TRANSFORMASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH PADA ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Rhindra Puspitasari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dasim Budimansyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sapriya Sapriya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rahmat Rahmat Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2796

Keywords:

Transformasi, Pendidikan Karakter, Era Society 5.0

Abstract

Penelitian ini tergolong penelitian pustaka library research. Ada empat alasan yang melatarbelakangi penelitian tentang konstruksi pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah pada era distrubsi ini urgen untuk dilakukan, pertama, seharusnya pendidikan karakter yang berlangsung saat ini mampu menurunkan kasus dekandensi moral anak bangsa, namun kenyataannya angka kasus dekandensi moral semakin meningkat. Kedua, diperlukan sebuah konstruksi pendidikan karakter yang ideal untuk bisa dijadikan sebagai model pengembangan pendidikan karakter. Ketiga, Madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang cukup ideal dijadikan sebagai contoh pengembangan pendidikan karakter. Keempat, belum adanya penelitian sejenis tentang konstruksi pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah pada era distrubsi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa model pendidikan karakter di madrasah ibtidaiyah memiliki distingsi atau kekhasan yang tidak dimiliki lembaga pendidikan formal sejenis lainnya. Sebagai rekomendasi, penelitian ini mendorong model pendidikan karakter di madrasah untuk senantiasa direkonstruksi secara lebih massif sehingga bisa dijadikan rujukan dalam pengembangan model pendidikan karakter di lembaga lain yang sejenis.

References

Ali, A. M. (2018). Pendidikan Karakter: Konsep dan implementasinya. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=fT3NDwAAQBAJ

Efendi, A. (2008). Peran Strategis Lembaga Pendidikan Berbasis Islam di Indonesia. el-Tarbawi, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol1.iss1.art1

Fadli, M. R. (2021). Implementation of Sociocultural Based Character Education in Senior High School. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 134–145. https://doi.org/10.21831/jpka.v12i2.41957

Fitriani, F. (2019). Persiapan Total Quality Management (Tqm). Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 908–919. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.426

Haedari, M. A., & Saha, M. I. (2004). Panorama pesantren dalam cakrawala modern. Diva Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=k7fJPAAACAAJ

Iswanto, A. (2013). Pendidikan karakter di madrasah ibtidaiyah unggulan. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama, Kementerian Agama. https://books.google.co.id/books?id=%5C_WAUogEACAAJ

Kholish, A., Hidayatullah, S., & Nashihin, H. (2020). Character Education of Elderly Students Based on Pasan Tradition at Sepuh Islamic Boarding Shool Magelang. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 3(1), 48. https://doi.org/10.31764/ijeca.v3i1.2061

M. Mahbubi. (2012). Pendidikan Karakter. In Pendidikan karakter: implementasi aswaja sebagai nilai pendidikan karakter. Agrapana Media. https://books.google.co.id/books?id=fcAZEAAAQBAJ

Maliki, P. L., & Erwinsyah, A. (2020). EVALUASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI MADRASAH. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 24–37. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v10i1.854

Maya, R., & Lesmana, I. (2018). PEMIKIRAN PROF. DR. MUJAMIL QOMAR, M.AG. TENTANG MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(02), 291. https://doi.org/10.30868/im.v1i2.281

Mukhtazar. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Absolute Media. https://books.google.co.id/books?id=iHHwDwAAQBAJ

Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363

Murtadho, M. (2017). Model-model pendidikan karakter di madrasah. CV. Baroena Daya. https://books.google.co.id/books?id=84CxtQEACAAJ

Nashihin, H, & Saifuddin, K. (2017). Pendidikan Akhlak Kontekstual. CV. Pilar Nusantara. https://books.google.co.id/books?id=UBWiDwAAQBAJ

Nashihin, Husna. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pesantren. Formaci. https://books.google.co.id/books?id=X27IDwAAQBAJ

Nashihin, Husna. (2018a). Praksis Internalisasi Karakter Kemandirian Di Pondok Pesantren Yatim Piatu Zuhriyah Yogyakarta. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.18860/jpai.v5i1.6234

Nashihin, Husna. (2018b). PRAKSIS INTERNALISASI KARAKTER KEMANDIRIAN DI PONDOK PESANTREN YATIM PIATU ZUHRIYAH YOGYAKARTA. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1). https://doi.org/10.18860/jpai.v5i1.6234

Nashihin, Husna. (2019). Character Internalization Based School Culture of Karangmloko 2 Elementary School. Abjadia, 3(1), 81–90. https://doi.org/10.18860/abj.v3i2.6031

Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: buku ajar praktis cara membuat penelitian. Pantera Publishing. https://books.google.co.id/books?id=j-igDwAAQBAJ

Prayoga, A., Muharomah, R., & Sutarti, S. (2019). Implementasi Kepemimpinan Transformatif Kepala Madrasah Aliyah Ma’Arif Cilageni Kadungora. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 15(1), 33–44.

Rachman, F. (n.d.). Modernisasi Manajemen Pendidikan Islam. IRCISOD. https://books.google.co.id/books?id=qSQnEAAAQBAJ

Shadily, J. M. E. dan H. (2003). Kamus Inggris-Indonesia. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sukardi. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya (Edisi Revisi). Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=gJo%5C_EAAAQBAJ

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan Karakter Di Era Milenial. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=tzPwDwAAQBAJ

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. In PT Remaja Rosdakarya. PENERBIT KBM INDONESIA. http://dx.doi.org/10.1016/j.ndteint.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ndteint.2017.12.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.matdes.2017.02.024

Wahyu. (2016). Pendidikan Karakter. In Pendidikan Karakter (Nomor April). Gramedia Widiasarana Indonesia. https://repository.penerbitwidina.com/publications/327024/pendidikan-karakter

Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar & Implementasi. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=%5C_qVADwAAQBAJ

Published

25-02-2022