Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Melalui Platform Digital Terhadap Siswa SD/MI di Kabupaten Bireuen

Authors

  • Muhammad Rizal Universitas Almuslim, Indonesia
  • Najmuddin Najmuddin Universitas Almuslim, Indonesia
  • Muhammad Iqbal Universitas Almuslim, Indonesia
  • Zahriyanti Zahriyanti Universitas Almuslim, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.2952

Keywords:

Penanaman, Nilai-nilai Akhlak, Platform Digital, Siswa

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Penanaman Nilai-nilai Akhlak Melalui Platform Digital Terhadap Siswa SD/MI Kabupaten Bireuen. Dampak yang ditimbulkan oleh wabah Corona adalah pemberlakuan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Covid-19, telah mengakibatkan ribuan siswa di berbagai sekolah harus belajar di rumah, sehingga orang tua beranggapan bahwa pembelajaran berbasis online itu less effective, guru didorong untuk mengubah proses pembelajaran tatap muka dengan metode learning from home berbasis platform digital, seperti whatsapp grup, video conference, google classroom, google meet dan zoom meeting. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa penanaman nilai-nilai akhlak melalui platform digital belum efektif. Guru lebih mengandalkan platform WAG, video conference dan report of learning activitie dalam mengajar serta minimnya kemampuan dalam penggunaan platform digital lainnya. Siswa dan orang tua belum mampu bersinergi dan tidak konsisten dalam penanaman nilai-nilai akhlak kepada siswa. Penelitian ini menyarankan agar: (1) Guru dapat membuat panduan pembelajaran berbasis daring supaya dapat mencakup nilai-nilai akhlak dalam pembelajaran menggunakan platform digital, (2) Guru hendak meningkatkan pengembangan diri di bidang IT. (3) Orang tua tetap konsisten dalam penanaman nilai-nilai akhlak kepada siswa. 

References

Andri Anugrahana. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10 (3), 285

Buana & Dana Riksa. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7 (3)

Digdo Aji Mukti. (2020). Pembentukan Akhlak Mahmudah Perspektif Keluarga Maslahah sebagai Upaya Pencegahan Menghadapi Pandemi Covid-19. JSGA, 02 (01)

Dwi Yunianto. (2020) Ketahanan Keluarga Sebagai Basis Pendidikan di Tengah Pandemi Covid 19. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3 (1)

Eko Suhendro, (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19, GOLDEN AGE: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5 (3)

Ence Surahman, (2019) “Integrated Mobile Learning System (IMOLES) sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Pembelajar Unggul Era Digital†JINOTEP, 5(2)

Euis Kurniati. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1)

Eva P.W. Hung & Stephen W.K. Chiu. (2003). “The Lost Generation: Life Course Dynamics and Xiagang in China†Modern China, 29 (2).

Faiqotul Laili, (2021) ‘Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah’. EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(1) doi: 10.35719/educare.v2i1.48

Ferismayanti. (2020). Meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran online akibat pandemic covid-19

Gatot Margono. (2016). Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif Mewujudkan Anak yang Sehat, Cerdas, Ceria, dan Berakhlak Mulia" Bungamputi, 3 (3)

Lestari. (2012). Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana Preanada Media Group.

Mastura & Rustan Santaria. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3 (2).

Muhamad Hasbi Assidiqia dan Woro Sumarni, (2020) ‘Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19’ Proceding Universitas Negeri Semarang.

Muhammad Shaleh Assingkily. (2020), Urgensitas Pendidikan Akhlak bagi Anak Usia Dasar (Studi Era Darurat Covid 19). 62.

Oktafia Ika Handarini. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8 (3)

Purwanto, Agus. (2020) “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses

Pembelajaran Online di Sekolah Dasar.†EduPsyCouns Journal: Journal of Education, Psychology, and CounselinCg 2(1)

Rizqon Halal Syah Aji. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-I FSH UIN Syarif Hidayatullah, 7(5)

R. Hafid Hardyanto. (2016). Pengembangan dan Implementasi E-Learning Menggunakan Moodle Dan Vicon Untuk Pelajaran Pemrograman Web di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. 6 (1)

Saridudin dan Ta’rif, (2021) ‘Penguatan Pendidikan Karakter Professional-Religius Pada Jamaah Majelis Taklim Shirotol Mustaqim Semarang’, 19(3). doi: https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i3.1002

Sholeh. (2016). Pendidikan Akhlak dalam Lingkungan Keluarga Menurut Imam Ghazali.†Jurnal Al-Thariqah 1 (1)

Suhardin. et al. (2021) ‘Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Berbasis Rumah’, EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan’, 19(3). doi: https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i3.1161

Zhu, X., & Liu, J. (2020). Education in and After Covid-19 : Immediate Responses and Long-Term Visions

Published

27-02-2023

Citation Check