Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Alam
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.2426Keywords:
Pembelajaran PAI, Kurikulum Sekolah Alam, Sekolah AlamAbstract
Latar belakang penelitian didasari pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berbasis alam sebagai pendidikan alternatif untuk mewujudkan lembaga pendidikan yang berkualitas dalam pengembangan karakter siswa yang berlandaskan dengan Al-Qur’an dan Hadis.  Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menggambarkan pelaksanaan Pendidikan Agama Islam berbasis alam. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data primer berasal dari kepala sekolah, guru PAI, dan siswa. Sumber data sekunder didapat dari data-data sekolah seperti buku kurikulum, buku PAI, junal dan lain-lain. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman: kolektif data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis alam dapat meningkatkan karakter religious siswa. Hal ini dapat dicapai karena siswa dapat berinteraksi langsung dengan alam seperti kegiatan outbound, camping, gardening dan ekspedisi dalam pembelajaran PAI. Oleh karena itu, pendekatan pembelajaran berbasis alam harus dipertahankan sebagai bentuk keunggulan dan menjadikan pembelajaran PAI  berbasis alam yang berkualitas di SD Alam Karawang.Â
References
Majid, Abdul dan Dian Andrayani. Pendidikan Agama Islam berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Abdullah, Munir. Menjadi kepala Sekolah Efektif, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.
Akmal, Hawi. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada, 2014.
Alia, Nur. “Sekolah Alam Lampung: Wadah Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI),†Al-Qalam: Jurnal Penelitian Agama Sosial dan Budaya 20, No. 2 (2014) http://jurnalalqalam.or.id/index.php/Alqalam/article/view/193
Amani, Jamal. Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Yogyakarta: Diva Pres, 2012.
Amir, Hamzah. Metode Penelitian dan Pengembangan, Malang: Literasi Nusantara Abadi, 2019.
Amrullah, Ahmad. Dimensi Hukum Islam dalam Sistem Hukum Nasional, Jakarta: Gema Insani Pres, 2016.
Andrachuk, Heather and others. Forest and Nature School In Canada: A Head, Heart, Hands Approach to Outdoor Learning. Canada: Forest and Nature School in Canada, 2014. https://childnature.ca/wp-content/uploads/2017/10/FSC-Guide-1.pdf
Anwar, Dessy. Kamus lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Amelia,2003
Asep, Kurniawan. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2018.
Basri, Hasan. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Pustaka Setia, 2014.
Christian, Beverly J. “Nature-based learning in Christian schools: Essential element or optional extra?,†Research & Scholarship Journal 11, No. 1 (2021) https://research.avondale.edu.au/cgi/viewcontent.cgi?article=1345&context=teach
Damin, Sudarwan. Inovasi pendidikan dalam Upaya peningkatan profesionalisme tenaga kepribadian . Bandung: Pustaka Setia, 2016.
Fauzi. “Pembentukan dan Transformasi Core Values di Sekolah Alam.†Visi: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Tenaga Kpendidikan Non Formal13, no.1 (2018) http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/view/5941
Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung PT Rafika Aditama, 2010.
Hardani dkk. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta : Penerbit Pustaka Ilmu, 2020.
Hati , Silvia Tabah. “Model pendidikan Karakter di sekolah alamâ€, Ijtimiyah: Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya 1, No 2, 2017. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/view/1399/1135
Karwono, Heni. Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta: Rajawali Pres, 2012.
Komunitas Sekolah Alam. Perjalanan Menggapai Sekolah yang Mendidik Anak Menjadi manusia yang berkarakter. Depok: PT Kawan Pustaka, 2005
Mann, Jeff and others. “A Systematic Review Protocol to Identify the Key Benefits and Efficacy of Nature-Based Learning in Outdoor Educational Settings,†International Journal of Environmenta Research and Public Health 19, No. 1 (2021) https://www.mdpi.com/journal/ijerph (diakses pada taggal 12 Januari 2022).
Muhaimin. Nuansa baru pendidikan Islam.Jakarta: PT Raja Graffindo Persada 2006.
Muhaimin. Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001.
