Meluruskan Pemahaman Bid’ah Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mata Kuliah Aswaja)

Authors

  • Hayyan Ahmad Ulul Albab Universitas Islam Lamongan, Indonesia
  • Muhammad Asrori Universitas Islam Lamongan, Indonesia
  • Mohammad Luthfillah Universitas Islam Lamongan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.3079

Keywords:

Bid’ah Hasanah, Bid’ah Dhalalah, Mata Kuliah Aswaja,

Abstract

Pemahaman bid’ah menjadi sebuah perbedaan yang harus diluruskan. Perbedaan itu terkungkung pada kata-kata sesat dan tidak sejalan dengan Nabi SAW. Padahal pemahaman yang dangkal tersebut bisa diatasi dengan cara membaca secara mendalam konsep bid’ah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman mahasiswa tentang bid’ah dan mengeksplorasi makna bid’ah yang sesuai dengan ahlussunnah wal jamaah an nahdliyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan datanya dengan Observasi, dan Wawancara. Analisis penelitiannya menggunakan lima-tahap siklus analisis data kualitatif yaitu: (1) Compiling (2) Disassembling, (3) Reassembling (and Arraying), (4) Interpreting and (5) Concluding. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Pemahaman konsep bid’ah mahasiswa secara umum telah sampai pada istilah sesuatu yang baru yang tidak ada di zaman Rasulullah SAW. Istilah tersebut tentunya ditambahkan dengan pemahaman lain tentang bid’ah hasanah dan bidah dholalah. Kedua macam bid’ah telah dipahami mahasiswa sebagai sesuatu yang baru dan tidak menyalahi syariat Islam masuk pada bid’ah hasanah, sementara itu bid’ah dholalah diartikan mereka sebagai sesuatu yang baru yang menyalahi atau bertentangan dengan syariat Islam.

References

Ali, Wan Zailan Kamaruddin Wan, and Ahmad Zuhdi Ismail. 2020. “Kisah Pemberantasan Bid’ah Di Malaysia: Kajian Atas Kitab Risalah Al-Azhari.†Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama. https://doi.org/10.15575/hanifiya.v2i2.7962.

Amin, Mohd Fauzi Mohd, Amran Abdul Halim, Abur Hamdi Usman, and Syed Najihuddin Syed Hassan. 2017. “The Understanding of Bid‘ah Concept from Hadith Perspective.†Advanced Science Letters. https://doi.org/10.1166/asl.2017.10166.

Anshari, Zaidan. 2018. “KONSEP BID’AH HASANAH (Perpspektif Maqashid Al-Syathibi Dan Ibnu ‘Asyur).†Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin. https://doi.org/10.18592/jiu.v17i1.1989.

Anwar, Mubasir. 2020. “Hadis Bid’ah Dan Polemik Interpretasi Di Masyarakat.†Jurnal Al Ghazali 3 (1): 47–65.

Arabiy, Muhammad. 2016. “Menelisik Konsep Bid’ah Dalam Perspektif Hadis.†Ilmu Ushuluddin 15 (1): 63–72.

Arifin, Siful, and Ach. Syaiful. 2019. “Urgensi Mata Kuliah Aswaja Di Perguruan Tinggi Islam.†Jurnal Kariman. https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.117.

Asy’ari, Hasyim. 1999. “Risalah Ahlussunnah Wa Al-Jama’ah.†Jombang: Pesantren Tebuireng.

Aziz, Suudin. 2019. “Optimalisasi Pendidikan Aswaja Pada Generasi Milenial Sebagai Upaya Deradikalisasi.†Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.36840/ulya.v4i1.204.

Daryono. 2017. “Berbagai Berkah Bid’ah Nyadran Dalam Budaya Islam Jawa.†Dinamika Sosial Budaya 19 (2): 209–20.

Fahamsyah, Fadlan. 2018. “Bid’ah Hasanah Dalam Prespektif Al Izz Bin Abd Al Salam Dan Ali Bin Hasan.†Jurnal Al-Fawaid 8 (2): 99–113.

Fithriyah, Mustiqowati, and M. Saiful Umam. 2018. “Internalisasi Nilai-Nilai Aswaja Dalam Pendidikan Islam Sebagai Upaya Deradikalisasi Menuju Good Citizen.†Unwaha.

