasil Pencarian - KBBI Daring.†t.t. Diakses 4 November 2020. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/DISRUPTIf.
Indra, Hasbi. 2016. “Pendidikan Tinggi Islam Dan Peradaban Indonesia.†Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam 16 (1): 109. https://doi.org/10.21154/al-tahrir.v16i1.317.
Kasali, Rhenald. 2017. Disruption “Tak ada yang Tak Bisa Diubah sebelum Dihadapi Motivasi Saja Tak Cukup.†Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
———. 2018. Self Disruption. Bandung: Mizan.
Lemhannas. 2022. “Page 14 - Perpustakaan Lemhannas RI.†2022. http://lib.lemhannas.go.id/public/media/catalog/0010-121500000011157/swf/3365/files/basic-html/page14.html.
M. Atho Mudzhar. 2006. Dalam Kedudukan IAIN Sebagai Perguruan Tinggi, dalam Problem & Prospek IAIN, (ed.) Komaruddin Hidayat dan Hendro Prasetyo, 6. Jakarta: Ditbinpertais.
Mubarak, Zaki. 2018. Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 dan Problematika Pendidikan Tinggi. Yogyakarta: Ganding Pustaka.
Ngimadudin. 2022. Wawancara Ketua STAI Bumi Silampari Lubuklinggau.
Ohoitimur, Johanis. 2018. “Disrupsi: Tantangan bagi Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Peluang bagi Lembaga Pendidikan Tinggi,†24.
Post, Redaksi Lombok. 2022. “Matinya Universitas.†Lombok Post (blog). 27 Maret 2022. https://lombokpost.jawapos.com/opini/27/03/2022/matinya-universitas/.
Rahmawati, Fitri. 2018. “Kecenderungan Pergeseran Pendidikan Agama Islam Di Indonesia Pada Era Disrupsi.†TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 13 (2): 244–57. https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i2.1752.
Sabri, Ahmad. 2020. Pendidikan Islam Menyongsong Era Industri 4.0. Deepublish.
Sudaryono. 2017. “Menuju Pendidikan Asembling Oleh Sudaryono | LLDIKTI Wilayah XII.†2017. https://lldikti12.ristekdikti.go.id/2017/08/31/menuju-pendidikan-asembling-oleh-sudaryono.html.
Suyitno. 2022. “Pembukaan.†Dalam . Hotel Herper Palembang: Yayasan Bina Sahabat Sriwijaya.
Taufiq, Mohamad. 2012. “Quran in Word Ver. 1.3.â€
Valdois, Ahneka. 2016. “The End of College: Creating the Future of Learning and the University of Everywhere by Kevin Carey.†The Review of Higher Education 39 (2): 299–301. https://doi.org/10.1353/rhe.2016.0009.
Wessel, Maxwell, dan Clayton M. Christensen. 2012. “Surviving Disruption.†Harvard Business Review, 1 Desember 2012. https://hbr.org/2012/12/surviving-disruption.
Zuhairini dkk. 2008. Sejarah Pendidikan Islam. 1 cet. 9. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).