Isu dan Masalah dalam Analisis Evaluasi dan Pengembangan Kebijakan Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.2859Keywords:
Isu, Masalah, Pengembangan Kebijakan, Pendidikan Agama IslamAbstract
References
Alawiyah, F. (2012). Kebijakan dan Pengembangan Pembangunan Karakter Melalui Pendidikan di Indonesia. Aspirasi, 3(1): 87–101. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/259
Andrianto, D. (2018). Manajemen Evaluasi Pendidikan Agama Islam (Kajian Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi). Dewantara: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan, 5(1): 118–134. https://ejournal.iqrometro.co.id/index.php/pendidikan/article/view/manajemen-evaluasi-pendidikan-agama-islam-%28-kajian-ontologi%2C-epistimologi%2C-dan-aksiologi-%29
Arwildayanto, A., Suking, A., & Sumar, W. T. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan Kajian Teoretis, Eksploratif, dan Aplikatif (E. Kuswandi (ed.); 1 ed.). CV Cendekia Press. https://en.id1lib.org/book/7217027/366757
Badrudin, B., Purwanto, Y., & Siregar, C. N. (2017). Pesantren dalam Kebijakan Pendidikan Indonesia. Jurnal Lektur Keagamaan, 15(1): 233–272. https://jlka.kemenag.go.id/index.php/lektur/article/view/522
Darlis, A. (2018). Analisis Terhadap Kebijakan Pemerintah Tentang Pendidikan Agama Dan Keagamaan (Melacak Dampaknya Terhadap Pendidikan Islam). Jurnal Tarbiyah, 25(2): 21–40. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/tar.v25i2.320
Erfandi, E. (2020). Konstitusionalitas Pesantren Paska Disahkannya UU 18 Tahun 2019. AL WASATH: Jurnal Ilmu Hukum, 1(2): 89–98. https://doi.org/https://doi.org/10.47776/alwasath.v1i2.59
Fazlurrahman, M. (2018). Modernisasi Pendidikan Islam: Gagasan Alternatif Fazlur Rahman. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1): 73–89. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/634
Halid, A. (2018). Isu dan Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Masa Reformasi. AL-ASHR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2): 124–141. http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/874
Heriyudanta, M. (2016). Modernisasi Lembaga Pendidikan Pesantren Perspektif Azyumardi Azra. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(1): 145–172. https://doi.org/https://doi.org/10.18326/mdr.v8i1.145-172
Hidayati, N. (2018). Pergeseran Kebijakan Pendidikan Islam. Ta’dib: Jurnal Penidikan Islam dan Isu-isu Sosial, 16(2): 20–41. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tadib/article/view/194
Ichsan, A. S., Sembiring, I. D., & Luthfiah, N. (2020). Pendidikan Islam Menghadapi Tradisi, Transisi, dan Modernisasi. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1): 107–123. https://doi.org/https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.11
Idrus, M. (2014). Evaluasi Kebijakan Pemerintah dalam Penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam. el-Tarbawi, 7(1): 69–75. https://doi.org/https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol7.iss1.art7
Ismail, S., Saepulmillah, A., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2020). Analisis Kritik terhadap Pelaksanaan Pembelajaran PAI di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2): 170–188. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi/article/view/5901
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2015). Rencana Strategis Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Tahun 2015 – 2019. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/Renstra_Pendis_2015_2019.pdf
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2020a). Rencana Strategis Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Tahun 2020 - 2024. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. https://pendis.kemenag.go.id/storage/archives/RenstraDitjenPendis20202024.pdf
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2020b). Rencana Strategis Kementerian Agama Tahun 2020 - 2024. Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI. https://cms.kemenag.go.id/storage/flm/files/shares/files/RENSTRA KEMENAG 2020-2024 Ok.pdf
Khoiri, M. (2020). Pengembangan Pendidikan Agama Berbasis Budaya Sekolah dalam Mengatasi Problematika Pendidikan Agama. Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1): 39–50. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/tarlim.v3i1.2869
Kurniawan, J. (2018). Model-Model Pembaharuan Pendidikan Islam. MUQADDIMAH: Jurnal Studi Islam, 14(3): 21–41. https://jurnal.uic.ac.id/index.php/muqaddimah/article/view/2
Maarif, S. (2021). Menuju Pendidikan Islam Transformatif (Refleksi dan Proyeksi Arah Pendidikan Islam). Opini. https://kemenag.go.id/read/menuju-pendidikan-islam-transformatif-refleksi-dan-proyeksi-arah-pendidikan-islam-v3v5n
