Isu dan Masalah dalam Analisis Evaluasi dan Pengembangan Kebijakan Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Ade Salamun STID Mohammad Natsir, Indonesia
  • Sofyan Sauri Universitas Ibn Khaldun, Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.2859

Keywords:

Isu, Masalah, Pengembangan Kebijakan, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tujuan Pendidikan Agama Islam dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter masih belum sepenuhnya dapat tercapai. Rumusan masalah dalam artikel ini adalah bagaimana analisis evaluasi dan pengembangan kebijakan Pendidikan Agama Islam saat ini? Untuk itu, tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai isu dan masalah dalam analisis evaluasi dan pengembangan kebijakan Pendidikan Agama Islam. Artikel ini dibuat dengan menggunakan metode literatur dengan pendekatan deskriptif-analitis dan sumber data berupa buku, jurnal-jurnal ilmiah, dan laporan ataupun dokumen pemerintah. Hasil pengkajian menunjukkan bahwa terdapat isu tentang dikotomi dan diskriminatif pesantren. Padahal dengan adanya integrasi antara pendidikan keagamaan dan pendidikan umum dan dengan mengembangkan pesantren maka proses internalisasi nilai-nilai karakter terutama nilai-nilai karakter Islami akan lebih mudah dilakukan. Selain isu, terdapat pula masalah mengenai kebijakan Pendidikan Agama Islam, seperti kurang solidnya koordinasi antara Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan, modernisasi Pendidikan Agama Islam, dan masalah lainnya. Masalah-masalah kebijakan tersebut dapat diatasi jika para pemangku kepentingan bisa saling bersinergi untuk mewujudkan pendidikan yang menyeluruh.

References

Alawiyah, F. (2012). Kebijakan dan Pengembangan Pembangunan Karakter Melalui Pendidikan di Indonesia. Aspirasi, 3(1): 87–101. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/259

Andrianto, D. (2018). Manajemen Evaluasi Pendidikan Agama Islam (Kajian Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi). Dewantara: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan, 5(1): 118–134. https://ejournal.iqrometro.co.id/index.php/pendidikan/article/view/manajemen-evaluasi-pendidikan-agama-islam-%28-kajian-ontologi%2C-epistimologi%2C-dan-aksiologi-%29

Arwildayanto, A., Suking, A., & Sumar, W. T. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan Kajian Teoretis, Eksploratif, dan Aplikatif (E. Kuswandi (ed.); 1 ed.). CV Cendekia Press. https://en.id1lib.org/book/7217027/366757

Badrudin, B., Purwanto, Y., & Siregar, C. N. (2017). Pesantren dalam Kebijakan Pendidikan Indonesia. Jurnal Lektur Keagamaan, 15(1): 233–272. https://jlka.kemenag.go.id/index.php/lektur/article/view/522

Darlis, A. (2018). Analisis Terhadap Kebijakan Pemerintah Tentang Pendidikan Agama Dan Keagamaan (Melacak Dampaknya Terhadap Pendidikan Islam). Jurnal Tarbiyah, 25(2): 21–40. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/tar.v25i2.320

Erfandi, E. (2020). Konstitusionalitas Pesantren Paska Disahkannya UU 18 Tahun 2019. AL WASATH: Jurnal Ilmu Hukum, 1(2): 89–98. https://doi.org/https://doi.org/10.47776/alwasath.v1i2.59

Fazlurrahman, M. (2018). Modernisasi Pendidikan Islam: Gagasan Alternatif Fazlur Rahman. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1): 73–89. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/634

Halid, A. (2018). Isu dan Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Masa Reformasi. AL-ASHR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2): 124–141. http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/874

Heriyudanta, M. (2016). Modernisasi Lembaga Pendidikan Pesantren Perspektif Azyumardi Azra. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(1): 145–172. https://doi.org/https://doi.org/10.18326/mdr.v8i1.145-172

Hidayati, N. (2018). Pergeseran Kebijakan Pendidikan Islam. Ta’dib: Jurnal Penidikan Islam dan Isu-isu Sosial, 16(2): 20–41. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tadib/article/view/194

Ichsan, A. S., Sembiring, I. D., & Luthfiah, N. (2020). Pendidikan Islam Menghadapi Tradisi, Transisi, dan Modernisasi. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1): 107–123. https://doi.org/https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.11

Idrus, M. (2014). Evaluasi Kebijakan Pemerintah dalam Penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam. el-Tarbawi, 7(1): 69–75. https://doi.org/https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol7.iss1.art7

Ismail, S., Saepulmillah, A., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2020). Analisis Kritik terhadap Pelaksanaan Pembelajaran PAI di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2): 170–188. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi/article/view/5901

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2015). Rencana Strategis Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Tahun 2015 – 2019. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/Renstra_Pendis_2015_2019.pdf

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2020a). Rencana Strategis Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Tahun 2020 - 2024. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. https://pendis.kemenag.go.id/storage/archives/RenstraDitjenPendis20202024.pdf

