Evaluasi Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.3175Keywords:
Penilaian, Media, Pembelajaran, Agama, IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Mengevaluasi kesiapan mahasiswa calon guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam melaksanakan praktik mengajar; (2) Menganalisis hasil penilaian siswa terhadap kemampuan mahasiswa calon guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam menggunakan media pembelajaran pada saat praktik mengajar, yang meliputi: (a) kualitas isi dan tujuan, (b) kualitas pembelajaran, dan (c) kualitas teknis; (3) Menganalisis hasil penilaian guru pamong terhadap kemampuan mahasiswa calon guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam memanfaatkan media pembelajaran yang digunakan pada saat praktik mengajar. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi partisipasi pasif; metode wawancara terstruktur; dan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Kesiapan mahasiswa calon guru untuk melaksanakan praktik mengajar mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti ketika dinyatakan telah lulus beberapa mata kuliah yang berhubungan langsung dengan kegiatan praktik pengalaman lapangan; (2) Mahasiswa calon guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti selama praktik mengajar mampu menggunakan berbagai jenis media pembelajaran secara bervariasi, sehingga memenuhi kriteria evaluasi media pembelajaran dari segi kualitas isi dan tujuan, kualitas pembelajaran, dan kualitas teknis, serta menunjukkan kemampuan keterampilan menggunakan media pembelajaran secara lancar, tepat dan efisien; dan (3) Mahasiswa calon guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti memiliki kemampuan memanfaatkan media pembelajaran secara bervariasi dalam praktik mengajar.
References
Asril, Zainal. (2015). Micro Teaching Disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta: Rajawali Pers.
Hamalik, O. (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Askara.
Hapsari, P., & Widhianningrum, P. W. (2013). Dampak Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan Terhadap Kinerja Mahasiswa Calon Guru (Studi Pada Program Studi Pendidikan Akuntansi IKIP PGRI Madiun). THE 2nd FORUM ILMIAH PENDIDIKAN AKUNTANSI, 1–13. http://202.91.10.29/index.php/JIP/article/view/ 800.
Irwansyah, Budi. (2013). Analisis Kesiapan Mahasiswa Alumni Program Studi Pendidikan Matematika Stain Zawiyah Cot Kala Langsa Menjadi Guru Matematika. Jurnal Prosiding SNYuBe.
Kustandi, C. dan Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran, Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana.
Lexy J. Moleong. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. cet. 18.
Maipita, I., & Mutiara, T. (2018). Pengaruh Minat Menjadi Guru dan Praktik Program Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Universitas Negeri Medan T.A 2017/2018. Jurnal Ekonomi Pendidikan p-ISSN 2302-030X, e-ISSN 2614-2295. Volume 8: Nomor 6 September 2018. 34-43.
Meha, A., M. & Bullu, N., I. (2021). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 3. Nomor 2. Tahun 2021. 412-420.
Murtiningsih, Y., J., Susilaningsih, dan Sohidin. (2014). Pengaruh Penguasaan Materi Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) dan Praktik Program Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Jupe UNS, Vol 2, No. 3, Juli 2014. 323-337.
Nabila, N. S. (2020). Evaluasi Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran PAI M.Ts Daruttaqwa Gresik. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam. Volume 16. Nomor 2. September 2020. 151-161.
Samson, V. R., & Vyjayanthi, S. (2020). Pre-University Teachers’ Teaching Skills Pre-University Teachers’ Teaching Skills. November.
Suciani T., Lasmanawati, E., Rahmawati, Y. (2018). Pemahaman Model Pembelajaran Sebagai Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga. Media Pendidikan, Gizi dan Kuliner. Vol. 7, No. 1, April 2018. 76-81.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sunarti dan Rahmawati, S. (2014). Penilaian dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Andi.
Sundari, F. S., & Muliyawati, Y. (2017). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PGSD. Jurnal Pedagonal, 1(1): 26–36.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Wahidin, U. (2015). Interaksi Komunikasi Berbasis Media Pembelajaran dalam Proses Belajar-Mengajar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. 4 (07). hlm. 819.
Yuniasari, T., & Djazari, M. (2017). Pengaruh Minat Menjadi Guru, Lingkungan Keluarga, dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Akuntansi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2013 Fe Uny. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XV, No. 2, Tahun 2017. 78-91.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).