Proses Inovasi Pembelajaran Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Kendari

Authors

  • Leliy Kholida UIN Sunan Kalijaga, Indonesia
  • Maragustam Siregar UIN Sunan Kalijaga, Indonesia
  • Imam Machali UIN Sunan Kalijaga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.3085

Keywords:

Process, Learning Innovation

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola proses inovasi pembelajaran pada mahasiswa Fakultas Agama Islam. Sejak penerapan penggunaan media sosial sebagai media pembelajaran, masih ada dosen yang belum memanfaatkan inovasi dalam pembelajarannya, sehingga penelitian ini mengeksplorasi pola inovasi identifikasi individu dan kebiasaan mahasiswa dalam tugas-tugasnya. Peneliti menggunakan studi kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengeksploitasi media sosial tidak semudah yang kita lihat, mengubah pola tontonan menjadi mengeksploitasinya membutuhkan banyak proses. Individu dapat mengidentifikasi dalam mengeksploitasi media sosial menjadi dua bagian, yaitu kelebihan dan kekurangannya, dan mereka dapat mengevaluasi diri mereka sendiri di mana proses inovasi, dominasi menunjukkan pola proses inovasi dimulai dari belum sadar, sadar, mengerti, percaya, mengambil tindakan.

References

Bourdieu, P. (1986). The Forms of Capital. In J. Richardson (Ed.), Hand Book of Theory and Research for The Sociology of Education (pp. 241–258, 242). Greenwood.

Bourdieu, P. (2011). Chose Uraian Pemikiran (terjemahan). Kreasi Wacana.

Hafidz, & Nashihin, H. (2021). IMPLEMENTASI TOTALQUALITYMANGEMENT (TQM) DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HUDA YOGYAKARTA. As-Sibyan, 3(2), 37–50. https://doi.org/10.52484/as_sibyan.v3i2.189

Hauberer, J. (2011). social Capital Theory Towards a Methodological Foundation.

Husna Nashihin, Nazid Mafaza, & M.Okky Haryana. (2021). IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) PERSPEKTIF TEORI EDWARD DEMING, JURAN, DAN CROSBY. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 50–60. https://doi.org/10.51468/jpi.v3i1.60

Husna Nashihin, Rani Efendi, & Suci Salmiyatun. (2020). PEMANFAATAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 23–37. https://doi.org/10.51468/jpi.v2i1.24

Jenkins, R. (2013). Membaca Pikiran Pierre Bourdiue (13th ed.). Kreasi Wacana.

Kristiawan, M. (2018). Inovasi Pendidikan. WADE Group.

Lahinta, A. (2017). Berbagai Model Inovasi Pmbelajaran Dengan Dukungan Teknologi Informasi. Seminar Internasional Peran LPTK Dalam Pengembangan Pendidikan Vokasi Di Indonesia, ISSN 1907-2066, 9–16.

Nashihin, H. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pesantren. Formaci. https://books.google.co.id/books?id=X27IDwAAQBAJ

Nashihin, H. (2019a). Analisis Wacana Kebijakan Pendidikan (Konsep dan Implementasi). CV. Pilar Nusantara. https://books.google.co.id/books?id=SXcqEAAAQBAJ

Nashihin, H. (2019b). Proceedings of 2nd International Conference on ASIC. https://doi.org/10.1109/icasic.1996.562734

Nashihin, H. (2019c). تطبيق طريقة مباشرة ÙÙŠ تعليم اللغة العربية ÙÙŠ معهد الشيخ ابن باز يوجياكرتا. Proceedings of 2nd International Conference on ASIC, 275–281. https://doi.org/10.1109/icasic.1996.562734

Nashihin, H. (2022). Konsturksi Pendidikan Pesantren berbasis Tasawuf-Ecospiritualism. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 1163–1176. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2794

Nasution, A. K. P. (2020). Integrasi Media Sosial Dalam Pembelajaran Generasi Z. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 80–86. https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.277

Putri, A. (2022). Penerapan Pola Asuh Parenting Style dalam Membina Moral Remaja ( Studi Kasus Panti Asuhan Tirtonugroho Tirtomoyo ) Pendahuluan Keutuhan keluarga menjadi hal pokok dalam mengasuh anak , dari mulai mengajarkan kembangnya dikemudian hari . Peran orangtua sangat diperlukan untuk memenuhi hak kesejahteraan sosial anak ( LKSA ) ( Hafidz & Nashihin , 2021 ) atau panti asuhan . Panti yang diatur oleh Pemerintah Indonesia . Menurut kepmensos No . 50 / HUK / 2004 Panti kepada anak yatim , piatu , dhuafa dan anak terlantar , yang dapat memulihkan kemampuan. 1(1), 13–22.

Redaksi Suara Muhammadiyah. (2017). James L. Peacock: Muhammadiyah Organisasi Keagamaan yang Unggul.

Usman, U., Arfin, A., Amaludin, R., Nurlina, N., & Risnajayanti, R. (2021). Analisis Penerapan Media Pembelajaran berbasis E-Lumak pada Mata Kuliah Statistik Pendidikan PG-PAUD UM Kendari. Journal of Education and Teaching (JET), 3(1), 1–11. https://doi.org/10.51454/jet.v3i1.119

Yusi Kamhar, M., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1356

Zabidin, D., Rahmiatin, T., & Nasrullah, R. (2021). The Implementation of Using Whatsapp and Youtube in FLTM Class: Teacher’s Perception. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 10–15. https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.28

Published

21-08-2023

Citation Check