Pelaksanaan Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Pesantren Daar El Manshur

Authors

  • Lutfi Zulkarnain Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI Depok, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.2474

Keywords:

evaluasi kurikulum, pengembangan kurikulum, asas organisatoris, asas psikologis, pendidikan Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memberikan memberikan gambaran mengenai proses pelaksanaan evaluasi dan pengembangan asas organisatoris dan psikologis kurikulum di Pesantren Daar El Manshur. Selain itu, studi ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan model yang digunakan dalam mengevaluasi kurikulum di Pesantren Daar El Manshur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik wawancara mendalam terhadap informan. Penelitian ini dilaksanakan di Pesantren Daar El Manshur, Kota Depok, Jawa Barat. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis konten dengan tahapan-tahapan yaitu mereduksi data, melakukan triangulasi data, menyajikan data secara deskriptif, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa Pesantren Daar El Manshur yang baru berdiri selama 4 tahun masih memiliki banyak keterbatasan yang menyebabkan pelaksanaan evaluasi dan pengembangan organisasi dan psikologis kurikulum pendidikan Islam di Pesantren Daar El Manshur belum dapat dilakukan secara optimal. Namun demikian, tim pengembang kurikulum dan para guru di Pesantren Daar El Manshur tetap mengupayakan untuk membuat silabus, RPP, dan bahan ajar yang dapat memudahkan siswa dalam belajar dan tetap semangat dalam menambah ilmu tentang kurikulum pendidikan Islam guna menanamkan akhlak Islami dalam diri peserta didik. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa kecenderunga model yang digunakan dalam mengevaluasi kurikulum di Pesantren Daar El Manshur adalah kombinasi model evaluasi formatif dan sumatif.

Published

31-10-2022

Citation Check