Peran Majelis Ta’lim dalam Penguatan Aqidah Masyarakat Muslim Indonesia di Los Angeles Amerika (Studi Kasus IMFO)

Authors

  • Sutisna Sutisna Ibn Khaldun University, Indonesia
  • Indriya Indriya Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Intan Dwi Wijayanti Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.2983

Keywords:

Majelis Ta’lim, Pendidikan Islam (Aqidah), IMFO, Islam di Amerika

Abstract

Amerika Serikat negara yang mayoritas penduduknya non-muslim menjadi daya tarik tersendiri bagi para tokoh cendekiawan Muslim dari berbagai dunia, untuk melakukan dakwah sekaligus pengembangan keilmuan. Salah satu cara yang dilakukan oleh Indonesia Muslim Foundation (IMFO) sebagai organisasi Muslim Indonesia di Amerika, khususnya di LA dan sekitarnya diawali dengan mendirikan Majelis Ta’lim. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kehidupan keagamaan Muslim Indonesia yang berdomisili di Los Angeles Amerika, terutama dalam kaitannya dengan peran Majelis Ta’lim sebagai penguatan Aqidah masyarakat Muslim. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode library research, dimana penelitian menggunakan berbagai literatur baik buku, catatan, maupun laporan hasil dari penelitian terdahulu dalam pengambilan datanya. Hasil penelitian yang peneliti peroleh yaitu pertama, Majelis Ta’lim sebagai lembaga pendidikan nonformal menjadi modal sosial dan kultural masyarakat Indonesia di Los Angeles dan sekitarnya. Kedua, Indonesia Muslim Foundation (IMFO) sebagai wadah menunjukkan identitas diri untuk memperjelas eksistensi Muslim Indonesia di USA. Ketiga, pengokohan tuntutan identitas keberislaman masyarakat Muslim di Los Angeles Amerika Serikat. 

Author Biographies

Sutisna Sutisna, Ibn Khaldun University

Islamic Religious Faculty, Islamic Education

Indriya Indriya, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Pendidikan Agama Islam

Intan Dwi Wijayanti, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Pendidikan Agama Islam

References

Ahmad Marzuki, Mohamad Zaidin Mohamad, R. B. (2018). Role of Majelis Ta’lim and Adaptation Muslim Minority with Tengger Local Culture. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(10), 245–253.

Dahlan, Z. (2018). KEBIJAKAN PEMERINTAH ORDE BARU TERHADAP MAJELIS TA ’ LIM (Studi terhadap Penguasa Orde Baru yang Memanfaatkan Pendidikan untuk Kepentingan Politik). Al Fatih; Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, I, 123–152. http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/download/7/7

Hafidz, M. (2020). Majlis Ta’lim: Institution for Strengthening Islamic Moderation. JNUS:Journal of Nahdlatul Ulama Studies, 1, 162–180.

Halimah, U. (2021). Peran Komunitas Moslem Youth Creative Terhadap Penguatan Aqidah Pemuda Di Desa Batang Kuis Pekan. Al-Hikmah: Jurnal Theosofi Dan Peradaban Islam, 3(1), 129.

Hasyim, F. (2018). Gerakan Filantropi Islam di Amerika. Jurnal Studi Al-Qur’an Membangun Tradisi Berfikir Qur’an, 14(1), 17.

Husin, H. (2018). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI AMERIKA SERIKAT (Lembaga Pendidikan Islam). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 1–20. https://doi.org/10.35931/am.v0i0.23

Imam Mashuri, Ahmad Izza Muttaqin, R. F. (2020). PENGUATAN AQIDAH ASWAJA DALAM RANGKA MEMBENTENGI SISWA SMAN 1 GENTENG DARI RADIKALISME. Jurnal ABDI KAMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 247.

Indriya. (2020). Konsep Tafakkur Dalam Alquran Dalam Menyikapi Coronavirus Covid-19. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 7(3), 216.

Indriya, I., Indrayanto, I., & Falah, S. (2021). TELAAH PENDIDIKAN ISLAM DI RUSIA DAN INDONESIA (Pengaruh Sejarah Pendidikan Islam di Rusia dan Indonesia Terhadap Perkembangan Islam). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 263. https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.955

Indriya Indriya, Intan Dwi Wijayanti, Arif Amirudin, Anissa Rahmawati, M. F. A. (2022). Konsep Rahmatan Lil Alamin Imam Shamsi Ali Sebagai Strategi Kepemimpinan Pendidikan dan Dakwah Kultural di Amerika. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 9(2), 439.

Iwan Ridwan, I. U. (2020). SEJARAH DAN KONTRIBUSI MAJLIS TA’LIM DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA. Jurnal Pendidikan Karakter “JAWARA†(JPKJ), 6(1), 17.

KEMENAG. (2019). Peraturan Menteri Agama RI Nomor 29 tahun 2019 Pasal 1 Tentang Majelis Ta’lim.

Mustofa, M. A. (2016). Majelis Ta’lim Sebagai Alternatif Pusat Pendidikan Islam (Studi Kasus pada Majelis Ta’lim Se Kecamatan Natar Lampung Selatan) Muhamad. Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 1(01), 1–18.

Muzakki, H. (2021). Peran Komunitas Gerakan Pemuda Masjid Medan Timur Dalam Penguatan Aqidah Masyarakat Islam Di Desa Rante Besi , Kecamatan Gunung Sitember , Kabupaten Dairi. Al Hikmah: Jurnal Theosofi Dan Peradaban Islam, 3(2), 211–224.

Ngulwiyah, I., Pendidikan, J., Sekolah, G., Universitas, D., Ageng, S., Ilmiah, W., Ilmu, J., Universitas, H., & Ageng, S. (2021). Pola asuh keluarga dalam penguatan aqidah anak. 7, 175–187.

https://imfola.org/?page_id=7

Putri, A. R., & Wiza, R. (2022). Pera nan Majelis Ta ’ lim Ainul Yaqin D alam Meningkatkan Pemahaman Agama Anggota di Kelurahan Koto Lalang Kota Padang. 6, 690–695.

Redaksi. (2021). Masjid At-Thohir Los Angeles, Masjid Kebanggaan Indonesia di Pantai Barat Bumi Amerika. Iqra. Masjid At-Thohir Los Angeles, Masjid Kebanggaan Indonesia di Pantai Barat Bumi Amerik

Rusmana, I. (2020). TELADAN TARBIYAH ILAHIYAH KELUARGA NABI IBRAHIM MENUJU ERA NEW NORMAL. Fikrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 49.

Sarwono, J. (2006). Analisis Data Penelitian menggunakan SPSS. Andi Offset.

Sugiyono. (2015). Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

VOA. (2018). Indonesian Muslim Foundation di Los Angeles. VOA. https://www.voaindonesia.com/a/indonesin-muslim-foundation-di-los-angeles/4658959.html?withmediaplayer=1

Published

24-02-2023

Citation Check