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2020b). Rencana Strategis Kementerian Agama Tahun 2020 - 2024. Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI. https://cms.kemenag.go.id/storage/flm/files/shares/files/RENSTRA KEMENAG 2020-2024 Ok.pdf

Khoiri, M. (2020). Pengembangan Pendidikan Agama Berbasis Budaya Sekolah dalam Mengatasi Problematika Pendidikan Agama. Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1): 39–50. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/tarlim.v3i1.2869

Kurniawan, J. (2018). Model-Model Pembaharuan Pendidikan Islam. MUQADDIMAH: Jurnal Studi Islam, 14(3): 21–41. https://jurnal.uic.ac.id/index.php/muqaddimah/article/view/2

Maarif, S. (2021). Menuju Pendidikan Islam Transformatif (Refleksi dan Proyeksi Arah Pendidikan Islam). Opini. https://kemenag.go.id/read/menuju-pendidikan-islam-transformatif-refleksi-dan-proyeksi-arah-pendidikan-islam-v3v5n

Maimunah, M., & Rosadi, K. I. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Sistem Manajemen Lembaga Pendidikan Islam dalam Kebijakan Politik Pendidikan Islam di Indonesia. JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1): 249–265. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/446

Majid, M. A. (2015). Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Filsafat: Antara Cita Dan Fakta. Empirisma: Jurnal Pemikiran dan Kebudayaan Islam, 24(2), 143–154. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/empirisma.v24i2.15

Makki, M. (2019). Epistemologi Pendidikan Islam: Memutus Dominasi Barat terhadap Pendidikan Islam. Al-Musannif, 1(2): 110–124. https://doi.org/https://doi.org/10.56324/al-musannif.v1i2.26

Nasution, H. S. (2018). Modernisasi Perguruan Tinggi Islam. Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(1): 132–156. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/almufida/article/view/97

Nurfarhanah, N. (2018). Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi dalam Pendidikan Islam. ResearchGate, November, 1–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.13140/RG.2.2.15040.17927

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Islam. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/130849/peraturan-menag-no-13-tahun-2014

Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama Dan Pendidikan Keagamaan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/4777/pp-no-55-tahun-2007

Rahayu, F. (2019). Substansi Evaluasi Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2): 103–121. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/alishlah.v17i2.1000

Ratnawati, S. R. (2018). Ijtihad dan Modernisasi Pendidikan Islam Muhammad Abduh. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam2, 3(2): 1–20. https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/52

Rosyidi, M. H. (2019). Analisis Kebijakan Pendidikan Perspektif Islam dalam Meningkatkan Profesionalisme Kepala Sekolah. MUDIR: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1): 1–11. https://ejournal.insud.ac.id/index.php/MPI/article/view/23

Rubini, R. (2019). Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Akhlak di Era Revolusi Industri 4.0. In A. Rahamn (Ed.), Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0 (1 ed.). Komojoyo Press. https://osf.io/8xwp6/download

Salam, R. (2021). Pendidikan di Pesantren dan Madrasah. IQRA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1): 1–9. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/iqra/article/view/5712

Senjaya, F. (2020). Modernisasi Beragama: Peran Guru, Kepala Madrasah dan Pengawas. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 1(2): 121–133. https://www.jurnalmadaris.org/index.php/md/article/view/195

Setiawan, F., Hutami, A. S., Riyadi, D. S., Arista, V. A., & Al Dani, Y. H. (2021). Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Mudarris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 4(1): 1–22. https://doi.org/https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.2809

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suradi, A. (2018). Konsepsi Pendidikan Agama Islam dalam Menyikapi Modernitas. DirÄsÄt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 4(1): 57–70. https://mail.journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/1197

Tolchah, H. M. (2020). Problematika Pendidikan Agama Islam dan Solusinya. Kanzum Books. http://repository.uinsby.ac.id/id/eprint/19/1/Moch Tolchah_Problematika PAI dan Solusinya.pdf

Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39063/uu-no-12-tahun-2012

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003). https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/read/6

Walid, C. (2017). Pendidikan Islam: Kebijakan Pemerintah Perspektif Historis. In A. Haris (Ed.), Politik Pendidikan Islam (1 ed., hal. 1–14). IMTIYAZ. http://repository.um-surabaya.ac.id/4466/1/Buku_Politik_Pendidikan_Islam.pdf

Yulia, H. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Narakter melalui Pendidikan. Seminar Nasioanl “Pembangunan Karakter Melalui Pendidikan dan Pembelajaran,†157–164. https://journal.unbara.ac.id/index.php/prosiding/article/view/70

Yumnah, S. (2019). Pemikiran Fazlur Rahman tentang Modernisasi Pendidikan Islam. JIE: Journal of Islamic Education, 4(1: 16–34. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/jie.v4i1.109

Zaini, A. (2021). UU Pesantren No 18 Tahun 2019: Kekuatan, Kelemahan, Peluang, Ancaman Bagi Pesantren dan Lembaga Pendidikan Keagamaan di Kabupaten Tuban. Tadris: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 15(2): 64–77. https://ejournal.iainutuban.ac.id/index.php/tadris/article/view/182

Published

24-02-2023

Citation Check