Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Labuhanbatu

Authors

  • Abdul Fattah Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Meyniar Albina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.3063

Keywords:

Management, Curriculum, Islamic Religious Education.

Abstract

Manajemen kajiannya menekankan pada proses mengatur, adanya kerjasama antar berbagai unsur dalam organisasi, adanya usaha memanfaatkan sumber daya yang dimi1iki organisasi dan adanya tujuan. Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Manajemen Kurikulum merupakan segenap proses usaha bersama untuk memperlancar pencapaian tujuan pengajaran dengan titik berat pada usaha, meningkatkan kualitas interaksi dalam proses pembelajaran. Manajemen kurikulum merupakan suatu yang sangat urgen dalam proses pembelajaran. Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Labuhanbatu merupakan mata pelajaran yang urgen sebagaimana perda yang telah ditetapkan. Untuk memksimalkan pembelajaran pendidikan Agama Islam tentunya sangat dibutuhkan manajemen kurikulum yang tepat. Diantara manajemen kurukulum yang diuraikan pada artikel ini adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Labuhanbatu.

References

Arifin, Zainal. 2012. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arifin, Zainal. 2012. Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam. Jogjakarta: Diva Press.

Arikunto, Suharsimi & Lia Yuliana. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Bogdan, Robert C. & Sari Knop Biklen. 1982. Qualitative Reseach for Eduication. London: Allyn & Bacon, Inc.

Bungin, M. Burhan. 2009. Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Fatah, Nanang. 2008. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Halimah, Siti. 2011. Telaah Kurikulum. Medan: Perdana Publishing.

Hasibuan, Melayu S.P. . 2007. Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Jahri, Jaja. 2013. Manjemen Madrasah Bandung: Alfabeta.

Mesiono dan Mursal Aziz. 2020. Manajemen dalam Perspektif Ayat-ayat Alquran. Medan, Perdana Publishing.

Moleong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nata, Abuddin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Strauss, Asnselm & Juliet Corbin. 2003. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif, Terj. Muhammad Shodiq dan Imam Muttaqin. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafaruddin dan Amiruddin MS. 2017. Manajemen Kurikulum. Medan: Perdana Publishing.

Syafaruddin dan Nurmawati. 2011. Pengelolaan Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Syafaruddin. 2015. Manajemen Organisasi Pendidikan: Persfektif Sains dan Islam. Medan: Perdana Publishing.

Usman, Husaini. 2006. Manajemen Teori, Praktek dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Published

31-10-2022

Citation Check