Maimunah, M., & Rosadi, K. I. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Sistem Manajemen Lembaga Pendidikan Islam dalam Kebijakan Politik Pendidikan Islam di Indonesia. JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1): 249–265. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/446
Majid, M. A. (2015). Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Filsafat: Antara Cita Dan Fakta. Empirisma: Jurnal Pemikiran dan Kebudayaan Islam, 24(2), 143–154. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/empirisma.v24i2.15
Makki, M. (2019). Epistemologi Pendidikan Islam: Memutus Dominasi Barat terhadap Pendidikan Islam. Al-Musannif, 1(2): 110–124. https://doi.org/https://doi.org/10.56324/al-musannif.v1i2.26
Nasution, H. S. (2018). Modernisasi Perguruan Tinggi Islam. Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(1): 132–156. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/almufida/article/view/97
Nurfarhanah, N. (2018). Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi dalam Pendidikan Islam. ResearchGate, November, 1–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.13140/RG.2.2.15040.17927
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Islam. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/130849/peraturan-menag-no-13-tahun-2014
Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama Dan Pendidikan Keagamaan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/4777/pp-no-55-tahun-2007
Rahayu, F. (2019). Substansi Evaluasi Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2): 103–121. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/alishlah.v17i2.1000
Ratnawati, S. R. (2018). Ijtihad dan Modernisasi Pendidikan Islam Muhammad Abduh. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam2, 3(2): 1–20. https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/52
Rosyidi, M. H. (2019). Analisis Kebijakan Pendidikan Perspektif Islam dalam Meningkatkan Profesionalisme Kepala Sekolah. MUDIR: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1): 1–11. https://ejournal.insud.ac.id/index.php/MPI/article/view/23
Rubini, R. (2019). Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Akhlak di Era Revolusi Industri 4.0. In A. Rahamn (Ed.), Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0 (1 ed.). Komojoyo Press. https://osf.io/8xwp6/download
Salam, R. (2021). Pendidikan di Pesantren dan Madrasah. IQRA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1): 1–9. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/iqra/article/view/5712
Senjaya, F. (2020). Modernisasi Beragama: Peran Guru, Kepala Madrasah dan Pengawas. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 1(2): 121–133. https://www.jurnalmadaris.org/index.php/md/article/view/195
Setiawan, F., Hutami, A. S., Riyadi, D. S., Arista, V. A., & Al Dani, Y. H. (2021). Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Mudarris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 4(1): 1–22. https://doi.org/https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.2809
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suradi, A. (2018). Konsepsi Pendidikan Agama Islam dalam Menyikapi Modernitas. DirÄsÄt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 4(1): 57–70. https://mail.journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/1197
Tolchah, H. M. (2020). Problematika Pendidikan Agama Islam dan Solusinya. Kanzum Books. http://repository.uinsby.ac.id/id/eprint/19/1/Moch Tolchah_Problematika PAI dan Solusinya.pdf
Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39063/uu-no-12-tahun-2012
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003). https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/read/6
Walid, C. (2017). Pendidikan Islam: Kebijakan Pemerintah Perspektif Historis. In A. Haris (Ed.), Politik Pendidikan Islam (1 ed., hal. 1–14). IMTIYAZ. http://repository.um-surabaya.ac.id/4466/1/Buku_Politik_Pendidikan_Islam.pdf
Yulia, H. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Narakter melalui Pendidikan. Seminar Nasioanl “Pembangunan Karakter Melalui Pendidikan dan Pembelajaran,†157–164. https://journal.unbara.ac.id/index.php/prosiding/article/view/70
Yumnah, S. (2019). Pemikiran Fazlur Rahman tentang Modernisasi Pendidikan Islam. JIE: Journal of Islamic Education, 4(1: 16–34. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/jie.v4i1.109
Zaini, A. (2021). UU Pesantren No 18 Tahun 2019: Kekuatan, Kelemahan, Peluang, Ancaman Bagi Pesantren dan Lembaga Pendidikan Keagamaan di Kabupaten Tuban. Tadris: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 15(2): 64–77. https://ejournal.iainutuban.ac.id/index.php/tadris/article/view/182
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).