Peningkatan Komitmen Profesional Guru Melalui Pengembangan Efikasi Diri dan Kepercayaan

Authors

  • Isep Djuanda Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hamidiyah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.2444

Keywords:

Peningkatan, Komitmen Profesional Guru, Efikasi Diri dan Kepercayaan

Abstract

Secara umum tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana komitmen profesional guru pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Jakarta Selatan dapat ditingkatkan, melalui pengembangan efikasi diri dan kepercayaan. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris mengenai: 1) Hubungan antara efikasi diri dengan komitmen profesional guru. 2) Hubungan antara kepercayaan dengan komitmen profesional guru dan 3) Hubungan antara efikasi diri dan kepercayaan dengan komitmen profesional guru.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan langkah-langkah menentukan populasi dan sampel sebagai tempat untuk menguji hipotesis, mengembangkan dan menguji instrumen untuk pengumpulan data, analisis data, dan selanjutnya membuat laporan yang diakhiri dengan kesimpulan dan saran.
Populasi dalam penelitian ini adalah guru Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Jakarta Selatan sebanyak 315 orang guru. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling. Penentuan jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin pada margin kesalahan 5%. Dari 315 populasi pada penelitian ini, sampel yang diambil sejumlah 177 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi yang dilanjutkan dengan penghitungan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri dengan komitmen profesional guru, yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi ry1 = 0,707 dan koefisien determinasi dengan nilai ry12 = 0,499; 2) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepercayaan dan komitmen profesional guru, yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi ry2 = 0,627 dan koefisien determinasi dengan nilai ry22 = 0,393; dan 3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri dan kepercayaan dengan komitmen profesional guru, yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi ry12 = 0.740., dan koefisien determinasi dengan nilai ry122 = 0,548.

References

Anas Sudijono, 2003. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arjunan, M and M. Balamurugan, 2013. Professional Commitment of Teachers Working in Tribal Area School, Pondicherry University, Puducherry-605014, India, Journal of Current Research and Development Vol.2 (1),

Badjuri Ahmad, 2009, Pengaruh Komitmen Organisasional dan Profe-sional Terhadap Kepuasan Kerja Auditor Dengan Motivasi sebagai Variabel Intervening, Kajian Akuntansi Agustus 2009.

Colquitt. Jason A, et al., 2009. Organization Behavior: Improving Performance and Commitment in The Workplace. New York: The McGraw Hill Com.,Inc,

Dora de Jesus Guerreiro Figueira , et al. (2015). Relation between Organizational Commitment and Professional Commitment: an Exploratory Study Conduc-ted with Teachers, Univ. Psychol. Bogotá, Colombia, Journal V. 14 No. 1 .

Ester T. Canrinus, 2012. Self-efficacy, Job Satis-faction, Motivation and Commitment: Exploring The Relationships Between Indicators of Teachers Professional Identity, International Journal, University Of Groningen, Netherland.

Fred Luthans, 2011. Organizational Behavior: An Evidence-Based Approach, Mc.Graw Hill

Jeffrey J. Bagraim. (2003). The Dimensionality of Professional Commitment, Scholl of Management Studies University of Cape Town, Journal.

John M. Ivancevich, 2010. Human Resource Management, Mc.Graw Hill.

John A. Wagner dan John R. Hollenbeck, 2005., Organizational Behavior: Securing Competitive Advantage, New York : Routledge.

Karso Gude Butucha. (2012). Teacher Perceived Commitment as Measure by Age, Gender and School Type, University of Eastern Africa, Kenya. Green Journal of Education Research,

Rachid Zeffane, 2011. Communication, Commitment & Trust: Exploring the Triad, International Journal of Business and Management Vol.6 number 6,

Robert Kreitner dan Angelo Kinicki, 2010. Organizational Behavior, Mc.Graw Hill.

Stephen P. Robbins dan Timothy A Judge, 2015. Organizational Beha-vior, Pearson Education Limited.,

Shu Fang Vivienne, et al.,2012. Self Efficacy, Professional Commitment and Job Satisfactionof Diabetic Medical Care Personnel, International Journal National Taipei University of Nursing and Health Sciences Taiwan, Vol 43 Issue 1

Published

31-10-2022

Citation Check