Implementasi Penguatan Karakter Religius di Panti Jompo Singapura

Authors

  • Ulil Amri Syafri Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Rahendra Rahendra Maya Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Imas Kania Rahman Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Abas Mansur Tamam Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Einon Bte Mohd Taib Institut Pengajian Tinggi Al-Zuhri Singapura, Singapore

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.2733

Keywords:

character education, nursing home, Singapore

Abstract

Menjaga dan merawat para orang tua berusia lanjut menjadi salah satu hal yang  menjadi perhatian di banyak negara, khususnya negara-negara modern. Salah satu cara untuk menangani hal itu adalah dengan mendirikan rumah-rumah jompo atau panti. Pihak pemerintah dan swasta setempat membangun rumah-rumah yang digunakan untuk menampung kebutuhan lansia agar dapat menjalani masa tuanya dengan lebih baik dan terawat. Salah satunya adalah Singapura sebagai negara dengan komunitas multietnis dan multi-agamanya. Kementerian Sosial dan Pembangunan Keluarga Singapura berusaha memberikan penempatan bagi generasi ini untuk dijaga dan dirawat dengan baik dengan menyiapkan beberapa panti jompo bagi setiap lansia yang membutuhkannya. Penelitian ini mencoba meneliti proses pembinaan untuk para lansia di salah satu panti jompo yang ada di Singapura, yaitu Rumah Muhibbah Warga Tua Pertapis Singapura. Dalam hal ini masalah yang akan diangkat adalah untuk melihat apa saja program-program yang diberikan oleh panti jompo tersebut dalam membina para lansia, serta apakah program-program tersebut dapat membentuk karakter religius para lansia di hari tuanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan strategi penelitian studi lapangan, yaitu pengambilan catatan lapangan bersifat deskriptif, dengan mengumpulkan suatu variasi informasi dari perspektif berbeda. Hanya saja, karena penelitian ini dilakukan dalam kondisi pandemi, maka metode penelitian yang dilakukan tanpa tatap muka dan menggali dari jaringan dunia maya berupa web dan akun youtube. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa program-program yang diberikan oleh panti jompo Rumah Muhibbah Warga Tua Pertapis meliputi kegiatan yang melibatkan motorik tangan, kegiatan pikiran, berkebun, dan pembinaan ruhani keagamaan. Adapun kegiatan-kegiatan tersebut belum maksimal membentuk karakter para penghuni panti jompo.

Author Biographies

Ulil Amri Syafri, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Dosen di Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor

Rahendra Rahendra Maya, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor

Program Studi Agama Islam

Imas Kania Rahman, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIKA Bogor

Abas Mansur Tamam, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIKA Bogor

Einon Bte Mohd Taib, Institut Pengajian Tinggi Al-Zuhri Singapura

Studies of Islam

References

Allen, R. (2001). Great Dictionary of The English Language. England: Oxford University and Reader’s Digest Association Limited, First edition.

Aru W., S. (2009). Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid II. Jakarta: Interna Publishing.

Herwijayanti, M. (1997). Pusat Pelayanan Usia Lanjut. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas.

Hurlock, E. B. 1996. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Ismail, N.A., et.al. (2017). Kesejahteraan Hidup Warga Emas: Perancangan Berasas Gender. GEOGRAFIA Online Malaysia Journal of Society and Space, 13(3): 75-85.

Juraida, I. (2018). Keberadaan Panti Jompoh Dalam Masyarakat dan Budaya Aceh (Suatu Analisis Sosiologis). Jurnal Community, 4(1).

Jalaluddin. (2008). Psikologi Agama Memahami Perilaku Keagamaan dengan Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi, Jakarta: Rajawali Press.

Khalil, A.M. (2018). Tadabur Al-Qur’an: Menyelami Makna Al-Qur’an Dari Al-Fatihah Sampai An-Nas. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Khomsilawati, S. (2017). Penguatan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Sastra Melalui Adaptasi Kearifan Lokal. Prosiding SENASBASA (Seminar Nasional Bahasa dan Sastra), Edisi 1: 370-375. (DOI: https://doi.org/10.22219/.v1i1.1735).

