KONSTRUKSI PENDIDIKAN PESANTREN BERBASIS TASAWUF-ECOSPIRITUALISM
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2794Keywords:
Pesantren, Nilai Tasawuf, Nilai EcospiritualismAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh urgensi pondok pesantren untuk ikut berperan serta dalam mengatasi permasalahan lingkungan hidup yang kian melejit melalui model pesantren berbasis tasawuf-ecospiritualism. Penelitian pustaka ini menggunakan pendekatan filsafat pendidikan Islam, Islam interdisipliner, dan ilmu pendidikan Islam dengan metode pengumpulan data dokumentasi terhadap jurnal, buku, dan majalah yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa landasan filosofis pendidikan pesantren berbasis tasawuf-ecospiritualism yaitu guna mewujudkan Islam yang progresif terhadap isu yang berkembang di masyarakat. Pendidikan pesantren berbasis tasawuf mengembangkan nilai muraqabah (mawas diri), mahabbah (cinta) kepada Allah Swt, khauf (takut) kepada Allah Swt, raja’ (berharap) kepada Allah Swt, ‘uns (dekat) kepada Allah Swt, dan yakin. Pendidikan pesantren berbasis ecospiritualism dikembangkan melalui kegiatan khalifah (mengelola), taskhir (memanfaatkan), amanah (menjaga), dan ‘abd (merawat) alam yang bermuara pada rasa syukur kepada Allah Swt. Desain pendidikan pesantren berbasis tasawuf-ecospiritualism memiliki kegunaan, tujuan, dan indikator keberhasilan yang jelas, sehingga layak diimplementasikan. Ada empat manfaat pendidikan pesantren berbasis tasawuf-ecospiritualism, yaitu alternatif solusi terkait isu lingkungan, menurunkan angka kerusakan lingkungan, peran serta pesantren dalam pembangunan nasional, serta membantu pemerintah dalam mengatasi isu lingkungan melalui jalur pendidikan pesantren.
References
Annemarie, S. 1975. Mystical Dimensions of Islam. America: The Universit y of North Carolina Press.
Bruno. G. 2001. Reading God’s Sign dalam W. Mark Richadson and Gordy Slack (Ed), Faith in Science, Scientist Search for Truth. London & New York: Routledge.
Frederikus, F. 2013. “Eko-Spiritualisme: Sebuah Keniscayaan pada Era Kontemporerâ€. Humaniora, 4(2).
George R. K. 2007. Filsafat Pendidikan (terj. Mahmud Arif). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hafidz, & Nashihin, H. (2021). IMPLEMENTASI TOTALQUALITYMANGEMENT (TQM) DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HUDA YOGYAKARTA. As-Sibyan, 3(2), 37–50. https://doi.org/10.52484/as_sibyan.v3i2.189
Husna Nashihin, Rani Efendi, & Suci Salmiyatun. (2020). PEMANFAATAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 23–37. https://doi.org/10.51468/jpi.v2i1.24
Kholish, A., Hidayatullah, S., & Nashihin, H. (2020). Character Education of Elderly Students Based on Pasan Tradition at Sepuh Islamic Boarding Shool Magelang. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 3(1), 48. https://doi.org/10.31764/ijeca.v3i1.2061
Nashihin, H. (2019). Analisis Wacana Kebijakan Pendidikan (Konsep dan Implementasi). CV. Pilar Nusantara. https://books.google.co.id/books?id=SXcqEAAAQBAJ
Nashihin, H, & Saifuddin, K. (2017). Pendidikan Akhlak Kontekstual. CV. Pilar Nusantara. https://books.google.co.id/books?id=UBWiDwAAQBAJ
Nashihin, Husna. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pesantren. Formaci. https://books.google.co.id/books?id=X27IDwAAQBAJ
Nashihin, Husna. (2018). Konstruksi Budaya Sekolah Sebagai Wadah Internalisasi Nilai Karakter. At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah, 8(1), 131–149.
Imam al-Qusyairy an-Naisabury. 2014. Risalah Qusyairyah: Induk Ilmu Tasawuf, terj. Mohammad Luqman Hakiem. Surabaya: Risalah Gusti.
J. Spencer, T. 1971. The Sufi Orders in Islam. London: Oxford University Press.
Muhammad, J. R. 2002. Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam (Perpsektif Sosiologis-Filosofis) (terj.). Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Nawal, A. 2001. Islam and Deep Ecology dalam David Landill Barhill & Roger S. Gottelieb, Deep Ecology And World Religion, New Essays on Sacred Ground. New York: New York University Press.
Nur, C. 2018. "Kontribusi Filsafat Pragmatisme terhadap Pendidikan". Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 4(1).
Omar, M. A. T. S. 1979. Falsafah Tarbiyah al-Isyamiyah (Alih Bahasa Hasan Langulung). Jakarta: Bulan Bintang.
Suharsimi, A. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineke Cipta.
Seyeed, H. N. 1994. Islam Tradisi di Tengah Kancah Dunia Modern. Bandung: Penerbit Pustaka.
Seyyed, H. N. 2017. al-Hikmah al-Muta’aliyyah Mulla Sadra. Jakarta: Sadra Press.
Seyeed, H. N. 1994. Islam Tradisi di Tengah Kancah Dunia Modern. Bandung: Penerbit Pustaka.
Seyyed, H.N. 1968. The Encounter of Man and Nature, The Spiritual Crisis of Modern Man. London: George Allen And Ulwin Ltd.
Sofyan, R. 2019. “Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Tasawuf Modern Hamka dan Transformatif Kontemporerâ€. Intiqod Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 11(2).
Sri, R.P. “Program Eco-PesantrenSebagai Model Pendidikan Lingkungan Hidupâ€. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 1(2).
Yusuf, Q. 2002. Islam Agama Ramah Lingkungan; Ri’ayatul al-Baiatu fi Syari’ati al-Islami. diterj. Abdullah Hakam Syah. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).