PENTINGNYA PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH

Authors

  • Nadjematul Faizah Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2427

Keywords:

pendidikan, karakter, Islam

Abstract

Pembentukan karakter Islam pada siswa sangat penting untuk membentuk siswa yang memiliki etika dan tatakrama terhadap diri sendiri, orang lain dan lingkungan. Tujuan penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan karakter-karakter Islami yang dapat ditanamkan pada siswa di sekolah. Metode kajian dengan kualitatif deskripstif dengan metode pengumpulan data dengan studi dokumnetasi. Teknik analisa kajian dengan reduksi, display data dan penarikan kesimpulan.

Hasil kajian menunjukkan: penanaman karakter Islami di sekolah dapat dilakukan dengan menanamkan: (1) karakter keimanan siswa dengan menanamkan keyakinan pada rukun Iman (percaya kepda Allah SWT, percaya pada kitab Allah SWT, percaya pada nabi, percaya pada malaikat, percaya pada kebesaran dan kekuasaan Allah SWT, dan percaya pada hari kiamat) serta yakin pada rukun Islam (membaca syahadat, sholat, zakat, berpuasa dan haji). (2) pembentukan karakter sikap Islami yaitu jujur, dapat  dipercaya, cerdas, dan menyampaikan. (3) pembentukan karakter perilaku Islami yaitu suka menolong, ramah, saling mencintai dan saling menghargai.

References

Almunadi. (2016). Shiddiq Dalam Pandangan Quraish Shihab. JIA, August, 127–138.

Anjani, K. Y. (2018). Hubungan antara Empati dengan Perilaku Prososial pada Siswa SMK Swasta X di Surabaya. Character: Jurnal Psikologi, 5(2), 1–6.

Awwaliyah, R., & Baharu, H. (2018). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional (Telaah Epistimologi Terhadap Problematika Pendidikan Islam). Jurnal Ilmiah Didaktika, 19(1), 34–49. https://doi.org/10.51468/jpi.v1i2.13

Baidowi, A. (2020). Penanaman Karakter Pada Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler Di Sekolah Dasar Terpadu Islam. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(3), 303–322. https://doi.org/10.35719/educare.v1i3.31

Erpina, Y., Syukri, M., & Thamrin, M. (2016). Peningkatan Perilaku Saling Menyayangi pada Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kana-kanak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(5), 1–15. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15444/13611

Farhatilwardah, F., Hastuti, D., & Krisnatuti, D. (2019). KARAKTER SOPAN SANTUN REMAJA : Manners Character of Adolescence : Influence of Parental Socialization Method and Self Control. Jur. Ilm. Kel. & Kons., 12(2), 114–125.

Firmansyah, M. I. (2019). Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar Dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 79–90.

Hariyani. (2014). Nilai Keislaman dalam Novel Syahadat Cinta Karya Taufiqurrahman Al-Azizy. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(3), 283–293.

Indana, N., Fatiha, N., & Ba’dho, A. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam (Analisis Buku Misteri Banjir Nabi Nuh Karya Yosep Rafiqi) Nurul. Ilmuna, 2(2), 106–120.

Karim, P. A. (2017). Mema’nai Syahadatain Dan Keutamaannya Dalam Kehidupan. Nizhamiyah: Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, VII(2), 112–125.

Kusumasari, R. N. (2015). Lingkungan sosial dalam perkembangan psikologis anak. Jurnal Ilmu Komunikasi, II(1), 32–38.

Mahmudi, M. (2019). Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam Tinjauan Epistemologi, Isi, Dan Materi. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 89–105. https://doi.org/10.30659/jpai.2.1.89-105

Muhasim. (2017). Budaya Kejujuran Dalam Menghadapi Perubahan Zaman (Studi Fenomenologi Masyrakat Islam Modern). Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 174–195.

Muhsinin, M. (2013). Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam Untuk Membentuk Karakter Siswa Yang Toleran. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 205–228. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.751

Musyirifin, Z. (2020). Implementasi Sifat-Sifat Rasulullah dalam Konseling Behavioral. Al - Irsyad : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 11(2), 151–159. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alirsyad/article/view/2088

Noor, M. (2018). Haji Dan Umrah. Jurnal Humaniora Dan Teknologi, 4(1), 38–42.

Normawati, N., & Hasriana, H. (2018). Pentingnya Pembentukan Karakter dalam Rangka Pendidikan Menuju Perbaikan Bangsa. Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 40–44.

Nurfirdaus, N., & Risnawati. (2019). Studi tentang Pembentukan Kebiasaan dan Perilaku Sosial Siswa (Studi Kasus di SDN 1 Windujanten). Jurnal Lensa Pendas, 4(1), 36–46. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/download/486/339/

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 464–468. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6156

Pertiwi, H. (2020). Menumbuhkan Sikap Sopan Santun Dalam Kehidupan Sehari – Hari Melalui Layanan Klasikal Bimbingan Dan Konseling Kelas XI SMA Negeri 3 Sukadana. Jurnal Inovasi Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 65–69. https://doi.org/10.30872/ibk.v2i2.652

Putra, I. D. G. U., & Rustika, I. M. (2015). Hubungan Antara Perilaku Menolong Dengan Konsep Diri Pada Remaja Akhir Yang Menjadi Anggota Tim Bantuan Medis Janar Duta Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 198–205. https://doi.org/10.24843/jpu.2015.v02.i02.p08

Rahmi, A. (2015). Puasa Dan Hikmahnya Terhadap Kesehatan Fisik Dan Mental Spiritual. Serambi Tarbawi: Jurnal Studi Pemikiran, Riset Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 3(1), 89–106.

Ridlo, A. (2014). Zakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Al-"Adl, 7(1), 119–137.

Santi, N. E., & Kahirunnisa. (2029). Mutiara Terpendam ( Analisis Teks ) Dalam Novel Bulan Terbelah Di Langit Amerika Karya Hanum Salsabiela Rais Dan Rangga Almahendra. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 675–686. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v6i2.608

Sahroni, D. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 115–124. http://pasca.um.id/conferences/index.php/snbk

Shofaussamawati, S. (2016). Iman dan Kehidupan Sosial. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 2(2), 211–224. https://doi.org/10.21043/riwayah.v2i2.3133

Utari, S., Mustafa, M. N., & Syafrial. (2019). Ekspresi Religi Islam dalam Novel Ayat-ayat Cinta 2 Karya Habiburrahman El Shirazy. Jurnal Tuah: Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa, 1(1), 1–7.

Wirawan, R. A., & Rahman, M. Z. (2018). Hubungan Antara Pemahaman Diri Dengan Sikap Saling Menghargai Siswa Kelas Viii Smp. GEOGRAPHY : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 7–13. http://journal.ummat.ac.id/index.php/geography/article/view/1417

Zaitun, & Habiba, S. (2013). Implementasi Sholat Fardhu Sebagai Sarana Pembentuk Karaktermahasiswa Universitas Maritimraja Ali Haji Tanjungpinang. Ta’lim: Juirnal Pendidikan Islam, 11(2), 153–168.

Published

25-02-2022

Citation Check