Membangun Pendidik Berkarakter Profetik Melalui Konsep Mujahid, Muaddib, Muwwahid, Mujaddid di Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.2611Keywords:
Pendidik, Karakter, ProfetikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh pesantren Al-Qur’an Nurul Falah Surabaya, sebuah lembaga yang fokus dalam membina dan melatih pendidik Al-Qur’an dengan model pembelajaran Al-Qur’an metode Tilawati. Tujuan pesantren Al-Qur’an Nurul Falah adalah mencetak pendidik Al-Qur’an berkualitas. Upaya mencetak pendidik al-Qur’an berkualitas dilakukan dengan membangun pendidik berkarakter profetik dengan konsep karakter mujahid/pejuang, muaddib/pendidik, muwahhid/pemersatu dan mujaddid/pembaharu. Karakter profetik adalah karakter yang dimiliki oleh para nabi dan rasul, melalui karakterb inilah para nabi dan rasul menjadi pendidik yang sukses membangun dakwah Islam di tengah umatnya.
References
Abdurrohim Hasan, Dkk. 2010. strategi Pembelajaran Al-Qur'an Metode Tilawati . Surabaya: Pesantren Al-Qur'an Nurul Falah.
Adz-Dzakiey, Hamdani Bakran. 2006. Kecerdasan Kenabian. Yogyakarta: Pustaka Al-Furqan.
Al-Maraghi, Ahmad Mustafa. 1998. Tafsir Al-Maraghi, jilid 2. Beirut: Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah.
Gunawan. 2014. Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kadar, M. Yusuf. 2013. Tafsir Tarbawi Pesan-Pesan Al-Qur'an Tentang Pendidkan. Jakarta: Amzah.
Khoirul Anam, Amri. 2020. "Pendidik Dalam Perspektif Islam." Akademika : Jurnal Keagamaan dan Pendidikan Vol.16, No.1 89.
Luqman Chakim, Dkk. 2019. Sistem Penjaminan Mutu Pembelajaran Al-Qur'an Metode Tilawati. Surabaya: Pesantren Al-Qur'an Nurul Falah.
Muhaimin, Abdul Mujib. 1997. Pemikiran Pendidikan Islam. Pustaka Setia: Bandung.
Ningsih, Indah Wahyu. 2020. Pengaruh Kepuasan Tilawati Cabang Jabodetabek dan Banten Terhadap Kualitas Mutu Layanan Tilawati Pusat. Jakarta: IIQ Press.
Norhamidah Ibrahim, Mohd Hanafi Mohd Yasin. 2022. "Metode Muaddib : Integrasi Akhlak Rasulluah Dalam Pengajaran Pemulihan Khas Berorientasi Reka Bentuk Pembelajaran Sejagat." eProsiding Wacana Pendidikan Islam Siri ke-12. Terengganu Malaysia: Fakulti Pendidikan Universiti Kebangsaan Malaysia. 82.
Nurdin, Muhammad. 2021. "Penerapan 5M dalam Kepemimpinan Organisasi." UFUQ International Journal Of Arts and Social Science Research, Vol.1, Issue 2.
Ramayulis. 2013. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
RI, Kementrian Agama. 2012. Al-Qur'an dan Tafsirnya Jilid.2. Jakarta: Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakata Islam, Direktorat Urusan agma Islam dan Pembinaan Syariah.
Roqib, Mohamad. 2013. "Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Profetik." Jurnal Pendidikan Karakter, Vol.3, No.3.
Roqib, Muhammad. 2009. Ilmu Pendidikan Islam : Pengembangan Pendidikan Integratif di sekolah Keluarga dan Masyarakat. Yogyakarta: LKiS.
Salmiwati. 2019. "Konsep Belajar Dalam Perspektif Pendidikan Islam." Murobby : Jurnal Pendidikan Islam, Vo.2, No.1 43.
Shofan, Mohammad. 2004. Pendidikan Berparadigma Profetik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zulmy, Biqih. 2020. "Pendidik Dalam Perspektif Al-Qur'an." Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, Vol.9, No.2 79.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).