Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Minat Menghafal Al-Qur’an Santri

Authors

  • EE Junaedi Sastradiharja Institut PTIQ Jakarta, Indonesia
  • Firman Firman Institut PTIQ Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.2640

Keywords:

kompetensi pedagogik guru, kecerdasan spiritual, dan minat menghafal al-qur’an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dan kecerdasan spiritual terhadap minat menghafal Al-Qur’an santri, baik secara parsial/sendiri-sendiri maupun secara simultan/bersama-sama. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan alat pengumpul data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk melihat sebaran data penelitian, dan tingkat perkembangan variabel penelitian. Untuk uji prasyarat analisis statistik, yaitu uji linearitas persamaan regresi menggunakan uji F, uji normalitas distribusi galat taksiran menggunakan uji Z dan uji homogenitas varian menggunakan uji heteroskedastisitas. Sedangkan uji hipotesis penelitian ke-1 dan 2 menggunakan uji t (parsial) dan untuk hipotesis ke-3 menggunakan uji F (simultan) dalam analisis regresi linier berganda. Sampel pada penelitian ini adalah santri Pondok Pesantren Ar-Raudhah Cilincing Jakarta Utara, sejumlah 77 santri. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru dan kecerdasan spiritual terhadap minat menghafal Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Ar Raudhah Cilincing Jakarta Utara baik secara sendiri-sendiri maupun secara simultan

References

Agus Susilo dan Isbandiyah. (2019). Peran Guru Sejarah dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Anak Era Globalisasi. IJSSE: Indonesian Journal of Social Sceince Education, 1(2).

Agus Susilo dan Andriana Sofiarini. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2).

Agustiana, Meirani; Yusro, Ngadri; Bahri, Syaiful.(2020) Strategi Peningkatan Minat Menghafal Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Arahmah Curup. Didaktika: Jurnal Kepen-didikan, 14(1): 1-17.

Asteria, Prima Vidya. (2014). Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Siswa Melalui Pembelajaran Membaca Sastra, Malang: UB Press.

Arum Faiza, Sabila J. Firda, et al. (2018). Arus Metamorfosa Milenial. Kendal: CV. Achmad Jaya Group.

Azhar, Slamet. (2011). Paradigma Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada LPTK, dalam Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 8(1).

Danah Zohar dan Ian Marshall. (2007). SQ Kecerdasan Spiritual. Bandung: Mizan.

Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: AV Publisher.

Dewi Lestari, Iis. (2018). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Tecnology. Journal Susunan Artikel Pendidikan (SAP), 3(1).

Hamdi, Asep Saepul, dan Bahhruddin, E. (2014). Metode Penelitian Kunatitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Hamzah B. Uno. (2017). Profesi Kependidikan: Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasnita. (2018). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Menghafaal Al Qur’an Di Ma’had Al Jami’at IAIN Bengkulu (Tesis), IAIN Bengkulu.

Irwantoro Nur dan Suryana Yusuf. (2016). Kompetensi Pedagogik. Sidoarjo: Genta Group Production.

Mashuri, Imam. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Hafalan Al-Qur’an Siswa Kelas VII Pada Ekstrakurikuler Di SMP Al-Qur’an Al-Mubarok Genteng Banyuwangi. INCARE: International Journal Of Educational Resources, 01(01).

Muhibbin Syah. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grasindo Persada.

Mumtahana, Nurotun. (2015). Upaya Menanggulangi Kenakalan Remaja, Secara Preventif, Refresif, Kuratif dan Rehabilitasi. AL HIKMAH: Jurnal Studi Keislaman 5(2).

Nahak, Hildgardis MI. (2019). Upaya melestarikan budaya indonesia di era globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1).

Nasier, G. A. (2020). Urgensi Minat Menghafal Al-Qur’an dan Kemampuan Berbahasa Arab Bagi Peningkatan Prestasi Tahfizh Al-Qur’an. Jurnal Statement: Media Informasi Sosial dan Pendidikan, 10(1).

Nawawi, Rif’at Syauqi. (2011). Kepribadian Qur’ani. Jakarta: Amzah.

Nida, F. (2019). Peran Tahfiz Ca* p dalam Meningkatkan Minat Menghafal Al-Qur'an Siswa SD Emirattes Islamic Schoo.

Ningsih, Ima Hariyanti, dkk. (2019). Peran Guru dalam Pembelajaran Menulis Permulaan Menghadapi Abad 21. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembel-ajarannya, 3(1).

Nurdiansyah, Erwin. (2016). Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional, Dampak Negatif Jejaring Sosial Dan Kemampuan Berpikir Divergen Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Educational Science and Technology (IST), 2(3).

Nursyalina; Suarman; Muhammad Nasir. Pengaruh KOmpetensi Pedagogik dan Kecerdasaan Spiritual Terhadap Prestasi Kerja Guru SD Negeri Di Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru. Jurnal JUMPED: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2): 305-314.

Oktapiani, Marliza. (2021). Tingkat Kecerdasan Spiritual dan Kemampuan Menghafal Al Qur’an, Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2).

Putra, Yovan P dan Bayu Issetyadi. (2010). Lejitkan Memori 1000%. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Ratnasari, S. L., Supardi, S., & Nasrul, H. W. (2020). Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Kinerja Karyawan. Journal of Applied Business Administration, 4(2).

Riduwan. (2010). Metode & Teknik Menyusun Tessi. Bandung: Alfabeta.

Rizky Sulastyaningrum, Trisno Martono1 , Budi Wahyono. (2019). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bulu Tahun Ajaran 2017/2018. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 4(2).

Romdhoni, A., (2015) Tradisi Hafalan Qur’an Di Masyarakat Muslim Indonesia. Journal of Qur’an And Hadith Studies, 4(1).

Sa’dulloh. (2005). Metode Praktis Menghapal Al Qur’an. Sumedang: Ponpes AlHikamussalafiyyah.

Salmia dan A. Muhamad Yusri. (2021). Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21. Indonesian Journal of Primary Education, 5(1).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Thaib, Z. B. H., & Ramlah, S. (2021). Strategi Guru Dalam Membangun Minat Menghafal Al-Qur’an Siswa Di SMPIT Al-Munadi Medan. Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 6(2).

Tim Penyususn Kamus Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Wahid, Wiwi Alawiyah. (2014). Cara Cepat Bisa Menghafalkan Al-Qur’an. Jogjakarta: Diva Press.

Wibowo, Agus. (2017). Menjadi Guru yang Berkarakter (Strategi membagun Kompetensi dan karakter guru). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yusuf, Ahmad Dkk. (2015), Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta: Salemba Medika.

Zhafira, V. U. (2020). Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Minat Anak Dalam Menghafal Al-Qur'an di Rumah Tahfizh Nurul Qur’an At-Taqwa Kota Tangerang. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 1(1).

Published

25-10-2022

Citation Check