Analisis Program Mentoring Terhadap Kedisiplinan Siswa Dalam Melaksanakan Ibadah Pada Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.3148Keywords:
Program mentoring, Disiplin Ibadah,Abstract
Penelitian ini berangkat dari keinginan penulis untuk mengetahui bagaimana dampak dari program monitoring terhadap kedisiplinan siswa dalam melaksanakan ibadah di SMP IT Khoiru Ummah terkait pelaksanaan ibadah siswa yang mengalami penurunan saat terjadi masa pandemi yang mengharuskan siswa belajar di rumah. Sekolah sebagai lembaga pendidikan memiliki program pembinaan untuk membimbing siswa salah satunya program mentoring. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh program mentoring terhadap disiplin melaksanakan ibadah siswa di SMP IT Khoiru Ummah. Metode yang di gunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini 305 siswa dan sampel berjumlah 50 siswa di kelas VIII. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Program mentoring di SMP IT Khoiru Ummah termasuk dalam kategori baik dengan di dapat persentase sebanyak 30 % . (2) Disiplin melaksanakan ibadah di SMP IT Khoiru Ummah juga dalam kategori baik sebanyak 28 %. (3) Korelasi antar variabel dengan rumus korelasi product momen di dapatkan hasil dengan derajat hubungan lemah sebesar 0,238 dengan signifikansi 0,096 dan tidak terdapat korelasi karena nilai signifikansi 0,096 ≥ 0,05. (4) hasil uji regresi didapatkan pengaruh antar variabel dengan nilai R square sebesar 0,057 persen atau sebesar 5,7 % sehingga antar kedua variabel tidak terdapat pengaruh yang signifikan.
References
Achmad Badawi Widiyali, “Penerapan Hukuman Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Pesantren Subussalam Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Skripsi †2020.
Ahmad Tajul Arifin, “Pengaruh Keaktifan Mengikuti Ekstrakulikuler Seksi Kerohanian Islam (SKI) Terhadap Disiplin Ibadah Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Salatiga Masa Jabatan 2019/2020,†2020.
Arvian Indarmawan, Aam Abdussalam, and Wahyu Wibisana, “Upaya Peningkatan Disiplin Ibadah Bagi Murid Mdrasah (Studi Deskriptif Di Madrasah Dīniyah Takmiliyah Awalilah Miftahussalam Kota Tegal),†TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education 1, no. 1 (n.d.): 1–24.
Asri Karolina et al., “Peran Orangtua Penambang Emas Dalam Menanamkan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Dikelurahan Kampung Jawa,†Edification Journal: Pendidikan AgamaIslam 3, no. 1 (2020): 1–22.
Atik Baroroh, “Pengaruh Kegiatan Mentoring Tarbawi Terhadap Akhlak Peserta Didik SMP IT Ihsanul Fikri Kabupaten Magelang†(PhD Thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang, 2018).
Ayu Rizki Larasati et al., “Pengaruh Penerapan Kode Etik Guru Terhadap Kedisiplinan Mengajar Di SMKN 2 Rejang Lebong,†Nuansa: Jurnal Studi Islam Dan Kemasyarakatan 13, no. 2 (2020): 151–58.
Depag RI, Qur‟an Tajwid dan Terjemah, (Jakarta : Media Pusaka, 2016).
Eka Yanuarti, Asri Karolina, and Devi Purnama Sari, “Peran Pemerintah Dalam Mencegah Tindakan Radikalisme Melalui Pendidikan Multikultural,â€POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 5, no. 2 (2019): 135–48.
Hengki Kurniawan,“Hubungan Antara Pelaksanaan Ibadah Shalat Fardu Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Cempaga†(PhD Thesis, IAIN Palangka Raya, 2019).
Man Yany, “Pengaruh Kecerdasan Spritual Terhadap Disiplin Beribadah Pada Santri Dipondok Pesantren Darul Ilmi Wassuluk Gresik†(PhD Thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik, 2019).
Rahmawati, Nuzulia. Studi Analisis Program Mentoring Dalam Pembentukan Akhlaqul Karimah Kelas IX Di Smp It Al_Islam Kudus. Diss. IAIN Kudus , 2018.
Resi Yanti, Hameng Kubuwono, and Dina Hajja Ristianti, “Sikap Siswa Terhadap Guru Dan Faktor Yang Mempengaruhinya,†JOEAI: Journal of Education and Instruction 3, no. 2 (2020): 222–30.
Ririn Munawarroh, “Pengaruh Disiplin Ibadah Terhadap Kecedasan Sprirtual Santri Di Pondok Pesantren Salafiyyah Dasrussolihin Desa Sokolimo Kecamatan Campur Darat Kabupaten Tulung Agung ,†2017.
Syaiful Muhammad, “Pengaruh Kedisiplinan Beribadah Di Sekolah Terhadap Kedisiplinan Beribadah Di Rumah Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Pekanbaru.†(PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Sulthan Syarif Kasim Riau, 2021).
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Fan R&D.
Suwita Dela, Masudi Masudi, and Eka Yanuarti, “Efektifitas Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin Dalam Membentuk Akhlak Santri Pondok Pesantren Miftahul Jannah Karang Jaya,†El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman 18, no. 2 (2020): 153–68.
Wida az-Zahida, Mentoring Fun (Surakarta: Afra Publishing, 2009).
Wulanda Arif, “Pengaruh Tingkat Kedisiplinan Sholat Fardhu Terhadap Kecerdasan Sprirual Santri Di Pondok Pesantren Al-Munawwirussholeh Teluk Betung Bandar Lampung Tahun 2019†(PhD Thesis, UIN Raden Intan Lampung, 2020).
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Ummul Khair, Rapia Arcanita, Azzohardi Azzohardi, Idi Warsah, Muhammad Istan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).