UPAYA PEMBINAAN AKHLAK SANTRI DI DAYAH MODERN MAQAMAM MAHMUDA TAKENGON

Authors

  • Maulida Maulida Institut Agama Islam Negeri Takengon, Indonesia
  • Abd Mukti UIN Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Yusnaili Budianti UIN Sumatera Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2901

Keywords:

upaya pembinaan akhlak, santri, dayah modern maqamam mahmuda takengon

Abstract

Fenomena kemerosotan akhlak telah terjadi semakin meluas dalam semua aspek kehidupan, baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat, tidak hanya terjadi di kota besar, tetapi sudah merambah ke daerah pedesaan. Kemerosotan akhlak biasanya dapat diperbaiki, dan ditanggulangi melalui proses pendidikan di lembaga pendidikan Islam yang bagus, salah satunya dayah yang dapat membina akhlak santri secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengeksplorasi upaya-upaya pembinaan akhlak santri di Dayah Modern Maqamam Mahmuda Takengon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa upaya-upaya guru dan tengku dalam membina akhlak santri di Dayah Modern Maqamam Mahmuda Takengon yakni mengalokasikan waktu kegiatan santri selama 24 jam penuh, melaksanakan shalat wajib berjamaah, shalat sunnah, berzikir, membaca hadis-hadis setiap selesai shalat Ashar, tadarrus dan menghafal Alquran, belajar malam terbimbing, gotong royong, menyediakan panduan tata tertib santri, menjadikan teungku guru sebagai teladan, melaksanakan kedisiplinan, pembiasaan, hukuman (mahkamah), kerjasama dengan orang tua, membimbing santri yang bermasalah dan berprestasi, berziarah, mengadakan rihlah, mengundang pemateri dari luar dayah, melaksanakan prosesi adat i serahen ku teungku guru (diserahkan ke teungku guru), tingok sino (menjenguk santri), dan berkunjung ke Lembaga Permasyarakatan.

References

Ahmad bin Muhammad bin Hanbal. (2001). Musnad al-Imam Ahmad ibn Hanbal tahqiq Syuaib al-Arnaut (XIV). Mussasah ar-Risalah.

Al-Ghazali, M. (n.d.). Ihya’ Ulim al-Din, Juz III. Dar al-Nadwah al-Jadidah.

Al-Rasyidin. (2017). Falsafah Pendidikan Islam: Membangun Kerangka Ontologi, Epistomologi, dan Aksiologi Praktik Pendidikan Islami (5th ed.). Citapustaka Media Perintis.

Amin, A. (1988). Etika (Ilmu Akhlak), terj. Farid Ma’ruf (V). Bulan Bintang.

Anwar, Saiful & Salim, A. (2018). Pendidikan Islam dalam Membangun Karakter Bangsa di Era Milenial. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9, 233.

Asari, H. (2019). Sejarah Pendidikan Islam: Membangun Relevansi Masa Lalu dengan Masa Kini dan Masa Depan (2nd ed.). Perdana Publishing.

Daulay, P. H. (2016). Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia (1st ed.). Perdana Publishing.

Gunawan, H. (2014). Pendidikan Islam: Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh. Remaja Rosdakarya.

Hasanah, E. A., Muhyani, & Nawawi, H. K. (2018). Hubungan Model Pembinaan Akhlak Dengan Akhlak Santri Di Pesantren Kecamatan Caringin Bogor. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 11–22.

Ilyas, Y. (2020). Kuliah Akhlaq (1st ed.). Penerbit Suara Muhammadiyah.

Jai, A. J., Rochman, C., & Nurmila, N. (2020). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Siswa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 257–264. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.4781

Kementrian Agama RI. (2015). Al-Qur’anul Karim (An-Nur): Al-Qur’an Perkata Tajwid Angka Arab, Tajwid Warna, Transliterasi Latin, Terjemah Perkata. Maktabah Al-Fatih.

Lubis, A. S. (2017). Konseling Islami dalam Komunitas Pesantren. Perdana Publishing.

Majid, A. & A. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Ed. Anang Solihin Wardan (3rd ed.). Remaja Rosdakarya.

Miskawaih, I. (1994). Menuju Kesempurnaan Akhlak: Buku Daras Pertama tentang Filsafat Etika, terj. Helmi Hidayat (1st ed.). MIZAN.

Mukti, A. (2016). Paradigma Pendidikan Islam: Dalam Teori dan Praktek Sejak Periode Klasik Hingga Modern (1st ed.). Perdana Publishing.

Nahar, S. (2017). Standar Kompetensi Kepribadian Guru: Kajian Berbasis Data Penelitian Lapangan, Ed. Abdi Mubarak Syam (1st ed.). Atap Buku.

Nahar, S. & S. (2020). Gugusan Ide-Ide Pendidikan Islam KH Hasyim Asy’ari (1st ed.). Penerbit Adab, Adanu Abimata.

Nata, A. (2019). Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia (1st ed.). Prenadamedia Group.

Purwaningsih, E. (2010). Keluarga Dalam Mewujudkan Pendidikan Nilai Sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Nilai Moral. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 1, 1.

Qanun Aceh Nomor 9 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Dayah. (2018).

Rosidin. (2019). Ilmu Pendidikan Islam: Berbasis Maqasyid Syariah dengan Pendekatan Tafsir Tarbawi (1st ed.). Rajawali Pers, Rajagrafindo Persada.

Sahlan, A. (2006). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam (Kajian Penerapan Pendidikan Karakter di Lembaga Pendidikan Islam). منشورات جامعة دمشق, 1999(December), 1–6.

Sriyatun. (2020). STRATEGI PEMBINAAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN Social Humaniora. Jurnal Tambora, 4(2), 91–98.

Sulistyowati, E. (2012). Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Citra Aji Parama.

Syaepul Manan. (2017). Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, XV(2), 1.

Syafe’i, I. (2014). Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter di Perguruan Tinggi: Disertasi Buku Panduan Praktikum Pengamalan Ibadah, Eka Kurniawati (2nd ed.). Raja Grafindo Persada.

W.J.S. Poerdarminta. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia (3rd ed.). Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Published

25-02-2022

Citation Check