Analisis Budaya Religius Terhadap Kecerdasan Emosional Korelasi dengan Akhlak Siswa di SMP NU Shofiyatul Huda Sukaresmi Cianjur

Authors

  • Aeni Latifah Institut Madani Nusantara, Indonesia
  • Adi Rosadi Institut Madani Nusantara, Indonesia
  • Eki Agustin Institut Madani Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.2533

Keywords:

Akhlak. Emosional, Religius

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan ditemukan bahwa akhlak siswa merosot seperti ada yang tidak menghormati orangtua, guru, dan sesama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis budaya religius terhadap kecerdasan emosional korelasi dengan akhlak siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif verifikatif  dengan sampel penelitian yaitu 120. Pengumpulan data menggunakan angket Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap budaya religius sebesar 31% dari 100%. Terdapat pengaruh langsung budaya religius tehadap akhlak sebesar 10%, pengaruh tidak langsung melalui melalui kecerdasan emosional  sebesar 9%, total pengaruhnya sebesar 19,8% dari 100%. Terdapat pengaruh kecerdasan emosional  terhadap akhlak sebesar 29% pengaruh tidak langsung melalui budaya religius sebesar 9 %, total pengaruhnya sebesar 38,7%. Terdapat pengaruh budaya religius terhadap kecerdasan emosional dan korelasinya dengan akhlak siswa sebesar 58,5% dari 100%

References

Alim, Muhammad. 2011. Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran Dan Kepribadian Muslim. Bandung: Rosdakarya.

Atin Risnawati, and Dian Eka Priyantoro. 2021. “Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Al-Quran | As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.†As-Sibyan 6 (1): 1–16. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/2928.

Daud, Firdaus. 2012. “Pengaruh Kecerdasan Emosional ( EQ ) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo.†JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN 19 (2): 243–55.

Fauziah. 2015. “HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA SEMESTER II BIMBINGAN KONSELING UIN AR-RANIRY Fauziah 1.†Jurnal Ilmiah Edukasi 1 (1): 90–98.

Firdausi, Zakaria. 2017. “Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dan Budaya Religius Sekolah Terhadap Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Siswa.†Jurnal Al–Hikmah 5 (2): 46–55.

Goleman, Daniel. 2016. Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosional (Alih Bahasa: T. Hermaya). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hidayat, Nur. 2013. Akhlak Tasawuf. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Hilmiyyah, Azizah, Oking Setia Priatna, and Ikhwan Hamdani. 2021. “Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Akhlak Siswa.†Inspiratif Pendidikan 10 (2): 86. https://doi.org/10.24252/ip.v10i2.26461.

Idrus, S.F. Ilmi Al, Idrus P S Damayanti, and Ermayani. 2020. “Pengembangan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Di Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Karakter.†PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 4 (1): 137–46.

Indrawan, Irjus. 2014. “Meningkatkan Mutu Pendidikan.†Al-Afkar 3 (01): 68–79.

Mansur. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Matta, M. Anis. 2006. Membentuk Karakter Cara Islam. Jakarta: Al-I’tishom Cahaya Uma.

Muhaimin. 2004. Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Bandung: Rosdakarya.

Mustofa. 2014. Akhlak Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia.

Nazir., Moh. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Purnaningtyas, Arum, and Suharto Suharto. 2010. “Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Seni Budaya Smp.†Harmonia Journal of Arts Research and Education 10 (1): 1–14.

Rosadi, Adi. 2018. “Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Karimah Pada Peserta Didik Melalui Keteladanan Guru Di SMP Hikmah Teladan Bandung.†UIN Bandung.

Sahlan, Asmaun. 2002. Mewujudkan Budaya Religious Di Sekolah. Malang: UIN MALIKI Press.

Siswanto, Heru. 2019. “Pentingnya Pengembangan Budaya Religius Di Sekolah.†Madinah : Jurnal Studi Islam 6 (1): 51–62.

Siti Fuadah Silviana, and Chodidjah Makarim. 2019. “HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI SMA NEGERI 10 KOTA BOGOR.†Fikrah: Journal of Islamic Education 3 (1).

Tafsir, Ahmad. 2004. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Rosdakarya.

Ulfah, Jannah. 2021. “Konsep Budaya Religius Dalam Membangun Akhlakul Karimah Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah.†Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 17 (1): 21–29.

Published

31-10-2022

Citation Check