Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam

Authors

  • Erick Yusuf Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Abuddin Nata Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.2868

Keywords:

Evaluasi, Pengembangan, Kurtikulum, Pendidikan Islam

Abstract

Pendidikan Islam berlandaskan unsur-unsur nilai yang terkandung dalam ajaran Islam. Dimana salah satu tujuannya untuk mendidik manusia menjadi muslim yang haqiqi dengan iman yang benar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pustaka (library research), yakni penelitian yang obyek kajiannya menggunakan data pustaka berupa buku-buku sebagai sumber datanya. Penelitian ini dimaksudkan untuk memahami betapa pentingnya evaluasi dan pengembangan kurikulum pendidikan Islam. Juga membahas menyangkut evaluasi dan pengembangan kurikulum pendidikan Islam itu sendiri, dari mulai pengertian, tujuan, dan manfaatnya. Dari penelitian ini menghasilkan, bahwa evaluasi pendidikan Islam sangat erat kaitannya dengan apa yang telah difirmankan dalam Al-Qur’an, dimana evaluasi dalam pendidikan Islam berkaitan dengan keilmuan dan perilaku keagamaan. Kemudian kurikulum pendidikan Islam harus dikembangkan untuk mencapai keberhasilan peserta didik tidak dalam ranah kognitif semata

References

Al‘Askariy, A. H. (n.d.). Al Furuq al Lughawiyah. Daar al ‘Ilm wa ats Tsaqafah.

Ardy. (2013). Jenis-Jenis Evaluasi. Http://Plano-11.Blogspot.Com/2013/09/Pengertian-Teori-Evaluasi-Dalam.Html.

Arief, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam cet. ke-2. Ciputat Press.

Arifin. (2009a). Ilmu Pendidikan Islam, Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Bumi Aksara.

Arifin, Z. (2009b). Evaluasi Pembelajaran,. Dirjen Pendidikan Islam, Depag RI.

Ath-Thobari, A. J. (1420). Jami’ul Bayan fi Ta’wil al Qur’an. Muassasatu ar Risalah.

Az-Zuhailiy. Wahbah bin Musthofa. (1418). at Tafsir al Munir fil Aqidati wasy Syari’ati wal Manhaj,. Daar al Fikr al Muashir.

AzZubaidy, M. (n.d.). Taaj al Arus min Jawahir al Qamus.

Budiyono, W. &. (2014). Pengembangan Model Evaluasi Penyelenggaraan Sekolah Islam Terpadu. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(2), 246–260.

Creative, T. (2021). Tujuan dan Ruang Lingkup Pengembangan Kurikulum. Https://Metode.Id/2021/06/17/4439/.

Depdiknas. (2005). Departeman Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ke-3,. Balai Pustaka.

Edy Sutrisno. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana.

Faris, I. (1406). Mujmal al Lughah li Ibni Faris. Muassasatu ar Risalah.

Ghazali, D. (2009). Teori Dan Model Pengajaran Pendidikan Islam. Masalah Pendidikan, 32, 113-.

Hamalik, O. (2014). Psikologi Belajar dan Mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Ismanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2).

Kesmas. (2016). Pengertian, Ruang Lingkup dan Tujuan Evaluasi. Http://Www.Indonesian-Publichealth.Com/Evaluasi-Kegiatan/#:~:Text=Ruang%20lingkup%20evaluasi%20dibedakan%20atas,Ditetapkan%20atau%20tidak%2C%20c)%20evaluasi.

Langgulung, H. (1998). Asas-asas Pendidikan Islam. Radar Jaya Offset.

Lativi. (2018). Teori Pengembangan Kurikulum. Https://Www.Paklativi.Com/2018/01/Teori-Pengembangan-Kurikulum.Html.

Mantra. (1997). Monitoring dan Evaluasi. Penyuluhan Kesehatan Masyarakat.

Mardapi, D. (2009). Evaluasi Penerapan Ujian Akhir Sekolah Dasar Berbasis Standar Nasional. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 13(2).

Muhadjir, N. (1981). Pengembangan Kurikulum. Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.

Muzakkir, A. M. dan J. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Prenada Media Group.

Nara, E. S. dan H. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Galia Indonesia.

Nasron. (2015). Pola Pengembangan dan Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Nuansa, VIII(2), 195–205.

Nasution. (1993). Pengembangan Kurikulum. PT. Cintra Aditya Bakti.

Nata, A. (2005). Filsafat Pendidikan Islam. Gaya Media Pratama.

Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Kencana Prenada Media Group.

Purwanto, M. N. (2009). Prinsip-Prinsip Evaluasi Pengajaran. PT. Remaja Rosdakarya.

Raghib, A.-A. (1412). al-Mufradat fi Gharib al Qur’an. Daar a Qalam.

Ramayulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam,. Kalam Mulia.

RI, D. A. (2010). Al-Quran dan Terjemahnya. Proyek Depag RI.

Saebani, A. dan B. A. (2012). Metode penelitian Kualitatif. CV. Pustaka Setia.

Saifulloh, A., & S. I. (2017). Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus di SMPN 2. Jurnal Educan, 1(1), 61–73.

Sari, L. M. (2018). Evaluasi Dalam Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 211–231.

Sawaluddin. (2018). Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Jurnal Al-Thariqah, 3(1), 39–53.

Sax. (1980). Principles of Educational and Psychological Measurementand Evaluation. Belmont California: Wads Worth Pub. Co.

Sudijono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT. Raja Grafindo.

Sukmadinata, N. S. (1997). Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktik. PT. Remaja Rosdakarya.

Surakarta, I. (2018). E v a l u a s i P r og r a m P e m b el a j a r a n d i PA U D I n k l u s i d e n ga n M o d e l C on t ex t , In p ut , Pr ocess , a n d Pr od u ct ( C IP P ). V(2), 179–194. https://doi.org/10.14421/ijds.050202

Tyler, R. (1949). Basic Principles of Curriculum and Instruction,. Univ Of’ Chicago Press.

Published

27-02-2023

Citation Check