EVALUASI PROGRAM SCHOOL FOR PRINCIPAL (SPc) SEKOLAH GURU INDONESIA (SGI)

Authors

  • Jejen Musfah uin syarif hidayatullah, Indonesia
  • Upi Rahmawati Student of Educational Management Departement, Faculty of Educational Science (FITK) Syarif Hidayatullah State Islamic University Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v8i01.308

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pelatihan School For Principal (SP            c) Sekolah Guru Indonesia (SGI) Dompet Dhuafa. SPC merupakan salah satu program SGI yang berfokus pada peningkatan kompetensi Kepala Sekolah. Program pelatihan nonformal yang berada di bawah naungan Dompet Dhuafa Coorporate University ini diadakan setiap pekan sekali selama tiga bulan.  Penelitian kualitatif ini menggunakan studi kasus pada SPC wilayah Pandeglang, Banten dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Subjek penelitian adalah kepala SGI, fasilitator dan peserta SPC Wilayah Pandeglang, Banten. Adapun, kegiatan ini diikuti oleh 28 kepala sekolah yang tersebar di 12 Kecamatan wilayah Pandeglang Banten, terdiri dari 16  Sekolah Dasar (SD) dan 11 Madrsah Ibtidaiyah (MI). Hasil penelitian menunjukkan: Pada aspek Context menunjukkan bahwa pelatihan telah sesuai dengan kebutuhan para peserta. Pada aspek input, materi pelatihan sesuai dengan kebutuhan, metode sudah relevan, tata tertib dan nilai-nilai sudah membudaya.  Pada aspek process menunjukkan adanya kesesuaian antara perencanaan dengan pelaksanaan program. Sedangkan aspek product menunjukkan bahwa hasil nilai yang diperoleh peserta adalah baik. Selain itu, dari hasil CSI   (Costumer Satisfication Index) menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap program. Dengan demikian, program ini dapat dilanjutkan untuk memperbaiki mutu Kepala Sekolah dan Kepala Madrasah.

Author Biography

Jejen Musfah, uin syarif hidayatullah

Kaprodi s2 mpi fitk uin syarif hidayatullah

lektor kepala, IV/ a

 

References

Arikunto, Suharsini. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2006.

Arikunto, Suharsimi dan Jabar, Cepi. Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. 2014.

Austrian Development Agency. Evaluation Unit. Guidelines for Project and Programme Evaluation. Vienna: Austrian Development Cooperation. 2008.

Baharuddin, Aris, dkk. Pengaruh Pelatihan, Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan. Jurnal Profit. Vol, 6. No, 2. 2012.

Baharuddin dan Umiarso. Kepemimpinan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-ruzz Media. 2012.

Chairunnisa, Connie. Manajemen Pendidikan Dalam Multi Perspektif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2016.

Fathurrohman, P. Guru Profesional. Bandung: Refika aditama. 2012.

Ginting dan Haryanti. Kepemimpinan dan Konteks Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah CIVIS. Vol. II, 2010.

Gultom, Syahwal. Kualitas Guru Indonesia Rendah. Sekolahdasar.net. 2013.

Hao, Moo Jun dan Rashad Yazdanizard. How Effective Leadership can Facilitate Change in Organization through Improvement and Innovation. Global Journal of Management and Business Research: A Administrartion and Management. Vol. 15, Issue IX Version I. 2015.

Hidayat, Nurdin. Urgensi Pendidikan dan Pelatihan Kepala sekolah dalam upaya peningkatan profesionalisme. Jurnal lentera. Vol. 2, 2012.

Hurriyati, Ratih. 2016. Kualitas Guru Kita. Pikiran Rakyat. (Diakses 15 Januari 2017).

Jossey, B. Educational Leadership. USA: John Wiley & Sons Inc. 2007.

Kamil, Mustofa. Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta. 2012.

Kartono, Kartini. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persana. 2011.

Komariah, Aan. Authentic Leadership Kepala Sekolah Dalam Menanamkan Sistem Nilai. Jurnal Ilmu Pendidikan. No 2. 2012.

Kompas. Edisi 12 Juli 2012.

Machali, Iman dan Ara Hidayat. Education Management. Jakarta: Kencana. 2016.

Musfah, Jejen. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana, 2011.

Musfah, Jejen. Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik. Jakarta: Pranadamedia Group.

Pribadi, Benny. Desain dan Pengembangan Proses Pelatihan Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pranada Media Grup. 2014.

Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumbar Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Manajemen dan Kepemimpinan Sekolah. Bahan Ajar Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Kepala Sekolah. Jakarta: Kemendikbud. 2014.

Republik Indonesia. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepla Sekolah/Madrasah. Jakarta: Mentri Pendidikan Nasional. 2017.

Robbins, S. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat, 2015.

Stufflebeam, Daniel L. The Revelevance of The CIPP Evaluation Model For Educational Accountability. Ohio: Ohio State Univ Columbus. 1971.

Stronge, James H. dkk. Kualitas Kepala Sekolah. Jakarta: PT Indeks. 2013.

Sudaryono. Pengantar Evalausi Pendidikan. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia. 2014

Suharsaputra, Uhar. Kepemimpinan Inovasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama. 2016.

Sulaefi. Pengaruh Pelatihan dan Pengembanagn Terhadap Disiplin Kerja dan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Vol. 5, No.1, 2017.

Suratno, Tatang. Konstruktivisme, Konsepsi Alternatif, dan Perubahan Konseptual dalam Pendidikan IPA. Jurnal Pendidikan Dasar. No. 10 Oktober 2008.

Tempo. Edisi Selasa 12Agustus 2008.

Tilaar, H.A.R. 10 Windu Pendidikan Nasional: Arah ke Mana. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Tulung, J. Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan di Balai Diklat Keagamaan Manado. Jurnal Acta Diurna. Vol. III, No.3, 2014.

Umammah. Pengaruh Perilaku Kepemimpinan dan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru se-Kabupaten Malang. Malang: Uin Press. 2009.

Ulfatin dan Triwiyanto. Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press. 2016.

Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Rajawali Pers. 2010.

Wang, C X Victor. Assessing and Evaluating Adult Learning in Career and technical Education. China: Zhejiang University. 2009.

Yahaya, Azizi. The Using og Model Context, Input, Process and Products (CIPP) In Learning Programs Assessment. International Conference on Callanges and Prospects in Teacher Education. Malaysia: UTM. 2001.

Žūkaitė-Jefimovienė, N. Study On Costomer Satisfaction With Facilities Management Services in Lithuania. Slovak Journal of Civil Engineering. Vol, xx, No. 4, 2012 .

Published

26-02-2019

Issue

Section

Articles

Citation Check