Hanafi, Yusuf, Muhammad Lukman Arifianto, Muhammad Saefi, Hanik Mahliatussikah, Faris Khoirul Anam, Abd Rauf Hassan, and Muhammad Fahmi Hidayatullah. 2022. “ Sentiment Prevalence on Jihad , Caliphate, and Bid’ah among Indonesian Students: Focusing on Moderate-Radical Muslim Group Tension .†Cogent Social Sciences. https://doi.org/10.1080/23311886.2022.2054532.

Haq, Yahdi Dinul, Hafizah Muchtia, and Zia Alkausar Mukhlis. 2021. “Bid’ah in Concept of Maslahah Mursalah and Istihsan According to Imam Asy-Syathibi.†JURIS (Jurnal Ilmiah Syariah). https://doi.org/10.31958/juris.v20i2.3352.

Izaa, Yogi Prana. 2018. “Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Dan Tingkat Pemahaman Mata Kuliah Aswaja Terhadap Sikap Toleran Pada Liberalisme.†Al Tuhfah: Jurnal Keislaman 7 (1): 1–18.

Jahroni, Jajang. 2018. “Ritual, Bid’ah, and the Negotiation of the Public Sphere in Contemporary Indonesia.†Studia Islamika. https://doi.org/10.15408/sdi.v25i1.5308.

Jamal, Fauzun. 2020. “PRO-KONTRA PEMAHAMAN GERAKAN ANTI-BID’AH KELOMPOK SALAFI.†JURNAL INDO-ISLAMIKA. https://doi.org/10.15408/idi.v8i1.17538.

Khamid, Fatkhul, and Hamdan Adib. 2021. “PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PENGEMBANGAN KURIKULUM MUATAN LOKAL ASWAJA.†Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam. https://doi.org/10.51672/jbpi.v3i2.64.

Martanti, Fitria. 2020. “INTERGRATION OF ASWAJA TEACHING: CONCEPT OF STRENGTHENING CHARACTER EDUCATION IN COLLEGE.†TAWASUT. https://doi.org/10.31942/ta.v7i1.3436.

Naim, Ngainun. 2015. “PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ASWAJA SEBAGAI STRATEGI DERADIKALISASI.†Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan. https://doi.org/10.21580/ws.23.1.222.

Niam, M. Khusnun. 2020. “PERANAN MAJELIS TAKLIM ÃQO’IDUL KHOMSIN PEKALONGAN TERHADAP FENOMENA TAKFIRISME.†Al-Adyan: Journal of Religious Studies. https://doi.org/10.15548/al-adyan.v1i1.1717.

Ruslan, and Rasyidah Zainuddin. 2021. “MEMBEDAH KONSEP BID’AH.†Jurnal Al-Mubarak: Jurnal Kajian Al-Qur’an Dan Tafsir. https://doi.org/10.47435/al-mubarak.v6i1.611.

Saefudin, Ahmad, and Al Fatihah Al Fatihah. 2020. “Islamic Moderation Through Education Characters of Aswaja An-Nahdliyyah.†Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i2.594.

Siregar, Dame. 2015. “Kritik Matan Hadis-Hadis Tentang Bid’ah.†Tazkir 1 (2): 73–91.

Sugara, Robi. 2019. “REINTERPRETASI KONSEP BID’AH DAN FLEKSIBILITAS HUKUM ISLAM MENURUT HASYIM ASYARI.†Asy-Syari’ah. https://doi.org/10.15575/as.v19i1.4029.

Syuhud, Ahmad Fatih. 2019. Ahlussunnah Wal Jamaah Islam Wasathiyah Tasamuh Cinta Damai. Malang: Pustaka Al Khoirot.

Tanthawi, Ahmad. 2015. “Hadits-Hadits Bid’ah Prespektif Ulama’.†Jurnal Al Irfani 3 (1): 53–71.

Zubaidi, Mohamad Shafawi Bin Md Isa Zaiyad. 2019. “KONSEP BID’AH MENURUT IMAM NAWAWI DAN SYEKH ABDUL AZIZ BIN BAZ.†Dusturiyah: Jurnal Hukum Islam, Perundang-Undangan Dan Pranata Sosial. https://doi.org/10.22373/dusturiyah.v9i1.4757.

Published

27-02-2023

Citation Check