Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning di Madrasah Aliah Negeri Kota Bogor

Authors

  • AH Bahruddin Institut Pembina Rohani Islam Jakarta, Indonesia
  • Mujiono Mujiono Institut Pembina Rohani Islam Jakarta, Indonesia
  • M. Dahlan R Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.2785

Keywords:

E-learning, motivasi, Pemahaman materi, Pembelajaran PAI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penyiapan pembelajaran PAI berbasis E-learning, upaya meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI berbasis E-learning. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan 2 Kota Bogor, sejak Januari sampai April 2022. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa, sampel ditentukan dengan non probibilitas, pengambilan datanya dengan wawancara yang mendalam dan divalidasi dengan Peer debriefing kemudian dianalisis dengan analisis deskriftip. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyiapan E-learning telah dilakukan oleh guru sejak awal sebelum mulai pembelajaran dilaksanakan, upaya peningkatan pemahaman materi PAI dan menumbuhkan motivasi dilakukan oleh guru dan siswa secara bersama-sama.

References

Apriyanti, H. (2017). Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perencanaan Pembelajaran Tematik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 111–117.

Arianti, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 225. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Assudais, A. R., Hilmianti, A., Silvianti, D., Maulidina, Y., & As’ ad, M. (2021). Efektivitas Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Pemahaman Belajar Anak pada Masa Pandemi di Desa Babelan Kota. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(52), 12–25.

Ayu, N. P., & Nugraheni, A. S. (2020). Pengembangan Materi Ajar Puisi Menggunakan Media Google Class Room di Tengah Pendemi Covid-19 di Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 221–230.

Belawati, T. (2019). Pembelajaran online. Jakarta, Universitas Terbuka.

Bengkayang, N. (2017). Penyebabnya Dalam Memahami Materi Listrik Dinamis Kelas X SMA. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 07(01), 52.

Buchari, A. (2018). Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106–124.

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 127. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Christina, S., Oktaviyani, E. D., Ronaldo, D., & Zaini, R. M. (2019). Aplikasi Absensi Siswa Berbasiskan Android. Jurnal ELTIKOM: Jurnal Teknik Elektro, Teknologi Informasi Dan Komputer, 3(1).

Chusna, N. L. (2019). Pembelajaran e-learning. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI (Vol. 2, pp. 113–117).

Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.7739

Dee, D. (2021). 6 Rahasia Menjadi Pribadi Produktif Tanpa Rasa Malas (Vol. 22). Araska Publisher.

Diana, P. Z., Wirawati, D., & Rosalia, S. (2020). Blended learning dalam pembentukan kemandirian belajar. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 9(1), 16–22.

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110

Elizah, F., Warsah, I., Warlizasusi, J., Faishol, R., & Asha, L. (2022). Manajemen Pembelajaran Berbasis E-Learning Di Masa Pandemic Covid 19 19. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 20(1), 51–72.

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Warta Dharmawangsa, (56).

Faridah, F. (2021). Pentingnya Kemampuan Bertanya Guru Terhadap Motivasi Siswa Dalam Belajar Matematika. Journal of Education and Teaching, 3(1), 95–102.

Firman, A., Wowor, H. F., & Najoan, X. (2016). Sistem informasi perpustakaan online berbasis web. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 5(2), 29–36.

Firman, F., Sari, A. P., & Firdaus, F. (2021). Aktivitas Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring Berbasis Konferensi Video: Refleksi Pembelajaran Menggunakan Zoom dan Google Meet. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 130–137.

Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Gumilar, R., & Hermawan, Y. (2021). Peningkatan Kemandirian Belajar Melalui Metode E-Learning. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi), 9(1), 71–76.

Hakim, L., & Agung, H. (2018). Kajian Desain E-Learning Universitas Bunda Mulia Berdasarkan Spesifikasi E-Learning. Prosiding Semnastek.

Hasibuan, H. R., & Panjaitan, R. W. (2020). Pemikiran Ibnu Qoyyim Tentang Proteksi Minat Dan Motivasi Belajar. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 61.

Hidayah, S., Wahyuni, S., & Ani, H. M. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Adobe Flash Cs6 Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Peran, Fungsi Dan Manfaat Pajak (Studi Kasus Siswa Kelas Xi Ips 1 Man 1 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(1), 117. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i1.5012

Hidayat, N. (2021). Evaluasi Program Blended Learning terhadap Hasil belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 411–419.

