PERAN PONDOK PESANTREN MODERN DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ARAB

Authors

  • Bambang irawan Universitas Islam Negeri Kiai haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia
  • Nurdin Nurdin Universitas Mulawarman Banjarmasin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.2899

Keywords:

peran, modern, mengembangkan, Bahasa Arab

Abstract

Pondok pesantren modern merupakan pondok yang mengembangkan dan menggunakan Bahasa Arab sebagai basis pembelajarannya. Kategori pesantren yang dari berbagai perspektifnya baik kurikulum dan sistem pendidikannya menjadikan pesantren sebagai pusat pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini membahas peran pondok Pesantren Modern dalam mengembangkan dan menerapkan Bahasa Arab. Pesantren yang merupakan pendidikan indigenous sangat memungkinkan diterapkan dan mengembangkan bahasa. Hal ini, dikarenakan santri selama 24 jam berada di dalam pondok. iMetode iyang idigunakan adalah imetode ikualitatif ilapangan. iTeknik ipengumpulan idata iini iialah iwawancara dengan idata iyang isebelumnya isudah idipersiapkan, iobsevasi idan idokumentasi juga menggunakan metode kepustakaan dengan berdasar pada penelaahan kritis dan bahan pustaka yang relevan. Dari penelitian ini menghasilkan bahwa tujuan pondok Pesantren Ar-Rahmah Putri adalah mengembangkan kemampuan kmunikatif berbahasa Arab dan supaya peserta didik dapat menggunakan bahasa Arab secara baik dan benar dalam berbagai interaksi komunikatif yang dilakukan baik di lingkungan formal maupun informal.

References

Gusta Tahir. (2012). Peranan Bahasa Arab Dalam Pengembangan Peradaban Islam.

Muhbib Abdul Wahab. (2014). Peran Bahasa Arab Dalam Pengembangan Ilmu Dan Peradaban Islam. Arabiyât: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 1(1).

Adit Tiawaldi. (2017). Perkembangan Bahasa Arab modern dalam Perspektif Sintaksis Semantik: Studi Kasus Majalah Aljazeera. Tangerang Selatan: Cinta Buku Media.

Abd Wahab Rosyidi dan Mamlu’atul Ni’mah. (2011). Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. UIN-Maliki Press.

Abi Al-FidÄ IsmaÄ«l ibn Katsir Ad-Dimasyqy. (774 H.). Tafsir Al-QurÄni Al-AzhÄ«m. Al-Qahirah Mesir: Al-Maktabatu At-Taufiqiyah.

Gatot Krisdiyanto, dkk. (2019). Sistem Pendidikan Pesantren Dan Tantangan Modernitas. Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(01).

Hafid Hardoyo. (1429). Kurikulum Tersembunyi Pondok Modern Darussalam Gontor. At-Ta’dib, 4(2).

Moh. Tohiri Habib. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Di Pesantren Tradisional; Kurikulum, Tujuan, Bahan Ajar Dan Metode. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1).

Batmang. (2014). Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Modern. Shautut Tarbiyah IAIN Kediri, 20(1).

Published

21-08-2023

Citation Check