Pendidikan Islam Berbasis Kearifan Lokal dan Implementasinya Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar

Authors

  • Nur Afif Institut Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.3177

Keywords:

Belajar, Kearifan lokal, Merdeka, Pendidikan, Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah implementasi kurikulum pendidikan Islam berbasis kearifan lokal dan upaya penanaman nilai-nilai Islam berbasis  kearifan  lokal  dalam praktek  pendidikan. Desain penelitian ini adalah Literature Review atau tinjauan pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)  implementasi konsep merdeka belajar memang didesain agar peserta didik memiliki banyak alternatif kompetensi dan keterampilan yang relevan dikembangkan di masa depan. dikembangkan berbasis pemahaman dan pengamalan nilai-nilai tauhid secara radikal (mengakar kuat), kebebasan memilih dalam mengikuti perkuliahan dan praktik lapangan yang menjadi kebutuhan dan proyeksinya di masa depan: 2) Upaya menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam kearifan lokal dilakukan melalui nilai-nilai pendidikan Islam dalam kearifan lokal yang telah ditanamkan melalui metode pembudayaan agama berupa nilai keimanan , nilai ibadah, nilai akhlak dengan memadukan kebiasaan agama Islam dalam kurikulum pendidikan merdeka belajar.

References

Aiman F, Imas.2020. Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Cirebon. Universitas Islam Balitar Kediri Vol.12 No.2 . h.11-20

Barnadib, I. 2002.Filsafat Pendidikan. Yogyakarta Adicita Karya Nusa

Bungin Burhan. .2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Raja Grafindo. Persada. Jakarta

Chaipar W, et al. , 2013. Local Wisdom in the Environmental Management of a Community: Analysis of Local Knowledge in Tha Pong Village, Thailand. Journal of Sustainable Development. Vol. 6 No. 2.h.21-45

Firdiyanti, R., dan Bariroh, N. , 2019. Nilai- nilai Islam dalam Kearifan Lokal Kehidupan Pernikahan di Desa Wintaos. Schema, 5 (I). H.77-82

Gadner, Howard. 2007. Multiple Intelligences. Jakarta: Bina rupa Aksara.

George S, M. 2012. Dasar-dasarPendidikan Anak Usia Dini. Indeks.

Koentjaraningrat. 2011. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Madjid, N. 1997. Masyarakat Religius. Paramadina.

Muhbib Abdul Wahab. 2022. Merdeka Belajar dalam Perspetif Islam. Majalah Tabligh Edisi No.3/XX, Syaban 1443 H./Maret 2022 M

Musanna, Al. 2012. Artikulasi pada Guru Berbasis Kearifan Lokal untuk Mempersiapkan Guru Yang Memiliki Kompetensi Budaya. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol. XVIII No. III, h. 328-341

Nurhayati, E. 2015. Penanaman Nilai- nilai Keislaman bagi Anak Usia Dini (Studi Kasus di RA Al Islah Bobos- Cirebon). Jurnal Pendidikan. Vol.4 No.1. h.2-22

Pidarta, M. 2009. Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta

Purwanto, Y., dan Fauzi, R. 2019. Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 17 (2), h. 110–124

Ratnasari, R., Neviyarni, N., dan Firman, F. 2021. Peran Guru BK (Bimbingan dan Konseling) Dalam Mensukseskan Program Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4051–4056. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1504

Romadi, dan Kurniawan. 2017. Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Folklore untuk Menanamkan Nilai Kearifan Lokal. Jurnal Sejarah dan Budaya Tahun Kesebelas No. I, h. 794-799.

Samho, Bartolomeus. 2013. Emong, Among, Pamong: Visi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jakarta: Kanisius

Shufa, N. F. 2018. Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 1 No. 1, Februari. h. 49-52

Sudaryanto, S., Widayati, W., dan Amalia, R. 2020. Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Jurnal Bahasa, 9(2). h.1-12

Tilaar, H.A. 2011. Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. h.41

Wagiran. 2012. Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hamemayu Hayuning Buwana (Identifikasi Nilai-nilai arakter Berbasis Budaya. Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun II No. III, h. 329-339

Wagner, C. S., Wagner, C. S., dan Graber. 2020. Collaborative Era in Science. London: Palgrave Macmillan.

Yamin, M., dan Syahri. 2020. Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education. 6(1), h. 126-136

Downloads

Published

31-10-2022

Citation Check