Analisis Budaya Religius Terhadap Kecerdasan Emosional Korelasi dengan Akhlak Siswa di SMP NU Shofiyatul Huda Sukaresmi Cianjur
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.2533Keywords:
Akhlak. Emosional, ReligiusAbstract
Berdasarkan studi pendahuluan ditemukan bahwa akhlak siswa merosot seperti ada yang tidak menghormati orangtua, guru, dan sesama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis budaya religius terhadap kecerdasan emosional korelasi dengan akhlak siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif verifikatif dengan sampel penelitian yaitu 120. Pengumpulan data menggunakan angket Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap budaya religius sebesar 31% dari 100%. Terdapat pengaruh langsung budaya religius tehadap akhlak sebesar 10%, pengaruh tidak langsung melalui melalui kecerdasan emosional  sebesar 9%, total pengaruhnya sebesar 19,8% dari 100%. Terdapat pengaruh kecerdasan emosional  terhadap akhlak sebesar 29% pengaruh tidak langsung melalui budaya religius sebesar 9 %, total pengaruhnya sebesar 38,7%. Terdapat pengaruh budaya religius terhadap kecerdasan emosional dan korelasinya dengan akhlak siswa sebesar 58,5% dari 100%
References
Alim, Muhammad. 2011. Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran Dan Kepribadian Muslim. Bandung: Rosdakarya.
Atin Risnawati, and Dian Eka Priyantoro. 2021. “Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Al-Quran | As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.†As-Sibyan 6 (1): 1–16. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/2928.
Daud, Firdaus. 2012. “Pengaruh Kecerdasan Emosional ( EQ ) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo.†JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN 19 (2): 243–55.
Fauziah. 2015. “HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA SEMESTER II BIMBINGAN KONSELING UIN AR-RANIRY Fauziah 1.†Jurnal Ilmiah Edukasi 1 (1): 90–98.
Firdausi, Zakaria. 2017. “Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dan Budaya Religius Sekolah Terhadap Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Siswa.†Jurnal Al–Hikmah 5 (2): 46–55.
Goleman, Daniel. 2016. Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosional (Alih Bahasa: T. Hermaya). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hidayat, Nur. 2013. Akhlak Tasawuf. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Hilmiyyah, Azizah, Oking Setia Priatna, and Ikhwan Hamdani. 2021. “Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Akhlak Siswa.†Inspiratif Pendidikan 10 (2): 86. https://doi.org/10.24252/ip.v10i2.26461.
Idrus, S.F. Ilmi Al, Idrus P S Damayanti, and Ermayani. 2020. “Pengembangan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Di Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Karakter.†PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 4 (1): 137–46.
Indrawan, Irjus. 2014. “Meningkatkan Mutu Pendidikan.†Al-Afkar 3 (01): 68–79.
Mansur. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Matta, M. Anis. 2006. Membentuk Karakter Cara Islam. Jakarta: Al-I’tishom Cahaya Uma.
Muhaimin. 2004. Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Bandung: Rosdakarya.
Mustofa. 2014. Akhlak Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia.
Nazir., Moh. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Purnaningtyas, Arum, and Suharto Suharto. 2010. “Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Seni Budaya Smp.†Harmonia Journal of Arts Research and Education 10 (1): 1–14.
Rosadi, Adi. 2018. “Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Karimah Pada Peserta Didik Melalui Keteladanan Guru Di SMP Hikmah Teladan Bandung.†UIN Bandung.
Sahlan, Asmaun. 2002. Mewujudkan Budaya Religious Di Sekolah. Malang: UIN MALIKI Press.
Siswanto, Heru. 2019. “Pentingnya Pengembangan Budaya Religius Di Sekolah.†Madinah : Jurnal Studi Islam 6 (1): 51–62.
Siti Fuadah Silviana, and Chodidjah Makarim. 2019. “HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI SMA NEGERI 10 KOTA BOGOR.†Fikrah: Journal of Islamic Education 3 (1).
Tafsir, Ahmad. 2004. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Rosdakarya.
Ulfah, Jannah. 2021. “Konsep Budaya Religius Dalam Membangun Akhlakul Karimah Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah.†Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 17 (1): 21–29.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).