Pengembangan Model Pendidikan Karakter Pada Anak di Perumahan Lebak Kinasih Kabupaten Purwakarta
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.3159Keywords:
Pengembangan, Pendidikan Karakter, Perumahan.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah membuat produk model pendidikan karakter pada anak rentang usia 5-15 tahun di Perumahan Lebak Kinasih Purwakarta. Metode penbelitian menggunakan metode campuran dengan desain penelitian dan pengembangan (R&D). Proses penelitain dimuali dari potensi pengembangan karakter anak di perumahan lebak kinasih, membuat desain rancangan produk menggunakan literatur relevan, validasi desain, revisi, membuat produk, uji coba produk terbatas, revisi produk tahap 1, uji coba lapangan utama, revisi 2, uji coba lapangan operasional, revisi produk 3, diseminasi dan pemasaran produk. Hasil penelitian pengembangan karakter religius, nasionalisme, integritas, mandiri, dan gotong royong anak menunjukkan model kepraktisan. Model ini menunjukkan peran orang tua sebagai unsur masyarakat mampu memberi keteladanan, pembiasaan, cerita inspiratif, dan diskusi dengan anak. Teknik tersebut mendukung pemahaman, sikap, motivasi dan rasa cinta anak untuk melaksanakan dengan senang hati. Efektifitas, evisiensi, dan keterterapan sangat baik dengan uji coba pada cluster kinanti sudah memiliki struktur masyarakat dengan pola asuh baik. Uji coba luas ini dilaksanakan sebanyak tiga kali dan mengalami peningkatan yang baik sehingga model ini dapat disebarluaskan sesuai dengan karakteristik masyarakat di perumahan tertentu.
Â
References
Amalia, G., Furnamasari, Y. F. ., & Dewi, D. A. “Menumbuhkan Rasa Nasionalisme Pada Anak SD Melalui Pembelajaran Pkn.†Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, no. 3 (2021): 8985–8989.
Aryani, Wulan Dwi. “IMPLEMENTASI MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER GOTONG ROYONG, KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IXC DI SMPN 1 KANDEMAN.†RISTEK 5, no. 1 (2021): 23–34. https://ojs.batangkab.go.id/index.php/ristek/article/view/95.
Aswidar, Rika, and Siti Zahara Saragih. “Karakter Religius,Toleransi, Dan Disiplin Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.†Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran 6, no. 1 (2022): 134–142. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/43373.
B. F. Skinner. The Behavior of Organism. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall, 1938.
Blumoff, T Y. Behaviorism and Moralism: The Life of John B. Watson. Saint Louis University, 1971.
Buckley, K W. Mechanical Man: John Broadus Watson and the Beginnings of Behaviorism. Guilford Publications, 1989.
Deana Dwi Rita Nova(1*), Novi Widiastuti(. “PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI ANAK MELALUI KEGIATAN NAIK TRANSPORTASI UMUM.†Comm-Edu 2, no. 2 (2019). https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/article/view/2515/0.
Goodwin, C J. A History of Modern Psychology. Wiley, 2015.
Hill, W F. Learning: A Survey of Psychological Interpretations. Harper & Row, 1990.
Imam Tabroni, Rendy Afrizal, Elsa Nurmawati, Siti Nurlatifah, and Siti Nurlatifah. “CHARACTER BUILDING: AN ANSWER TO THE WORSENING OF HUMAN CHARACTER?†SOKO GURU: Jurnal Ilmiah Kependidikan 1, no. 3 SE-Articles (December 1, 2021): 11–14. http://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/sokoguru/article/view/57.
Jaques, E. The Life and Behavior of Living Organisms: A General Theory. ABC-CLIO, 2001.
Kurniawan, Heru, and Sri Rahayu. “Pemeranan Dan Internalisasi Karakter Integritas Dalam Pelayanan Literasi Masyarakat.†Integritas : Jurnal Antikorupsi 6, no. 2 (2021): 341–354. https://jurnal.kpk.go.id/index.php/integritas/article/view/680.
Lickona, Thomas, and Kevin Ryan. Character Development in School and Beyond. Wasington D.C: Cardinal, 1979.
Pavlov, I. P. Lectures on Conditioned Reflexes. W.H. Garitt, Ter. Vol. 1. New York: International Publisher, 1928.
Sani, R A, and M Kadri. Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami. Bumi Aksara, n.d.
Schunk, D H. Learning Theories: An Educational Perspective. Schunk, D. Pearson Education, 2015.
Skinner, B F. The Behavior of Organisms: An Experimental Analysis. B. F. Skinner Foundation, 2019.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, R&D Dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta, 2019.
Tabroni, Imam, Fatimah, Dina, Hidayat, M. Fahmi, H, Siti Nurul. “ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION BASED ON BOARDING SCHOOL OF MTS AL-FATAH TEGALWARU.†Education: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan 2, no. 1 (n.d.): 10–13. http://journal.stiestekom.ac.id/index.php/Education/article/view/98.
TABRONI, IMAM, DYAH ERAWATI, IMAS MSPIAH, and HILMA SA’ADATUNNISA. “PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM TUNTUNAN SYARI’AT RASULULLAH SAW.†Journal of Education and Culture 2, no. 1 (2022): 53–56. https://www.jurnalindrainstitute.com/index.php/jec/article/view/141.
Tabroni, Imam, and Rini Purnamasari. “Kajian Yasinan Mingguan Dalam Membina Karakter Masyarakat Pada Masa Covid-19 Di Perumahan Lebak Kinasih Purwakarta.†Sivitas : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 2, no. 1 (2022): 9–18. https://e-jurnal.staimuttaqien.ac.id/index.php/sivitas/article/view/561.
Tabroni, Imam, and Akbar Miftahur Romdhon. “The Influence Of Islamic Religious Education On The Student{textquotesingle}s Conduct.†Jurnal Multidisiplin Madani 2, no. 2 (February 2022): 787–794. https://doi.org/10.54259%2Fmudima.v2i2.439.
Thomas Lickona. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York, Canada: Bantam Books, 1991.
Trilling, B, and C Fadel. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Wiley Desktop Editions. Wiley, 2009.
Ulwan, Abdullah Nasih. Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam. 2nd ed. Semarang: Asy-Syifa, n.d.
Watson, J. B. Behaviorism. New York: W .W. Norton & Co., 1970, 1924.
Watson, J B, and W McDougall. The Battle of Behaviorism: An Exposition and an Exposure. New science series. W.W. Norton, Incorporated, 1929.
Wiyani Ardy, and Muhammad Irham Novan. Psikologi Pendidikan: Teori Dan Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran. II. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Permendikbud RI No. 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal, n.d.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).