Hima, L. R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terhadap Motivasi Siswa Pada Materi Relasi Dan Fungsi. JIPMat, 2(1), 38. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1479

Lidya, I., Tama, N., Widiastuti, R., & Andriyanto, R. E. (2019). Hubungan Perhatian Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa The Correlation Between Parental Attention and Students ’ Learning Motivation.

Lilawati, E., & Wafa, M. A. (2021). Strategi Pembelajaran Murder Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas X Pada Materi PAI Di SMK TI Bahrul Ulum Jombang. DINAMIKA: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 6(2), 69–82.

Lubis, M., & Yusri, D. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning (Studi Inovasi Pendidik MTS. PAI Medan di Tengah Wabah Covid-19). Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 1–18.

Marlina, M., & Masnur, M. (2021). Aplikasi E-Learning Siswa Smk Berbasis Web. Jurnal Sintaks Logika, 1(1), 8–17.

Meliyana, M. (2022). Meliyana, M. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Di SDN Sanca III. FKIP UNPAS.

Nurfaizah, S., & Oktavia, P. (2020). Proses Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar di MI Nurul Hikmah. AS-SABIQUN, 2(1), 43–48.

Nurgiansah, T. H. (2021). Petuah Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kontestasi Politik. Academy of Education Journal, 12(1), 39–47.

Nurwanti, A. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Dan Ketelitian Serta Hasil Belajar Siswa. FKIP UNPAS.

Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. MAGISTRA: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101–109.

Patiung, D. (2016). Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352–376.

Priyanto, S. A., Rusmana, O., & Ahmad, A. A. (2020). Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi (JEBA) Volume 22 No 3 Tahun 2020. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi (JEBA), 22(3), 393.

Puspitasari, Y. (2019). Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas VI Materi Sistem Peredaran Darah Manusia menggunakan Media Interaktif Tahun 2018/2019. Proceeding of Biology Education, 3(1), 84–93.

Putri, A. R., Fakhruddin, M., & Yanuardi, M. H. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Blended Learning Berbasis Microsoft Teams terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3119–3128.

Ristinae, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Dan Baca Pada Siswa Kelas II SDN 3 Telangkah Melalui Model Pembelajaran Menyanyi. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 17(1), 46–55.

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Ahmar Cendekia Indonesia.

Sa’diyah, S. H. (2021). On Off Kamera dan Implikasinya pada Perkuliahan Daring. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(9), 1593–1603.

Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0 Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa SMA. Biodik, 5(2), 132. https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.7590

Saifuddin, M. F. (2018). E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 29(2), 106. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637

Selatan, S. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motuvasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 12(2), 126.

Setyowati, E., Hidayati, I. S., & Hermawan, T. (2020). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika Di MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur. Intersections, 5(2), 26–37.

Shodiq, I. J., & Zainiyati, H. S. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran E-Learning menggunakan Whastsapp sebagai solusi ditengah penyebaran Covid-19 di MI Nurulhuda Jelu. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 144–159.

Shudur, M. (2019). Manfaat Belajar Kelompok dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 4(2), 328–346.

Sianturi, R. D., Sianturi, L. T., & Syahrizal, M. (2021). Manajemen Absensi Kehadiran Siswa/I Dengan Memanfaatkan Aplikasi Google Form Pada SMKS Prayatna 1 Medan. Jurnal ABDIMAS Budi Darma, 2(1), 69–72.

Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2016). Pengembangan Instrumen Motivasi Belajar Fisika: Angket [Development of Physics Learning Motivation Instruments: Questionnaire]. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 15.

Suryani, L., Seto, S. B., & Bantas, M. G. D. (2020). Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Berbasis E-Learning pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 275–283.

Tampubolon, B., & Suryani, I. (2022). engaruh Lingkungan Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2021/2022.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77

Yeni, M. (2019). Berdamai dengan Rasa Malas: Cara Paling Cepat Mengubah Kebiasaan Malas Menjadi Super-Produktif dan Disiplin. Anak Hebat Indonesia.

Yohanda, R. (2020). Metode Studi Kasus: Upaya-Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 14 Pekanbaru. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 19(1), 113–130.

Published

31-10-2022

Citation Check