Metode Rasulullah Dalam Mendidik Anak: Studi Hadits Sammillah Wakul Biyaminik Wa Mimma Yalik (Ucapkan Bismillah Dan Makan Menggunakan Tangan Kanan Dan Memakan Makanan Yang Ada Disekitar)

Authors

  • Budi Heryanto Sekolah Tinggu Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Agus Sarifudin Sekolah Tinggu Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Herman Herman Sekolah Tinggu Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ali Maulida Sekolah Tinggu Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Abdul Jabar Sekolah Tinggu Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.3174

Keywords:

Metode, Pendidikan, Anak, Hadits, Makan

Abstract

Beragam metode pendidikan yang dicontohkan Nabi S.A.W. dari perilaku sosial Nabi S.A.W. terlebih kepada kepada anak-anak. Penelitian ini bertujuan membahas terkait metode Nabi Muhammad S.A.W. dalam mendidikan anak study hadits Sammillah wakul biyaminik (ucapkan Bismillah dan makan dengan tangan kanan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research) dengan menggunkan buku-buku dan literatur-literatur lainnya sebagai objek yang utama, sehingga dapat menghasilkan informasi berupa catatan dan data deskriptif yang terdapat dalam teks yang diteliti. Penenelitan ini menghasilkan bebrapa hal mendidik anak; 1. Mendidik anak dapat dilakukan dimana dan kapan saja, serta dalam kondisi apa saja; 2. Mendidik dengan pendekatan; 3. mendidik dengan memberikan bimbingan, teguran, dan arahan; 4. memberikan contoh atau keteladanan dan serta memberikan tuntunan; 5. Mendidk dengan mahabbah cinta.

References

Kamisah dan Herawati. (2019). Mendidik Anak Ala Rasulullah (Propethic Parenting). Journal of Education Science (JES), 5(1): 34.

Rahendra Maya. (2013). Menuju Pendidikan Islam Berbasis Al-IttibÄ’. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 02(04).

Muhammad Ibn Shalih Al-Utsaimin. (2014/1435H). Syarah Riadu Ash-Shalihin min Kalami Syyidi Al-Mursalin. Al-Azhar: Darul Alimiyah li An-Nasyr wa At-Tauzi’.

Nurussakinah Daulay. (2015). Pendidikan Karakter Pada Anak Dalam Pendekatan Islam Dan Psikologi. Miqot: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 39(1).

Abi Al-Fida Isma’il ibn Katsir. (2012). Tafsir Al-Qur’an Al-Azhim. Al-Qahirah Mesir: Maktabah At-Taufiqiyah.

Ali Mustofa. (2019). METODE KETELADANAN PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 5(1).

Taufik Mukmin. (2018). PENDEKATAN DALAM MENGAJAR PERSPEKTIF SYAIFUL BAHRI DJAMARAH DAN ABUDDIN NATA (Studi Komparatif Deskriftif). el-Ghiroh, XIV(01).

Irawati Istadi. (2014). Mendidik Anak dengan Cinta Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Cakrawala Publishing.

Rahendra Maya. (2017). Pemikiran Pendidikan Muhammad Quthb Tentang Metode Keteladanan (Al-Tarbiyah bi Al-Quwah). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11).

Uanang Wahidin dan Ahmad Syaefuddin. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 07(01).

Downloads

Published

31-10-2022

Citation Check