Penerapan Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta

Authors

  • Safril Muhamad Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Arif Budi Rahardjo Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Firman Mansir Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.3161

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : Mendiskripsikan masing-masing tahapan penyusunan kurikulum di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta, Mendiskripsikanpenerapan kurikulum di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta, Mendiskripsikan strategi pengembangan kurikulum di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif analitik, Jenis penelitian ini menciptakan penemuan melalui data yang di deskriptifkan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah melalui reduksi data dan verivikasi data. hasil dari penelitian ini ialah, 1. Tahapan penyusunan manajemen kurikulum pendidikan Islam melalui pembentukan penangungjawab atau masing-masing kordinator untuk setiap kelas, melakukan rapat bersama dalam pentapan kurikulum bersama seluruh stakholder SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. 2. Penerapan manajemen kurikulum pendidikan Islam  ialah melalui tahapan  pleaning dengan menggunakan model sistematik integrati, Pelaksanaan kurikulum dilaksanakan secara habitulistik, dan budaya humanistik diterapkan dalam proses pembelajaran. 3. strategi yang dilakukan untuk meningkatkan kuliatas kurikulum ialah, Menyelenggarakan KKG (Kelompok Kerja Guru) tiap bulan mendiskusikan konsep dan aplikasi tema yg sudah ditentukan satu semester/ tahun, Partisipasi aktif pada Kelompok Kerja Guru yang diselenggarakan oleh dinas pendidikan, Partisipasi aktif pada seminar/ workshop yg diselenggarakan oleh JSAN (Jaringan Sekolah Alam Nusantara) & JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu), dan Partisipasi aktif pada seminar/ workshop yg diselenggarakan oleh P4TK MATEMATIKA & lembaga pemerintah.

Kata kunci : Manajemen, Kurikulum, Pendidikan Agama Islam

References

Al-Syaibany, O. M. al-T. terj. H. L. (1979). Falsafah al_Tarbiyah al-Islamiyah. Bulan Bintang.

Amrullah, A. M. K. dan, & Djumransjah. (2007). Pendidikan Islam Menggali Tradisi Mengukuhkan Eksistensi. UIN-Malang Press.

Andayani., A. M. dan D. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Remaja Rosydakarya.

Azhari, M. (2017). Manajemen kurikulum dalam peningkatan mutu pendidikan (Studi kasus pondok pesantren Ulumul Qur’an stabat. Analytica Islamica, 6(2): 124–135.

Azra, A. (2012). pendidikan islam (tradisi dan modernisasi di tengah tantangan milenium III). kencana.

Echols, J. M. dan H. S. (2006). Kamus Inggris Indonesia. PT Gramedia Pustaka Utama.

Latchem, C. (2018). Zainal Arifin, Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam. In SpringerBriefs in Open and Distance Education (Issue 1).

Mansir, F. (2020). Diskursus Sains dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah Era Digital. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 3(2): 144–157.

Mansir, F. (2021). Paradigma Pendidikan Inklusi Dalam Perspektif Pendidikan Islam: Dinamika Pada Sekolah Islam. Tadrib, 7(1): 1–17.

Muhammad. (2005). manajemen Bank Syari’ah. UPP AMP YKPN.

Nata, A. (2001). Perspektif Islam Tentang Pola Hubungan Guru_Murid “Studi Pemikiran Tasawuf al-Ghazali. PT RajaGrafindo Persada.

Rahmat Hidayat. (2016). manajemen pendidikan Islam. LPPPI.

Rudi ahamad suryadi. (2018). ilmu pendidikan islam. CV BUDI UTAMA.

Sofanudin. (2019). IMPLEMENTASI KURIKULUM PADA SEKOLAH ALAM INSAN MULIA ( SAIM ) SURABAYA The Best Practice of Curriculum Implementation at Pendahuluan. Jurnal Smart, 05(01): 15–27.

Ta’arifin, A. D. & A. (2004). Manajemen Madrasah Besbasis Pesantren. Listafariska Putra.

Usman, J. dan. (2004). Filsafat Pendidikan Islam. PT RajaGrafindo Persada.

Published

21-08-2023

Citation Check