Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dan Model Supervisi Klinis Terhadap Kreativitas Mengajar Guru

Authors

  • EE Junaedi Sastradiharja Institut PTIQ Jakarta, Indonesia
  • Syamsul Bahri Tanrere Institut PTIQ Jakarta, Indonesia
  • Fahriatu Dzulfah Institut PTIQ Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.3179

Keywords:

Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Model Supervisi Klinis, Kreativitas Mengajar Guru.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah dan model supervisi klinis terhadap kreativitas mengajar guru, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan alat pengumpul data menggunakan angket. Sementara analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk melihat sebaran sampel, dan tingkat perkembangan variabel penelitian, uji prasyarat analisis statistik, dan uji t (parsial) dan uji F (simultan) dalam analisis regresi linear berganda untuk membuktikan hipotesis yang diajukan. Sampel pada penelitian ini adalah guru TKIT, SDIT dan SMPIT Riyadh El Jannah Islamic School Bekasi sebanyak 67 orang guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifkan kompetensi manajerial kepala sekolah dan model supervisi klinis terhadap kreativitas mengajar guru di Sekolah Riyadh El Jannah Islamic School baik secara sendiri-sendiri maupun secara simultan.

References

Aisyah, et.al., (2016), Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Personil Sekolah pada SMP Negeri 1 Banda Aceh, Jurnal Mudarrisuna, Vol. 6 No. 1.

Ali, Mohamad, (2020), Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Pengawas Terhadap Kreativitas Guru serta Dampaknya Terhadap Prestasi Sekolah, Jurnal Dialogika, Vol. 1 No.2.

Amiruddin, et.al., (2018), Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Edukator Dalam Meningkatkan Kreativitas Guru Pada SMP Negeri 1 Banda Aceh, Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Vol. 6 No. 4.

Anggriati, et.al., (2017), Pengendalian dan Penjaminan Kualitas Pengajaran Melalui Supervisi Klinis, Jurnal Satya Widya, Vol.33 No.1.

Arikunto, Suharsini, (2014), Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Yogyakarta: Rineka Cipta.

Babuta dan Rahmat, (2019), Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis dengan Teknik Kelompok, Jurnal Al-Tanzim, Vo.3 No.1.

Cece Wijaya dan Rusyan, (1991), Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Rosda Karya.

Citradi Tirta, “Duh, Indeks Pembangunan Manusia RI No 107 dari 189 Negara†dalam https://www.cnbcindonesia.com/news/20201216142816-4-209558/duh-indeks-pembangunan-manusia-ri-no-107-dari-189-negara/2. Diakses pada 01 Agustus 2021.

Enadarlita, (2019), Pengaruh Kompetensi Manajerial dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Keinovatifan Pejabat Administrator di Provinsi Jambi, Jurnal JMKSP, Vol.4 No.2.

Fitria, Happy, et.al., (2019), Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas, Jurnal Abdimas Unwahas, Vol.4 No.1.

Fitrah, Muh., (2017), Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan, Jurnal Penjamin Kualitas, Vol.3 No.1.

Handayani, Lina dan Sukirman, (2020), Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah Pada Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SMP 3 BAE Kudus, Jurnal EduPsyCouns, Vol.2 No.1.

Hendrawati, Anik dan Lantip Diat Prasojo, (2015), Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru, dan Budaya Sekolah Terhadap Prestasi Belajar, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Vol.3 No.2.

Hewi, La dan Muh. Shaleh, (2020), Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini), Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, Vol.04 No.1.

Ismuha, et.al., (2006), Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SD Negeri Lamklat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar, Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Vol.4 No. 1.

Juhji, (2016), Peran Urgen Guru dalam Pendidikan, Jurnal Studia Didaktika, Vol.10 No.1.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, (2019), Kreativitas Guru dalam Impelementasi Kurikulum 2013, Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan.

Marsidin, Sufyarma, et.al., (2019), Pembinaan Kompetensi Manajerial dan Supervisi Kepala Sekolah, Jurnal Halaqah, Vol. 1 No. 4.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Mulyasa E., (2011), Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Monawati dan Fauzi, (2018), Hubungan Kreativitas mengajar guru dengan prestasi belajar peserta didik, Jurnal Pesona Dasar, Vol.6 No.2.

Naim, Ngainum, (2011), Menjadi Guru Inspirasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nazir, Moh., (1985), Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nuha, Ima Ulin, et.al., (2020), Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (Tpack) Calon Guru PAUD Angkatan Tahun 2015 di Universitas Jember, Jurnal Edukasi, Vol. VII No. 2.

Nurcholiq, Mochamad, (2017), Supervisi Klinis, Jurnal Evaluasi, Vol.1 No.1.

Oktavia,Yanti, (2014), Usaha Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, Vol.2 No.1.

Pane, Aprida dan Muhammad Darwis, (2017), Belajar dan Pembelajaran, FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. 03 No.2.

Pentury, Helda Jolanda, (2017), Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif Pelajaran Bahasa Inggris, Jurnal Faktor Jurnal Ilmiah KePendidikan, Vol. 4, No. 3.

Relisa, et.al., (2019), Kreativitas Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta: PUSPENDIKBUD.

Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Roflin, Eddy, et.al., (2021), Populasi, Sampel, Variabel dalam Penelitian Kedokteran, Pekalongan: Penerbit NEM.

Sarnoto, Ahmad Zain, (2012), Urgensi Supervisi Pengajaran dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru, Jurnal Statement, Vo.2 No.3.

Sastradiharja, EE. Junaedi dan Daningsih Kurniasari, (2020), Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Peningkatan Efektifitas Kepemimpinan Transfor-masional Dan Supervisi Klinis Kepala Sekolah (Penelitian Pada Guru Smp Swasta Kota Depok Jawa Barat), Jurnal Al Amin, Vol. 3 No. 2.

Sastradiharja, EE. Junaedi, (2019), Supervisi Pendidikan, Depok: Khalifah Mediatama.

Semiawan, Conny R., (2010), Metode Penelitian Kualitatif, Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya, Jakarta: Grasindo.

Sumianto, (2021), Analisis Kreativitas Guru dalam Merancang Media Pembelajaran dimasa Pandemi Covid-19, Indonesian Research Journal on Education: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 1 No. 2.

Suryani, (2020), Implementasi Supervisi Klinis Kepala Sekolah di SMP MATER DEI Pamulang, Thesis, Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Suryosubroto, B., (1997), Proses Belajar Mengajar Di Sekolah, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sojanah, Janah dan Indah Asmarani, (2020),

Kreativitas Mengajar Guru dan Minat Belajar Peserta didik Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar Peserta didik, Jurnal JP Manper, Vol.5 No.1.

Sopiah, Siti dan Maman Herman, (2018), Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Budaya Kerja Guru Terhadap Kompetensi Guru, Jurnal IJEMAR: Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, Vol. 2 No.2.

Tresna, Lia dan Sobandi, (2017), Kinerja Mengajar Guru Sebagai Faktor Determinan Prestasi Belajar Peserta didik, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 2 No. 2.

Downloads

Published

29-10-2022

Citation Check