Maryati. “Sekolah Alam, Alternatif Pendidikan Sains yang Membebaskan dan Menyenangkan.†Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Yogyakarta, 25 Agustus 2007 lihat http://staffnew.uny.ac.id/upload/132258076/penelitian/Sekolah+Alam,2007.pdf (diakses pada tanggal 12 Oktober 2021)
Razak, Nasrudin. Dienul Islam. Bandung: Al-Ma’rif, 1985.
Setiawati, Nanda Ayu and others. “Nature School Learning Model (Case Study At The School Of Universe, Lebak Wangi Village, Parung District, Bogor Regency),†International Journal of Education, Learning and Development 7, No.6, pp.41-51, June (2019). European Centre for Research Training and Development UK https://www.eajournals.org/wp-content/uploads/Nature-School-Learning-Model-Case-Study-at-the-School-of-Universe-Lebak-Wangi-Village-Parung-District-Bogor-Regency.pdf
Sudjana, Nana. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press, 1989.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2019.
Tim Penyusun Diknas. Kamus Besar Bahasa Indonesia . Jakarta: Balai Pustaka, 2005.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. No 20 Tahun 2003
Wibowo, Widodo Setiyo. “The Natural Environment as a Learning Source For Science: Implementation Strategy,†Journal of Science Education Research 3, No. 1 (2019), https://journal.uny.ac.id/index.php/jser/article/view/27629
Wijoyono. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta : Departeman pendidikan dan kebudayaan, 1989.
Yogi, Irfan. Peran Kepala Sekolah sebagai manajer. Pardjono 3, no 1, 2015
Yusmita Eries Norma dan Basiron. “Pelatihan Peningkatan Mutu Sekolah Melalui Pembelajaran Kreatif di Sekolah Dasar,†Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 6, No.1 (2018) https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jadimas/article/view/968/469
Zuhairani. Metodelogi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: UIN Press 2004.
Hosna, Rofiatul dan Ghunniyatul Karimah. “Nature School Curriculum Model: Study of Curriculum Development (Case Study at Al Izzah Nature School, Sidoarjo).†Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 31, No 1 (2020), lihat https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/980/602
Sunanik. “Pembelajaran Berbasis Alam untuk Anak Usia Dini Di TK Alam Alazhar Kutai Kartanegara.†Al-Madrasah 3, No. 1, (2018). https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-madrasah/article/view/71
Ramadan, Willy. “Sekolah Alam di Kalsel; Latar Belakang, Ekspektasi dan Persepsi.†Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 12, No. 1 Desember (2019) lihat http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/index
Sofanudin, Aji. “Best Practice Implementasi Kurikulum Pada Sekolah Alam Insan Mulia (Saim) Surabaya.†Jurnal Smart Studi Masyarakat, Religi dan Tradisi 05, no. 01 Juni (2019) http://blasemarang.kemenag.go.id/journal/index.php/smart
Baen, Faldin, “Efektifitas Media Alam dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Alam Ungaran (Saung) Kabupaten Semarang.†Al-Fikri: Jurnal Studi dan Peneltian Pendidikan Islam 2, No.1 (2019), http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/fikri/article/view/4019
Setiawati, Nanda Ayu an others. “Nature School Learning Model (Case Study At The School Of Universe, Lebak Wangi Village, Parung District, Bogor Regency).†International Journal of Education, Learning and Development 7, No.6, pp.41-51, June (2019). European Centre for Research Training and Development UK https://www.eajournals.org/wp-content/uploads/Nature-School-Learning-Model-Case-Study-at-the-School-of-Universe-Lebak-Wangi-Village-Parung-District-Bogor-Regency.pdf
Buku Kurikulum Pembelajaran PAI SD Alam Kawang 2019/2020.
Wibowo, Widodo Setiyo. “The Natural Environment as a Learning Source For Science: Implementation Strategy.†Journal of Science Education Research 3, No. 1 (2019), https://journal.uny.ac.id/index.php/jser/article/view/27629 (diakses pada tanggal 12 Desember 2021).
Handayani, Sri. “Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasis Lingkungan Alam (Studi pada Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri Angkatan Bayu Windu dan Srikandi Silva).†Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 5, no. 1 (2010) https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/view/1204
Yusmita, Eries Norma dan Basiron. “Pelatihan Peningkatan Mutu Sekolah Melalui Pembelajaran Kreatif di Sekolah Dasar,†Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 6, No.1 (2018) https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jadimas/article/view/968/469 (diakses pada tanggal 12 Januari 2022).
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).