TRANSFORMASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH PADA ERA SOCIETY 5.0
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2796Keywords:
Transformasi, Pendidikan Karakter, Era Society 5.0Abstract
Penelitian ini tergolong penelitian pustaka library research. Ada empat alasan yang melatarbelakangi penelitian tentang konstruksi pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah pada era distrubsi ini urgen untuk dilakukan, pertama, seharusnya pendidikan karakter yang berlangsung saat ini mampu menurunkan kasus dekandensi moral anak bangsa, namun kenyataannya angka kasus dekandensi moral semakin meningkat. Kedua, diperlukan sebuah konstruksi pendidikan karakter yang ideal untuk bisa dijadikan sebagai model pengembangan pendidikan karakter. Ketiga, Madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang cukup ideal dijadikan sebagai contoh pengembangan pendidikan karakter. Keempat, belum adanya penelitian sejenis tentang konstruksi pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah pada era distrubsi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa model pendidikan karakter di madrasah ibtidaiyah memiliki distingsi atau kekhasan yang tidak dimiliki lembaga pendidikan formal sejenis lainnya. Sebagai rekomendasi, penelitian ini mendorong model pendidikan karakter di madrasah untuk senantiasa direkonstruksi secara lebih massif sehingga bisa dijadikan rujukan dalam pengembangan model pendidikan karakter di lembaga lain yang sejenis.
References
Ali, A. M. (2018). Pendidikan Karakter: Konsep dan implementasinya. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=fT3NDwAAQBAJ
Efendi, A. (2008). Peran Strategis Lembaga Pendidikan Berbasis Islam di Indonesia. el-Tarbawi, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol1.iss1.art1
Fadli, M. R. (2021). Implementation of Sociocultural Based Character Education in Senior High School. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 134–145. https://doi.org/10.21831/jpka.v12i2.41957
Fitriani, F. (2019). Persiapan Total Quality Management (Tqm). Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 908–919. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.426
Haedari, M. A., & Saha, M. I. (2004). Panorama pesantren dalam cakrawala modern. Diva Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=k7fJPAAACAAJ
Iswanto, A. (2013). Pendidikan karakter di madrasah ibtidaiyah unggulan. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama, Kementerian Agama. https://books.google.co.id/books?id=%5C_WAUogEACAAJ
Kholish, A., Hidayatullah, S., & Nashihin, H. (2020). Character Education of Elderly Students Based on Pasan Tradition at Sepuh Islamic Boarding Shool Magelang. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 3(1), 48. https://doi.org/10.31764/ijeca.v3i1.2061
M. Mahbubi. (2012). Pendidikan Karakter. In Pendidikan karakter: implementasi aswaja sebagai nilai pendidikan karakter. Agrapana Media. https://books.google.co.id/books?id=fcAZEAAAQBAJ
Maliki, P. L., & Erwinsyah, A. (2020). EVALUASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI MADRASAH. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 24–37. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v10i1.854
Maya, R., & Lesmana, I. (2018). PEMIKIRAN PROF. DR. MUJAMIL QOMAR, M.AG. TENTANG MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(02), 291. https://doi.org/10.30868/im.v1i2.281
Mukhtazar. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Absolute Media. https://books.google.co.id/books?id=iHHwDwAAQBAJ
Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363
Murtadho, M. (2017). Model-model pendidikan karakter di madrasah. CV. Baroena Daya. https://books.google.co.id/books?id=84CxtQEACAAJ
Nashihin, H, & Saifuddin, K. (2017). Pendidikan Akhlak Kontekstual. CV. Pilar Nusantara. https://books.google.co.id/books?id=UBWiDwAAQBAJ
Nashihin, Husna. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pesantren. Formaci. https://books.google.co.id/books?id=X27IDwAAQBAJ
Nashihin, Husna. (2018a). Praksis Internalisasi Karakter Kemandirian Di Pondok Pesantren Yatim Piatu Zuhriyah Yogyakarta. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.18860/jpai.v5i1.6234
Nashihin, Husna. (2018b). PRAKSIS INTERNALISASI KARAKTER KEMANDIRIAN DI PONDOK PESANTREN YATIM PIATU ZUHRIYAH YOGYAKARTA. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1). https://doi.org/10.18860/jpai.v5i1.6234
Nashihin, Husna. (2019). Character Internalization Based School Culture of Karangmloko 2 Elementary School. Abjadia, 3(1), 81–90. https://doi.org/10.18860/abj.v3i2.6031
Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: buku ajar praktis cara membuat penelitian. Pantera Publishing. https://books.google.co.id/books?id=j-igDwAAQBAJ
Prayoga, A., Muharomah, R., & Sutarti, S. (2019). Implementasi Kepemimpinan Transformatif Kepala Madrasah Aliyah Ma’Arif Cilageni Kadungora. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 15(1), 33–44.
Rachman, F. (n.d.). Modernisasi Manajemen Pendidikan Islam. IRCISOD. https://books.google.co.id/books?id=qSQnEAAAQBAJ
Shadily, J. M. E. dan H. (2003). Kamus Inggris-Indonesia. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sukardi. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya (Edisi Revisi). Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=gJo%5C_EAAAQBAJ
Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan Karakter Di Era Milenial. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=tzPwDwAAQBAJ
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. In PT Remaja Rosdakarya. PENERBIT KBM INDONESIA. http://dx.doi.org/10.1016/j.ndteint.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ndteint.2017.12.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.matdes.2017.02.024
Wahyu. (2016). Pendidikan Karakter. In Pendidikan Karakter (Nomor April). Gramedia Widiasarana Indonesia. https://repository.penerbitwidina.com/publications/327024/pendidikan-karakter
Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar & Implementasi. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=%5C_qVADwAAQBAJ
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).