Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dan Model Supervisi Klinis Terhadap Kreativitas Mengajar Guru
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.3179Keywords:
Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Model Supervisi Klinis, Kreativitas Mengajar Guru.Abstract
References
Aisyah, et.al., (2016), Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Personil Sekolah pada SMP Negeri 1 Banda Aceh, Jurnal Mudarrisuna, Vol. 6 No. 1.
Ali, Mohamad, (2020), Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Pengawas Terhadap Kreativitas Guru serta Dampaknya Terhadap Prestasi Sekolah, Jurnal Dialogika, Vol. 1 No.2.
Amiruddin, et.al., (2018), Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Edukator Dalam Meningkatkan Kreativitas Guru Pada SMP Negeri 1 Banda Aceh, Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Vol. 6 No. 4.
Anggriati, et.al., (2017), Pengendalian dan Penjaminan Kualitas Pengajaran Melalui Supervisi Klinis, Jurnal Satya Widya, Vol.33 No.1.
Arikunto, Suharsini, (2014), Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Yogyakarta: Rineka Cipta.
Babuta dan Rahmat, (2019), Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis dengan Teknik Kelompok, Jurnal Al-Tanzim, Vo.3 No.1.
Cece Wijaya dan Rusyan, (1991), Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Rosda Karya.
Citradi Tirta, “Duh, Indeks Pembangunan Manusia RI No 107 dari 189 Negara†dalam https://www.cnbcindonesia.com/news/20201216142816-4-209558/duh-indeks-pembangunan-manusia-ri-no-107-dari-189-negara/2. Diakses pada 01 Agustus 2021.
Enadarlita, (2019), Pengaruh Kompetensi Manajerial dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Keinovatifan Pejabat Administrator di Provinsi Jambi, Jurnal JMKSP, Vol.4 No.2.
Fitria, Happy, et.al., (2019), Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas, Jurnal Abdimas Unwahas, Vol.4 No.1.
Fitrah, Muh., (2017), Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan, Jurnal Penjamin Kualitas, Vol.3 No.1.
Handayani, Lina dan Sukirman, (2020), Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah Pada Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SMP 3 BAE Kudus, Jurnal EduPsyCouns, Vol.2 No.1.
Hendrawati, Anik dan Lantip Diat Prasojo, (2015), Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru, dan Budaya Sekolah Terhadap Prestasi Belajar, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Vol.3 No.2.
Hewi, La dan Muh. Shaleh, (2020), Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini), Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, Vol.04 No.1.
Ismuha, et.al., (2006), Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SD Negeri Lamklat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar, Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Vol.4 No. 1.
Juhji, (2016), Peran Urgen Guru dalam Pendidikan, Jurnal Studia Didaktika, Vol.10 No.1.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, (2019), Kreativitas Guru dalam Impelementasi Kurikulum 2013, Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan.
Marsidin, Sufyarma, et.al., (2019), Pembinaan Kompetensi Manajerial dan Supervisi Kepala Sekolah, Jurnal Halaqah, Vol. 1 No. 4.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Mulyasa E., (2011), Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Monawati dan Fauzi, (2018), Hubungan Kreativitas mengajar guru dengan prestasi belajar peserta didik, Jurnal Pesona Dasar, Vol.6 No.2.
Naim, Ngainum, (2011), Menjadi Guru Inspirasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nazir, Moh., (1985), Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nuha, Ima Ulin, et.al., (2020), Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (Tpack) Calon Guru PAUD Angkatan Tahun 2015 di Universitas Jember, Jurnal Edukasi, Vol. VII No. 2.
Nurcholiq, Mochamad, (2017), Supervisi Klinis, Jurnal Evaluasi, Vol.1 No.1.
Oktavia,Yanti, (2014), Usaha Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, Vol.2 No.1.
Pane, Aprida dan Muhammad Darwis, (2017), Belajar dan Pembelajaran, FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. 03 No.2.
Pentury, Helda Jolanda, (2017), Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif Pelajaran Bahasa Inggris, Jurnal Faktor Jurnal Ilmiah KePendidikan, Vol. 4, No. 3.
Relisa, et.al., (2019), Kreativitas Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta: PUSPENDIKBUD.
Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Roflin, Eddy, et.al., (2021), Populasi, Sampel, Variabel dalam Penelitian Kedokteran, Pekalongan: Penerbit NEM.
Sarnoto, Ahmad Zain, (2012), Urgensi Supervisi Pengajaran dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru, Jurnal Statement, Vo.2 No.3.
Sastradiharja, EE. Junaedi dan Daningsih Kurniasari, (2020), Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Peningkatan Efektifitas Kepemimpinan Transfor-masional Dan Supervisi Klinis Kepala Sekolah (Penelitian Pada Guru Smp Swasta Kota Depok Jawa Barat), Jurnal Al Amin, Vol. 3 No. 2.
Sastradiharja, EE. Junaedi, (2019), Supervisi Pendidikan, Depok: Khalifah Mediatama.
Semiawan, Conny R., (2010), Metode Penelitian Kualitatif, Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya, Jakarta: Grasindo.
Sumianto, (2021), Analisis Kreativitas Guru dalam Merancang Media Pembelajaran dimasa Pandemi Covid-19, Indonesian Research Journal on Education: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 1 No. 2.
Suryani, (2020), Implementasi Supervisi Klinis Kepala Sekolah di SMP MATER DEI Pamulang, Thesis, Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Suryosubroto, B., (1997), Proses Belajar Mengajar Di Sekolah, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sojanah, Janah dan Indah Asmarani, (2020),
Kreativitas Mengajar Guru dan Minat Belajar Peserta didik Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar Peserta didik, Jurnal JP Manper, Vol.5 No.1.
Sopiah, Siti dan Maman Herman, (2018), Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Budaya Kerja Guru Terhadap Kompetensi Guru, Jurnal IJEMAR: Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, Vol. 2 No.2.
Tresna, Lia dan Sobandi, (2017), Kinerja Mengajar Guru Sebagai Faktor Determinan Prestasi Belajar Peserta didik, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 2 No. 2.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).