EKSISTENSI PRODI AGAMA LANGKA PEMINAT UIN AR RANIRY BANDA ACEH
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v8i01.312Abstract
Pasca peralihan status IAIN menjadi UIN, minat masyarakat untuk masuk UIN lebih tinggi pada prodi umum seperti IT, kedokteran, ekonomi, dan hukum, sementara untuk program studi agama yang mempunyai kaitan dengan dunia kerja (prodi keislaman multidisipliner) juga masih relatif tinggi peminatnya, tetapi untuk prodi agama dengan keilmuan murni sangat kurang peminatnya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, melalui teknik Studi dokumentasi dengan menghimpun dan menganalisis dokumen-dokumen resmi, dokumen yang keabsahannya terkait dengan prodi langka peminat dan teknik wawancara mendalam (in-depthinterview). Penelitian ini menghasilkan: 1) prodi agama langka peminat di UIN Ar Raniry adalah Prodi Studi Agama-Agama Fakultas Syariah dan Hukum, Prodi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Prodi Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuludin dan Filsafat, Prodi Perbandingan Mazhab Fakultas Syariah dan Hukum dan Dploma III Ilmu Perpustakaan fakultas Adab Humaniora. 2) Alumni Prodi langka peminat bekerja sebagai karyawan di Kemenag, Penyuluh Agama, Anggota Dewan, Pemerintahan Daerah, TNI dan Polri, Interpreneurship, Wartawan, Penulis dan mejadi Ustadz. Diantara mereka ada  yang menjadi Tokoh Masyarakat, Tokoh dan  Birokrat. 3) Besarnya jumlah mahasiswa langka peminat tidak penting yang terpenting adalah mahasiswa yang yang memiliki kualitas. Direkomendasikan: 1) Kementerian Agama harus tetap  mempertahankan program studi keagamaan langka peminat di PTKI. 2) Perlu langkah-langkah strategis dan teknis pada program studi Aqidah dan Filsafat Islam (AFI), melalui: Kebijakan Rektor dan Dekan meluluskan mahasiswa yang tidak di terima pada prodi lain dengan standar nilai lulus untuk masuk pada prodi langka peminat; membuka jalur khusus “Prestasi scien, seni dan olah ragaâ€; Memberdayakan Dosen, Tokoh masyarakat dan Alumni untuk mensosialisasi program studi agama-agama pada siswa MA; SMA SMK dan Pondok Pesantren; MOU Lapangan Pekerjaan antara UIN Ar Raniry dengan Pemerintah Daerah pada prodi langka peminat; dan Memberikan bea siswa kepada mahasiswa pada prodi sepi peminat.
Â
Â
References
Buku Pedoman Akademik UIN Ar Raniry Aceh Tahun 2018
Djoko, Rchardus, dan Indrajit, Rchardus Eko. 2004. Manajemen Perguruan Tinggi Modern, Jakarta: Atma Jaya dan Perbanas
Didin Kurniadin & Imam machali. 2012. Manajemen Pendidikan Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan (Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA
Lexi J. Meleong. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit: Remaja Rosdakarya. Bandung.
Nashruddin Harahap, et.al,. 1991. Wawasan Almamater IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Yogyakarta: Panitia Penyelenggara Penataran P-4 100 jam Gaya Baru IAIN Sunan Kalijaga).
Olivia F. 1992. Developing The Curriculum. Publisher: New York.Herper Collins.
Oemar Hamalik. 2008. Manajemen Pengembangan Kurikulum ( Bandung: Remaja Rosdakarya,
Puslitbang Penda, 2013. Eksekutif Summary Penelitian Pemetaan Kapasitas 6 UIN. Jakarta: Balitbang Kemenag.
Puslitbang Penda. 2013. Laporan Penelitian Kapasitas 6 UIN. Jakarta;Balitbang Kemenag
Permenristekdikti nomor 44 tahun 2015, tentang Standar Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi
Putra, Andra. 2014. Landasan dan Prisip-prinsip Pengembangan Kurikulum. http/andraputra.blogspot.co.id diakses pada Tanggal 20 Juli 2017.
PMA nomor 37 tahun 2017, Perubahan atas peraturan menteri agama Nomor 33 tahun 2016 tentang gelar akademik Perguruan tinggi keagamaan.
Nur Syam, Menyeimbangkan Prodi Agama dan umum, http://nursyam.uinsby.ac.id/?p=832.
Rahmat Raharjo 2010. Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Penerbit: Magnum Pustaka. Yogjakarta
Statistik Pendidikan Islam tahun 2014/2015. Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI
S. Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan . Penerbit: Rineka Cipta. Jakarta
Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Sistem Pendidikan Tinggi
UU No. 20/2003 tentang Sisdiknas, dan PP RI No. 17/2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan
https://dinarpratama.wordpress.com/2010/11/20/model-evaluasi-cipp-context-input-process-product/. Diakses pada Tanggal 18 Oktober 2018.
KONSEP MANAJEMEN PENDIDIKAN ~ Kumpulan Makalah & Artikel https://makalah-ibnu.blogspot.com/2010/01/konsep-manajemen pendidikan.html #ixzz5UDaEnf5h, diakses pada tanggal 17 Oktober 2018
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).