Longman Dictionary of Contemporary English International Students Edition. (1999). England: Pearson Education Limited, Sixth Edition.

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(02): 21-43. (doi: http://dx.doi.org/10.30868/ei.v6i12177).

Maya, R., Syafri, U. A., & Heryanto, B. (2021). Implikasi Edukatif Interpretasi Term Dewasa-Tua dalam Perspektif Al-Qur’an. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01): 55-71. (doi: http://dx.doi.org/10.30868/ei.v10i01.1186).

Mujahiddin, E., Rahman, I. K. & Aqila, F. N. (2020). Pendekatan Bimbingan dan Konseling Gestalt Profetik (G-Pro) Untuk Meningkatkan Toleransi Beragama Siswa di SMA Ibnu ‘Aqil. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01). (http://dx.doi.org/10.30868/ei.v9i01.706).

Putra, N. & Lisnawati, S. (2013). Penelitian Kualitatif Pendidikan Agam Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Readers Diggest. (2004). Medical Breakthroughs 2004: The Year’s Most Important Health Development. America’s Readers Diggest: New York.

Reverse Dictionary. (2004). Reader’s Digest Association Limited London. Australia: Reader’s Digest Australia.

Suardiman & Partrini, S. (2011). Psikologi Usia Lanjut. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sunarti, S. & Ramadhan, R. (2018). Pusat Layanan Integratif Lansia di Masyarakat (Senior Centre). Saintika Medika: Jurnal Ilmu Kesehatan dan Kedokteran Keluarga, 14(1). (http://ejournal.umm.ac.id/index.php/sainmed/article/viewFile/6690/pdf.).

Suryadi. (2018). Dampak Peningkatan Usia Harapan Hidup Penduduk Indonesia Terhadap Struktur Demografi dan Perawatan Lanjut Usia. Empower: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, (3): 143-156. (DOI: 10.24235/empower.v3i2.3515).

Syafri, U. A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Jakarta: Rajawali Press.

Syafri, U. A., Maya, R., & Sarkiman, A. B. (2022). Program Learning Islamic Value Everyday (a.L.I.V.E.) di Madrasah Masjid Al-Taqua Singapura. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01): 103-127. (doi: http://dx.doi.org/10.30868/ei.v11i01.2185).

Tamher, S. & Noorkasiani. (2009). Kesehatan Usia Lanjut dengan Pendekatan Asuhan Keperawatan., Jakarta: Salemba Medika.

Berita media 27/9/2017 (corp.sg), diakses Desember 2019.

Caregivers Training Grant, Ministry of Social and Family Development (msf.gov.sg), diakses Desember 2019.

https://id.wikipedia.org/wiki/Karakter, diakses Januari 2020.

https://sustainabledevelopment.un.org/content/documents/1525Action_Plan_for_Successful_Aging.pdf, (published in 2016 by Ministry of Health), diakses Januari 2020.

https://www.nih.gov/news-events/news-releases/worlds-older-population-grows-drama, diakses Januari 2020.

https://www.edgeprop.sg/property-news/ageing-place-and-future-nursing-homes, diakses Januari 2020.

https://www.statista.com/topics/5821/ageing-population-of-singapore/, diakses Januari 2020.

https://www.youtube.com/watch?v=FETbbhPQPhA, diakses Januari 2020.

https://www.youtube.com/watch?v=HUUHQzEEUQ4, diakses Januari 2020.

Supporting Vulnerable Elderly, Ministry of Social and Family Development (msf.gov.sg), diakses Desember 2019.

Surat Kabar Berita Minggu, diakses Desember 2019.

Surat Kabar Berita Harian, diakses Desember 2019.

Published

31-10-2022

Citation Check