Pelaksanaan Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Pesantren Daar El Manshur
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.2474Keywords:
evaluasi kurikulum, pengembangan kurikulum, asas organisatoris, asas psikologis, pendidikan IslamAbstract
Tujuan penelitian ini untuk memberikan memberikan gambaran mengenai proses pelaksanaan evaluasi dan pengembangan asas organisatoris dan psikologis kurikulum di Pesantren Daar El Manshur. Selain itu, studi ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan model yang digunakan dalam mengevaluasi kurikulum di Pesantren Daar El Manshur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik wawancara mendalam terhadap informan. Penelitian ini dilaksanakan di Pesantren Daar El Manshur, Kota Depok, Jawa Barat. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis konten dengan tahapan-tahapan yaitu mereduksi data, melakukan triangulasi data, menyajikan data secara deskriptif, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa Pesantren Daar El Manshur yang baru berdiri selama 4 tahun masih memiliki banyak keterbatasan yang menyebabkan pelaksanaan evaluasi dan pengembangan organisasi dan psikologis kurikulum pendidikan Islam di Pesantren Daar El Manshur belum dapat dilakukan secara optimal. Namun demikian, tim pengembang kurikulum dan para guru di Pesantren Daar El Manshur tetap mengupayakan untuk membuat silabus, RPP, dan bahan ajar yang dapat memudahkan siswa dalam belajar dan tetap semangat dalam menambah ilmu tentang kurikulum pendidikan Islam guna menanamkan akhlak Islami dalam diri peserta didik. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa kecenderunga model yang digunakan dalam mengevaluasi kurikulum di Pesantren Daar El Manshur adalah kombinasi model evaluasi formatif dan sumatif.
Downloads
Published
31-10-2022
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).