KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TAHFIDZ AL QUR’AN BERBASIS DEVELOPMENTALLY APPROPIATE PRACTICE

Authors

  • Nurul Hikmah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.3051

Keywords:

Kurikulum pendidikan, pendidikan anak usia dini, tahfidz Al-Qur’an, Bait Qur’any

Abstract

Penelitian ini membahas kurikulum pendidikan anak usia dini  tahfidz Al Qur’an berbasis developmentally appropiate practice di RA bait Qur’any. Penelitian ini bertujuan mengetahui deskripsi kurikulum pendidikan anak usia dini  tahfidz Al Qur’an  berbasis developmentally appropiate practice di RA bait Qur’any. Berdasarkan pembahasan dengan menggunakan penelitian kualitatif dari penelitian ini maka ditemukan hasil penelitian bahwa kurikulum pendidikan anak usia dini  tahfidz Al Qur’an berbasis developmentally appropiate practice di RA bait Qur’any memiliki tiga dimensi yaitu kesesuaian dengan perkembangan usia(age), kesesuaian dengan pertmbuhan individu (individual growth patterns), dan kesesuaian dengan kultur anak(cultural) dan agama.

References

Ahmad Zain Sarnoto dan Ely Budianty, Karakteristik pembelajaran Quantum Learning di lembaga pendidikan anak usia dini aá¹£-á¹£ibyÄn Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 5, No.2, Desember 2021.

Ali Nugraha, Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini ( Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional: 2005) , 79

Amstrong, Thomas(2002).Setiap Anak Cerdas Panduan Membantu Anak Belajar Dengan Memanfaatkan Multiple Intelligencenya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Arifin Imron, “Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-Ilmu Sosial dan Keagamaanâ€, (Malang: Kalimasahada, 1999), h. 84.

Arikunto, Suharsimi, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktikâ€, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006), h. 353.

Bodrova, Elen & Leong, Deborah, Tool Of The Maind: The Vygotskian approach to Early Childhood Education, ( New Jersey: Merril Prentice: 1996), 63.

Bredekamp, S.And C.Copple(eds).(1997).Developmentally Appropriate PracticeinEarly ChildHood Program(rev. Ed).Washington, DC : National Assosiation for the Education of Young Children Carol Gestwicki.(2008).Developmentally Appropiate Practice : Curriculumand DevelopmentIn Early Education. Canada : Thomson Delmar Learning Child Departement Center(tanpa tahun)DevelopmentallyAppropiatePractice (on line)http//www.tr,wou.edu/train/ededap.htm

Bredekamp, Sue, Developmentallay Appropriat Practice in early Childhood Programs Serving Children From The Birth Through Age 8, Washington: National Association for the Education of Young Children, 1992, h. 5-6.

Catron, Carol E. dan Allen, Early Childhood Curriculum A Creative-Play Model, (New Jersey: 1999.). 117

Dahliani, Anita Yus, Masganti Sitorus, Development Analysis of Ability Memorizing the Qur'an on Early Childhood in PAUD Bait Qurany Saleh Rahmany, Banda Aceh,Indonesia. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal Volume 2, No 4, November 2019, Page: 185-190

Dewey, John, Democracy and Education. ( New York:1964), 69)

Durrotul Fikriyyah Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, Tesis Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta.2021

Huzaemah Tahido Yanggo, Fiqh Anak, Metoda Islam dalam Mengasuh dan Mendidik Anak serta Hukum-Hukum yang berkaitan dengan aktivitas Anak, Jakarta: Al-Mawardi Prima: 2004, h. 208.

Khaeruddin,. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Konsep dan Implementasinya di Madrasah, Jogyakarta: Nuansa Aksara, 2007, h. 26.

Lexy J. Meleong, “Metode Penelian Kualitatifâ€, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002), h. 190.

Mathew B. Miles & A. Michael Huberman, “Qualitative Data Analysisâ€, (London: Sage Publications, 1984), h. 21.

Musthafa Bahruddin, Perkembangan Anak Usia Dini dan Implikasinya bagi Penulisan Buku Ajar, Yogyakarta: Makalah Pelatihan Penulisan Buku Ajar Bagi Dosen Program DII PGTK Se-Indonesia, 2002, h. 2.

Nata, Abuddin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam,Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 1998, h. 197.

Nenden Ineu. , Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Developmentally Appropiate Practice Untuk Menumbuhkembangkan Kecerdasan Interpersonal Dan Kecerdasan Intrapersonal, h. 2.

Nenden Ineu. , Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Developmentally Appropiate Practice Untuk Menumbuhkembangkan Kecerdasan Interpersonal Dan Kecerdasan Intrapersonal, h. 2.

Nur Afif, Pembelajaran karakter kemandirian dengan pembelajaran tahfidz Al Qur’an, Jurnal Kajian Islam Al Kamal Volume 1, Nomor 1 Mei 2021 2021

Nurul Hikmah, Born To Be Star, KOnvergensi Pendidikan dalam Al-Qr’an dan Implikasinya pada Pendidikan ANak USia Dini, Ciputat, Bait Qur’any Multimedia, 2017, h. 9.

Rani, Evaluasi Penerapan Program Tahfidz untuk Anak Usia Dini di RA Bait Qur’any (RA-BQ) At-Tafkir, Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kegurua: 2021.

Robert L. Bogdan & Sari Knoop Biklen, “Qualitative Reseach For Education an Introduction to Theory And Methodsâ€, (Boston: Allyn & Bacon, 1982), h. 2.

Sahertian, Piet A, Konsep Dasar Dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Mengembangkan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2000, h. 28.

Tadkirotun Musfiroh, Bercerita Untuk Anak Usia Dini, Panduan Bagi Guru Taman Kanak-kanak, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Pendidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, 2005, h. 1.

Ulpah Maspupah,, Pengembangan Kurikulum di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, YIN YANG. Vol. 13 No. 1 2018, h. 135

Umar Muhammad al- Thaumi al-Syaibani, Filsafat Pendidikan Islam ( Jakarta: Dirjen PT- PPLPTK Depdikbud, 1989), 12-13.

Young Children Carol Gestwicki.(2008).Developmentally Appropiate Practice : Curriculumand DevelopmentIn Early Education. Canada : Thomson Delmar Learning Child Departement Center(tanpa tahun)DevelopmentallyAppropiatePractice (on line)http//www.tr,wou.edu/train/ededap.htm

Zainal Arifin, Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012), h. 32.

Downloads

Published

10-10-2022

Citation Check